Setiap orang pasti pernah melewati yang namanya pendidikan formal, atau yang disebut dengan bersekolah.

Di era sekarang ini, walau mungkin masih ada, namun fasilitas pendidikan gratis telah memberikan salah satu fase kehidupan berupa “masa sekolah” kepada hampir setiap orang.

Termasuk kamu. Hehehe.

Mungkin sekarang kamu ada yang sudah menjadi pengusaha sukses, atau menjadi pegawai yang berseragam keren, atau menjadi ibu rumah tangga luar biasa dengan anak-anak yang cerdas.

Atau beberapa dari kamu masih sibuk mengenyam dunia pendidikan di perguruan tinggi.

Semuanya pasti pernah memiliki sebuah cerita lucu dan unik tentang dunia sekolah. Ya, masa sekolah penuh kenangan yang memiliki banyak warna.

Dan salah satu warna tak terpisahkan dari masa sekolah tentunya adalah sosok bernama Guru.

Mereka lah yang selalu menemani hari-harimu dalam menjalani kehidupan sekolah.

Bahkan sampai lulus dan sukses pun, kamu pasti akan masih tetap bersemangat membahas tentang guru-gurumu jika kebetulan berkumpul dengan teman lama di sekolah dulu.

Silahkan tersenyum, karena beberapa karakter guru di bawah ini, pasti pernah kamu temukan di masa sekolah dulu. Hehehe.

1Guru Killer

topyaps.com

Sebutan killer atau pembunuh biasanya sangat melekat pada sosok guru yang tegas, disiplin, dan bahkan galaknya luar biasa.

Mereka sering tidak memiliki belas kasihan dalam memberikan tugas dan soal-soal ujian yang sulit. Mereka juga tidak akan segan menghukummu jika kamu bersalah.

Sebelum bel masuk atau ganti pelajaran biasanya mereka sudah ada di kelas dan kamu akan malu masuk ke kelas saat tatapannya tajam mengarah padamu.

Pernah kan memiliki guru dengan karakter seperti itu? Hehehe.

2Guru Kesayangan

sinarharapan.co

Nah, berbanding terbalik dengan guru killer, guru kesayangan adalah mereka yang akan membuatmu nyaman di kelas.

Bahkan kamu tak sungkan mendatanginya di luar jam pelajaran demi sekedar curhat padanya. Kamu dan dia sudah seperti orangtua dan anak, bahkan sahabat.

Walaupun kadang pelajarannya tidak menyenangkan atau kamu tidak paham dengan penjelasannya, tapi karena dia menyenangkan, kamu selalu suka apapun yang dilakukannya.

3Guru Misterius

newyorker.com

Sedangkan karakter guru yang ini selalu membuatmu kebingungan. Dia datang hanya untuk menjelaskan, kemudian member tugas, lalu pergi entah kemana.

Dia sangat sulit kamu temui, entah saat kamu ingin konsultasi masalah pelajaran atau tugas. Kalaupun bertemu secara kebetulan, dia seperti terlihat menghindar.

Hmm, ini guru misterius atau sok sibuk ya?

4Guru Kebingungan

carikerja.id

Banyak dari kalian pasti pernah menemukan karakter guru yang satu ini. Mungkin sebenarnya dia pintar dan menguasai pelajaran yang diampunya.

Namun karena kurang persiapan atau entah grogi di depan muridnya, dia menjadi terlihat kebingungan. Baik dalam menjelaskan materi maupun saat ada murid bertanya.

Kalau kalian pernah menemui guru seperti ini saat sekolah dulu, dengan wajah kasihannya, kalian tak akan tega membencinya bukan? Hehehe.

5Guru Super Cerdas

insurancejournal.com

Kebalikan dengan guru kebingungan, guru super cerdas ini sangat ahli di bidangnya.

Dia bisa menjelaskan materi dengan detail, namun dalam bahasa yang biasanya sulit kamu pahami.

Pernah kan kalian memiliki guru super cerdas yang sampai lulus sekolah kalian tidak pernah paham dengan apa yang dia terangkan? Nah, itulah karakter guru super cerdas!

Nah, itulah tadi beberapa macam guru yang pastinya sering kamu temui saat masa sekolah dahulu. Bagaimanapaun mereka adalah seorang pahlawan.

Yang tanpa mereka, kamu tak akan bisa membuka jendela wawasan yang lebih lebar. Hormati mereka, teladani kebaikan mereka, dan kenang mereka dalam kehidupanmu.

SHARE