calligrafer.deviantart.com

Ini Dia Manfaat Surat Al Ikhlas dan Fadilahnya

Posted on

Islam memberikan banyak kesempatan untuk mengumpulkan pahala. Senyum saja bernilai pahala dalam Islam. Termasuk menyingkirkan barang berbahaya dari jalan.

Lebih-lebih amalan yang memang dicontohkan oleh Rasulullah seperti membaca Al-Quran. Membaca Al-Quran, pahalanya jelas sangat besar.

Membaca satu huruf saja mendapat 10 pahala. Dan pahala orang yang belajar membaca Al-Quran justru mendapat dua kali pahala. Pertama pahala membaca Al Quran dan kedua pahala belajar membaca Al Quran.

Diantara banyak surat dalam Al Quran, ada beberapa surat yang memiliki fadilah dan keistimewaan. Salah satunya adalah surat Al Ikhlas.

Meski termasuk surat pendek, kandungan surat Al Ikhlas sangat besar dan dalam. Surat Al Ikhas memiliki fadilah yang besar sekali.

Dan berikut intisari dari beberapa fadilah dalam surat Al Ikhlas.

Sepertiga Al Quran

beginnerinislam.wordpress.com
beginnerinislam.wordpress.com

Pahala membaca surat Al Ikhlas seperti halnya pahala membaca sepertiga Al Qur’an. Artinya jika membaca tiga kali surat Al Ikhlas maka pahalanya sama dengan membaca seluruh Al Quran.

Hal ini berdasar dari hadis dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga al-Qur’an”.

Hadis yang agung ini menunjukkan tingginya kedudukan surah al-Ikhlas dan besarnya keutamaan orang yang membacanya, karena surah ini mengandung nama-nama Allah yang maha indah dan sifat-sifat-Nya yang maha sempurna.

www.tayseerulquran.com
www.tayseerulquran.com

Surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga Al-Qur’an karena pembahasan/kandungan al-Qur’an terbagi menjadi tiga bagian, yaitu: tauhid, hukum-hukum syariat Islam dan berita tentang makhluk, sedangkan surah al-Ikhlas berisi pembahasan tauhid.

Dalam hadis lain dari Abu Darda dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al Quran dalam semalam? Mereka mengatakan, Bagaimana kami bisa membaca seperti Al Quran? Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al Quran.” (HR. Muslim no. 1922)

Imam Nawawi mengatakan, dalam riwayat yang lainnya dikatakan : Sesungguhnya Allah membagi Al Quran menjadi tiga bagian. Lalu Allah menjadikan surat Qul huwallahu ahad (surat Al Ikhlash) menjadi satu bagian dari 3 bagian tadi.

Lalu Al Qodhi mengatakan bahwa Al Maziri berkata, Dikatakan bahwa maknanya adalah Al Quran itu ada tiga bagian yaitu membicarakan (1) kisah-kisah, (2) hukum, dan (3) sifat-sifat Allah.

Allah akan Bangunkan Rumah di Surga

alfieyra.blogspot.com
alfieyra.blogspot.com

Dalam sebuah hadis, ada ganjaran yang besar jika seseorang membaca surat Al Ikhlas. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca surah al Ikhlash hingga selesai 10x, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” [HR. Ahmad]

Mendatangkan Kecintaan Allah

www.embrace-islam.com
www.embrace-islam.com

Siapa yang tidak senang jika Allah mencintai kita. Saat dicintai pasangan saja rasanya sudah senang bukan main. Apalagi ini sampai Allah yang mencintai hamba yang gemar membaca surat Al Ikhlas.

Hal ini berdasarkan hadis yang cukup panjang dari Imam Bukhari

“Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdurrahman bin Wahb telah menceritakan kepada kami pamanku yaitu Abdullah bin Wahb, telah menceritakan kepada kami Amru bin Harits dari Sa’id bin Abu Hilal bahwa Abu Rijal Muhammad bin Abdurrahman, telah menceritakan kepadanya dari ibunya Amrah binti Abdurrahman, saat itu ia berada di rumah Aisyah, isteri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengutus seorang lelaki dalam suatu sariyyah (pasukan khusus yang ditugaskan untuk operasi tertentu). Laki-laki tersebut ketika menjadi imam shalat bagi para sahabatnya selalu mengakhiri bacaan suratnya dengan “QUL HUWALLAHU AHAD.”

www.yasinmedia.com
www.yasinmedia.com

Ketika mereka pulang, disampaikan berita tersebut kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau bersabda: “Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?” Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, “Karena didalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya.” Mendengar itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta’ala juga mencintainya.” (HR. Bukhari)

[td_smart_list_end]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *