Baik Kota Malang maupun Kabupaten Malang bukan hanya bisa kita sebut sebagai Kota Pelajar kedua setelah Yogyakarta.

Walaupun memang Malang mulai penuh dengan mahasiswa dari berbagai daerah baik domestik bahkan pun mancanegara, namun tak berhenti di situ saja.

Malang juga dikenal sebagai surga kuliner, karena memiliki banyak makanan khas yang akan membuat para pelancong puas saat berwisata ke Malang.

Selain itu, bagi kamu para Traveller yang mencintai pantai dan laut, kamu juga bisa menemukan sensasi surga dunia ala Malang.

Dimana ternyata Malang menyimpan pantai-pantai indah tersembunyi yang kecantikan dan keeksotisannya tak kalah dengan pantai-pantai Indonesia yang telah mendunia seperti di Bali.

Nah, berikut ini adalah pantai-pantai indah ala Malang yang akan membuatmu penasaran dan ingin segera berkunjung ke sana.

1Pantai Balekambang

nginepmana.com

Letak dari pantai ini adalah di Samudera Indonesia, atau yang dahulu dikenal dengan Samudera Hindia. Tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Bagi kamu yang belum tahu, pantai ini merupakan salah satu yang paling diminati dan menjadi ikon kebanggaan Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini.

Dengan pemandangan ala samudera yang tentunya akan khas dengan ombak-ombak besar yang bahkan bisa mencapai panjang sekitar 2 kilometer, kamu bisa merasakan panorama yang luar biasa.

Tempat ini juga dekat dengan makam Syaikh Abdul Jalil dan Pura Amarta Jati milik umat Hindu yang berada di Pulau Ismoyo.

Selain fasilitas di pantai pada umumnya, pengembangan Balekambang juga ditambah dengan berbagai penginapan dan flying fox.

Yang menarik, pantai Balekambang ini adalah tempat yang biasa menjadi area latihan bagi klub sepakbola Arema maupun Persema.

2Pantai Sendang Biru

www.yukpiknik.com

Melihat letak geografis dari Malang, memang Kabupaten yang satu ini pantas jika mendapatkan berbagai wisata pantai yang indah dari Samudera Indonesia.

Selain Balekambang, ada lagi pantai indah yang terletak di pesisir Samudera Indonesia, yaitu pantai Sendang Biru.

Pantai ini terletak di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Secara kepemilikan, wana wisata ini dimiliki oleh Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Hal ini dikarenakan area tersebut adalah area yang masuk kawasan kelas hutang lindung KPH Malang.

Pantai ini letaknya tidak jauh dari tempat wisata Goa China, biasanya untuk mencapai Goa China dari pantai ini kita hanya akan membutuhkan waktu 15 menit.

Yang khas dari pantai Sendang Biru adalah sebuah pulau yang biasanya sangat diminati wisatawan untuk dikunjungi karena suasana alamnya yang eksotis.

Pulau tersebut bernama Pulau Sempu. Selain hutan alamnya yang sangat indah, di Pulau Sempu kalian juga akan disuguhi cantiknya Laguna Segara Anakan.

3Pantai Bajul Mati

nginepmana.com

Walau namanya seram, namun keindahan pantai yang satu ini tak bisa dipandang sebelah mata.

Pantai ini dinamakan bajul mati (bahasa jawa: buaya mati) karena konon pernah ditemukan seekor buaya yang mati di pinggir pantai.

Selain itu ada sebuah pulau kecil yang menyembul dan mirip seperti karang besar dengan bentuk menyerupai buaya.

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya hanya 58 kilometer dari Kota Malang, dan masih satu jalur dengan Pantai Sendang Biru.

Pantai ini biasanya sangat ramai dikunjungi para wisatawan saat libur-libur besar seperti liburan sekolah, liburan Idul Fitri, atau liburan Natal dan Tahun Baru.

4Pantai Batu Bengkung

ksmtour.com

Pantai ini mungkin kurang terdengar gaungnya di kalangan wisatawan, karena memang pantai ini letaknya termasuk agak tersembunyi.

Letaknya masih satu lokasi dengan Pantai Bajul Mati, yaitu di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Yang menarik dari pantai ini adalah di pinggiran pantai ada kolam renang alami yang terbentuk akibat air laut yang menembus celah-celah batu karang penahan ombak.

Itulah mengapa pantai ini kemudian disebut sebagai Pantai Batu Bengkung.

Untuk memasuki kawasan wisata ini, kamu hanya perlu membayar uang masuk sebesar Rp. 6.000,00. Murah sekali bukan?

5Pantai Kondang Merak

sewamobilmalang.net

Nah, pantai yang satu ini tentunya kamu sudah sering mendengarnya. Karena memang pantai ini menjadi salah satu ikon pantai kebanggaan Malang selain Pantai Balekambang.

Pantai ini berlokasi di tepi Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Yang sangat terkenal di pantai ini adalah fasilitas snorkeling yang bisa wisatawan dapatkan karena pemandangan bawah lautnya yang luar biasa indah.

Pantai ini dinamakan Kondang Merak karena konon dulu pantai ini banyak dihuni oleh burung-burung Merak yang indah. Namun kemudian mereka punah karena adanya penangkapan liar.

6Pantai Tiga Warna

www.maringetrip.com

Pantai yangs atu ini juga sama dengan Pantai Batu Bengkung, masih terdengar asing dan belum banyak ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Padahal jika kalian tahu, pantai ini sangat indah dan unik karena memiliki tiga warna khas di pantainya. Selain itu pantai ini amat bersih dan jarang ditemukan sampah.

Ada tiga warna, yaitu warna cokelat khas pasir pantai, kemudian warna biru muda pinggiran laut yang bisa menunjukkanmu keindahan karang-karang pinggir pantai.

Dan terakhir adalah warna biru tua pekat khas samudera. Karena memang pantai ini terletak di pinggiran Samudera Indonesia.

Lebih tepatnya pantai ini berlokasi di Desa Sendang Biru, Kecamatan Sitiarjo, Kabupaten Malang bagian Selatan, Jawa Timur.

Itulah berbagai pantai-pantai indah khas Malang yang bisa memberikanmu sensasi surga traveling tak terlupakan. Jika kamu mampir ke Malang, rugi lho jika tidak mengunjungi pantai-pantai tersebut!