Konon katanya manusia adalah makhluk sempurna. Ia lebih unggul dari hewan karena memiliki akal. Bahkan ia lebih unggul dari malaikat yang jelas-jelas selalu menaati perintah Allah.

www.ajaibdananeh.blogspot.com
www.ajaibdananeh.blogspot.com

Namun kenyataannya tak selalu demikian. Sering kali kita jumpai manusia yang memiliki sifat lebih buruk dengan binatang sekalipun.

Katanya manusia dilengkapi dengan rasa malu. Tapi nyatanya artis-artis dengan percaya diri meng-upload video tak senonoh di dunia maya. Mereka bahkan menganggap seakan-akan itu adalah prestasi yang membanggakan.

Apakah hal ini menunjukan manusia lebih baik dari hewan?

Berikut ini terdapat 5 ilustrasi manusia yang memiliki sifat seperti hewan. Kamu mungkin setuju atau tersenyum kecut karena merasa ia adalah orang-orang di sekitarmu.

1Manusia Rusa

www.boredpanda.com

Rusa adalah hewan yang memiliki sifat sangat mudah nervous dan grogi. Oleh karena itu menjadi incaran singa, harimau, dan binatang buas lainnya.

Padahal sebenarnya rusa memiliki kemampuan melarikan diri atau melompat jauh. Namun ketika ia melompat kuat tiga kali dan tetap tidak bisa lepas dari sang pemangsa, ia akan terjatuh dengan sendirinya.

Jika sudah demikian, tentu saja ia menjadi makanan empuk si pemangsa.

Mungkin analogi manusia rusa ini cocok untuk mereka yang terjebak bekerja dengan orang-orang yang suka memangsa. Awalnya ia bisa menghindari atasan pemangsa. Namun lama kelamaan ia tidak bisa menghindar.

Bahkan ia sendiri menikmati saat ia dimangsa atasannya. Meskipun ia menjadi kambing hitam kasus korupsi yang dilakukan atasannya.

2Manusia Badak

www.boredpanda.com

Pernah mendengar istilah manusia bermuka badak? Ia adalah sebuah penyifatan manusia yang tak memiliki rasa malu. Badak adalah binatang yang memiliki kulit tebal. Begitu juga dengan manusia bermuka tebal dan tak tau malu.

Bahkan pejabat-pejabat korupsi saat ditangkap pihak berwajib dengan bangganya bergaya di depan kamera. Ada juga pejabat tersangkut kasus korupsi masih berani mencalonkan diri menjadi kepala daerah.

Hal yang tak kalah lucu, masyarakat pun masih memilihnya dan ia terpilih menjadi kepala daerah. Sebenarnya yang bermuka badak pejabatnya atau rakyatnya?

Ada lagi istilah manusia seperti badak bercula dua. Istilah ini menggambarkan sifat manusia yang memiliki muka dua. Apa yang ada di mulut berbeda dengan yang ada di hati.

Gambar laki-laki badak diatas juga terlihat sangat eksklusif dan penuh gaya. Ia memainkan jas layaknya orang angkuh dengan jabatannya.

3Manusia Singa

www.boredpanda.com

Singa adalah raja hutan. Ia memiliki sifat tegas, berkuasan, berwibawa, serta ditakuti hewan-hewan lain di hutan. Sifat yang sangat melekat pada pemimpin pada umumnya.

Singa jantan paling unggul jika dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya. Namun Singa tidak dapat memanjat pohon seperti kucing-kucing lainnya.

Singa betina lebih aktif mencari mangsa dibandingkan Singa jantan. Wah jangan sampai ya manusia memiliki sifat seperti ini. Laki-laki sebagai kepala keluarga sudah semestinya mencari nafkah untuk keluarganya.

Singa pada beberapa film dapat berperan sebagai tokoh protagonis maupun antagonis. Singa dalam film Narnia adalah pemimpin yang bijaksana. Namun lebih banyak yang menggambarkan Singa sebagai pemimpin bengis dan kejam.

4Manusia Anjing

www.boredpanda.com

Anjing adalah binatang yang sering di pelihara oleh manusia. Ia adalah binatang yang setia. Namun, sifat dari hewan ini adalah sering menjilat. Bahkan dalam Islam air liur dari Anjing najis besar dan harus dicuci 7 kali, yang sekali menggunakan tanah.

Gambar di atas menunjukan anjing yang bangga dengan gayanya. Begitulah manusia yang memiliki sifat seperti Anjing. Ia akan menjilat sana sini, bahkan teman sendiri ia jilat demi mendapatkan perhatian atasan.

5Manusia Buaya

www.boredpanda.com

Laki-laki yang sering mempermainkan banyak hati wanita sering disebut sebagai buaya darat. Padahal sebenarnya buaya adalah binatang yang setia dengan pasangannya.

Itulah mengapa dalam budaya Betawi saat laki-laki mempersunting perempuan, ia membawakan roti buaya.

SHARE