Mari Sejenak Bernostalgia dengan Tokoh yang Berjasa di Masa Kecil Kita Ini

www.youtube.com

Masih ingatkah kamu tayangan yang ditunggu-tunggu anak-anak jaman dulu di sore hari? Boneka tangan yang menginspirasi kita, yakni Si Unyil.

Itu adalah salah satu tayangan yang dapat kita nikamti di masa kecil. Kita yang lahir pada generasi 80-an dan 90-an patut bersyukur karena pada generasi itu masa kecil kita penuh kebahagiaan.

Bagaimana tidak, pada masa itu terdapat banyak sekali hiburan yang disuguhkan. Terdapat pilihan hiburan dengan konten yang ditujukan untuk anak-anak.

Para anak-anak dapat dengan mudah melihat  berbagai tayangan anak-anak yang edukatif dan menghibur.

Lain halnya dengan jaman sekarang dimana seiring perkembangan jaman media pertelevisian mengalami perubahan. Program tayangan yang layak ditonton anak-anak semakin berkurang  secara drastis.

Seakan sangat sedikit sekali tayangan yang layak ditonton anak-anak. Kebanyakan program-program yang ada hanya menyuguhkan tayangan yang cenderung kurang mendidik seperti sinetron remaja dengan gaya hidup dan pergaulan yang kurang layak ditonton anak-anak.

Sehingga apa yang ditonton anak akan berpengaruh pada perkembangannya. Nah, kali ini tidak ada salahnya kita kembali mengingat para tokoh yang pernah mengisi hari-hari kita di masa kecil.

Mari sejenak bernostalgia, inilah beberapa tokoh yang telah berjasa di masa kecil kita.

1Pak Raden dengan Si Unyil

lucywiryono.files.wordpress.com

Ingat Pak Raden, ingat tokoh Si Unyil. Yup, Drs.Suyadi atau yang lebih kita kenal dengan Pak Raden adalah sang pencipta karakter Si Unyil.

Seperti yang penampilan dalam tokoh Pak Raden di serial Si Unyil, di kehidupan nyata beliau juga berpenampilan ‘sangar’ dengan kumis lebat serta busana khasa Jawa.

galerikartun.files.wordpress.com

Seniman tradisional asal Jawa Timur ini pernah mendapatkan penghargaan dari UNICEF di tahun 1983 berkat karakter boneka Si Unyil yang diciptakannya.

Cerita dan karakter Si Unyil mendapat penghargaan sebagai program pendidikan anak-anak terbaik. Luar biasa bukan? Apakah kamu rindu dengan Si Unyil?

2Kak Seto dengan Si Komo

labsky2012b.blogspot.com

Seto Mulyadi, atau yang lebih kita kenal dengan Kak Seto adalah sosok yang menciptakan Komo. Komo ialah boneka hewan yang menyerupai komodo.

www.buahatiku.com

Tayangan Si Komo  telah berhasil merebut hati para penonton anak-anak . Memang tayngan ini sangat edukatif dan menghibur.

Cerita yang ada di tayangn Si Komo merupakan cerita sehari-hari dengan pesan moral yang ditujukkan kepada anak-anak. Terkesan ringan dan mudah dipahami selain itu juga sangat menarik dan menghibur.

3Susan dan Kak Ria Enes

www.youtube.com

Masih ingat dengan boneka Susan? Boneka cantik yang berduet dengan Kak Ria Enes  ini wara wiri di layar kaca dan sangat populer di tahun 90-an.

Kak Ria Enes atau yang memiliki nama asli Wiwiek Suryaningsih ini awalnya menciptakan karakter Susan secara tidak sengaja.

Saat itu dalam siaran radio yang dibawakan oleh Ria Enes ketika masih kuliah, ia sempat harus siaran sendiri karena rekan kerjanya sakit.

Kemudian ia berimprovisasi tampil  yang seolah ngobrol-ngobrol dengan anak kecil, padahal sebenarnya ia hanya sendiri.

Tidak disangka, karakter Susan yang ia bawakan menarik perhatian publik. Lalu Ria membeli sebuah boneka yang menggambarkan karakter Susan.

Menarik bulan? Rasanya rindu ya dengan masa-masa kecil dulu. Anak-anak seharusnya berhak mendapatkan pendidikan dan hiburan yang layak untuk mereka tonotn.

Agar kelak mereka dapat tumbuh dengan pribadi yang baik. Karena bagaimanapun juga mereka adalah generasi penerus bangsa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here