Salah satu petinju terbesar di dunia sudah menggantungkan sarung tangannya setelah melalui karir yang cukup panjang dan terbilang sukses.

Manny ‘Pacman’ Pacquiao mengumumkan bahwa pertandingannya pada tanggal 9 April di MGM Grand di Las Vegas akan menjadi yang terakhir.

Menang atau kalah, dia akan pensiun sebagai salah satu petinju paling terkenal di dunia olahraga dan memasuki ring dengan rekor 57-6-2 dengan jumlah KO sebanyak 38 kali.

Apakah alasan ia berhenti dari karirnya sebagai petinju? Bukankah itu passion hidupnya? Usut-punya usut, ternyata Pacquiao punya impian yang jauh lebih tinggi dan mulia. Apa itu? Simak ulasannya berikut ini.

Back

1. Gantung Sarung Tinju

Setelah Pacquiao meninggalkan ring, ia akan mempersiapkan diri untuk pertempuran panjang dan bentuk perjuangan keras lainnya.

Pacman adalah salah satu petinju yang paling ramai menghiasi sejarah olahraga. Ia yang terlahir sebagai petarung Filiphina adalah yang pertama dan satu-satunya petinju peraih gelar juara dunia di delapan kelas berbeda.

Total, Pacman memiliki 10 gelar juara dunia. Ia berada di peringkat paling elit di antara yang elit di dunia olah raga. Pacmanis salah satu petinju yang paling menghiasi sejarah dunia olahraga.

Siapa sangka, ternyata ia juga seorang politikus lho. Pacquiao telah menjadi anggota kongres di DPR Filiphina yang sudah menjabat sejak tahun 2010.

Ia berhasil mempertahankan kursinya pada tahun 2013 dalam pemilihan legislatif di Kabupaten Sarangani.

theguardian.com
Back