Saat kita meihat tanyangan televisi yang namanya iklan sudah menjadi selingan yang seringan kita lihat. Iklan berwara-wiri menawarkan produknya, baikberupa barang ataupun jasa.

Iklan merupakan salah satu alat informasi yang memiliki manfaat sebagai media untuk mempromosikan barang atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayak ramai.

Bisa dikatakn iklan menjadi salah satu bentuk investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek. mengapa demikian? Karena iklan memiliki manfaat yang berperan signifikan.

Melalui iklan, masyarakat tahu akan produk-produk yang ditawarkan.Iklan berperan dalam memberikan informasi, membujuk konsumen, mengingatkan kembali akan produk yang diitwarkan.

Selain itu, iklan juga dapat mamberikan nilai jual tambah terhadap suatu produk, bisa dengan tampilan promosinya yang menarik.

Tidak hanya melalui media elektronik, iklan juga muncul di berbagai media cetak. Lihat saja iklan-iklan di surat kabar, misal di majalah. Memasang iklan di majalah bertujuan untuk memperknalkan barang atau jasa kepada para pembeli atau pembaca majalah tersebut.

Tentu kita sudah biasa melihat tampilan iklan di media cetak, seperti iklan sabun, jasa klinik kecantikan, dan lain-lain. Mereka menampilkan iklan dengan menarik agar sasaran konsumen dapat tertarik.

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana tampilan gambar iklan pada jaman dulu? Atau bagi kamu yang pernah melihat iklan jaman dulu, masih ingatkah?

Iklan jaman dulu hampir semua berwarna hitam putih dan masih dalam bentuk gambar tangan. Akan tetapi desainnya yang sederhana khas jaman dulu memang sangat bagus da masih dapat menentuh perasaan pembaca masa kini.

Inilah beberapa gambar iklan jaman dulu, kamu dapat bernostalgia dengan melihatnya kembali atau bagi kamu yang belum lahir dapat dijadikan informasi agar kamu juga tahu kreasi iklan jaman dahulu.

1Iklan Sabun

marsudiyanto.files.wordpress.com

Namanya tak asing di telinga kita. Ternyata produk sabun ini sudah ada sejak athun 51-an. Dalam Iklan tersebut terdapat wanita yang tengan mencuci sebuah selendang jarit. Jika kamu perhatikan selendang jarit tersebut bercorak batik.

Bukankah itu menunjukkan bahwa iklan jaman dahulu meskipun sederhana tapi memiliki pesan yang sangat bagus.

2Iklan Lampu

i2.wp.com/boombastis.com

Masih ingatkah kamu dengan iklan lampu Osram? Iklan lampu identik dengan drakula. Tahu kah kamu ternyata iklan ini dicetak sebelum jaman kemerdekan Repubik Indonesia, yaitu sejak tahun 1934.

Dalam iklan tersebut terdapat tulisan aksara Jawa ‘Wekdal Nyambut Damel’ yang artinya ‘Pada Saat Bekera’. Uniknya iklan ini, terdapat tulisan aksara Jawa.

3Iklan Jamu

i1269.photobucket.com

Iklan jamu ini sudah ada sejak tahun 1965. Jamu yang diproduksi oleh perusahaan obat tradisional di Kota Semarang ini masih dikenal luas di Indonesia bahkan saat ini dikenal hingga ke Malaysia.

Jamu ini benar-benar digemari mulai tahun 1918 hingga sekarang.

4Iklan Pasta Gigi

i1.wp.com/boombastis.com

Tetap tersenyum dengan gigi putih yang sehat, begitulah kira-kira yang dapat kita baca dari tampilan perempuan dalam iklan tersebut. Ini adalah produk iklan yang digunakan sehari-hari.

Tahukah kamu brand ini masih tetap kokoh hingga sekarang. Kamu tentu sering melihat iklannnya yang wara-wiri di televisi. Itulah tampilan gambar iklan pasta gigi pada jaman dahulu.

5Iklan Sabun Mandi

www.akar-media.com

Itulah gambar iklan sabun mandi Lux jaman dahulu. Ternyata produk in juga masih bertahan hingga sekarang. Mulai dari tampilan sederhana hingga tampilan iklan jaman sekarang yang mewah dan modern.

6Iklan Sabun Cuci Rambut

www.akar-media.com

Lagi, produk kebutuhan sehari-hari yang masih bertahan hingga saat ini adalah shampo Sunslik. Meskipun dahulu hana menggunan gambar tangan yang sederana tapi hingga kini produk tersebut tetap dipilih menjadi salah sat shampo pilihan masayarakat.

7Iklan Sepatu

lh5.ggpht.com

Produk sepatu ini masih tetap bertahan hingga sekarang. Kualitasnya sudah tak diragukan lagi.

Itulah beberapa gambar iklan jaman dahulu. Menarik bukan jika diingat lagi? Jika kamu perhatikan komposisi letak gambar dan kata-kata pada iklan jaman dulu sangat serasi dan bagus.

Hal itu menunjukkan bahwa iklan tersebut didesain dengan serius agar pesan yang terkandung dapat tersampaikan.