Pelengkap kebahagiaan sebuah rumah tangga tentu saja anugerah malaikat kecil yang menjadi pelipur lara. Namun, tak sedikit yang harus menunggu lebih lama untuk bisa mendapatkan anugerah terindah ini.

Berbagai faktor menjadi penyebab belum terjadi kehamilan. Salah satu cara agar cepat hamil adalah dengan mengetahui masa subur wanita.

www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Di masa subur inilah kemungkinan besar terjadi kehamilan lebih besar setelah berhubungan dengan pasangan. Biasanya masa subur wanita terjadi setelah masa haid. Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita. Cara tersebut seperti berikut ini.

1Menghitung dengan Kalender

www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Hal yang perlu dicatat adalah hari pertama wanita haid atau keluar darah melalui vagina. Haid atau menstruasi adalah peristiwa meluruhnya dinding rahim karena sel telur tidak dibuahi sperma.

Pada masa haid terjadi siklus dimana sel telur atau ovum berkembang di dalam ovarium. Ovum akan matang sehingga dilepaskan oleh ovarium. Masa pelepasan ovum dari ovarium ini disebut dengan ovulasi.

Biasanya ovulasi terjadi pada 12-14 hari sebelum hari pertama haid. Namun, masa ovulasi ini berbeda pada setiap wanita. Hal ini sangat berkaitan dengan siklus haid wanita tersebut.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui siklus haid setiap bulannya. Siklus haid adalah jeda waktu dari hari pertama kamu menstruasi sampai pada hari pertama menstruasi bulan berikutnya. Catatlah siklus haid selama 8 bulan terakhir.

Dari catatan siklus haid tersebut, catat siklus terpendek dan siklus terpanjang. Pada siklus terpendek kurangi dengan angka 19. Misal siklus terpendekmu adalah 25 hari, maka hasilnya angka 6 adalah hari pertama masa suburmu.

Pada siklus terpanjang, kurangilah dengan angka 11. Misal siklus terpanjangmu 29 hari, maka hasilnya angka 18 adalah hari terakhir masa suburmu.

Dari hasil contoh kasus di atas, dapat diketahui bahwa masa suburmu terjadi pada hari ke 6 sampai hari ke 18 setelah kamu pertama kali menstruasi. Jika masa ini sudah terlewati dan masa ovulasi sudah terjadi, kesuburan akan menurun.

www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Paling mudah menghitung masa subur jika siklus menstruasimu 28 hari. Karena siklus menstruasi wanita normal yang sebenarnya adalah 28 hari. Rata-rata masa subur wanita dengan siklus 28 hari ini adalah pada hari ke 10 sampai ke 17.

2Lendir pada Kemaluan

www.barusip.com

Bagaimana jika kamu memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur? Misalnya menstruasi 2 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Kamu pasti akan kesulitan menentukan masa suburmu.

Cara lain untuk mengetahui masa subur adalah dengan mengetahui adanya lendir berwarna bening seperti putih telur mentah. Lendir ini merupakan indikasi adanya perubahan hormon estrogen pada tubuh.

Perubahan hormon ini secara langsung memberi tanda bahwa tidak lama lagi akan terjadi ovulasi. Cairan ini juga licin dan elastis.

www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Pada saat kamu mengalami ini, maka bersegeralah untuk melakukan hubungan dengan pasanganmu. Cairan licin akan memperlancar dan melindungi sperma yang akan menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur.

Walaupun pada masa ini belum terjadi ovulasi, namun berhubungan seksual di masa ini tetap berpotensi besar terjadi kehamilan. Karena sperma dapat bertahan di dalam tubuh wanita selama 2-5 hari.

www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com
www.tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Jika dengan cara ini kamu belum juga dikaruniai janin, maka tak ada salahnya mengajak pasanganmu untuk periksa ke dokter spesial kandungan. Pemeriksaan kesuburan bukan hanya pada istri, namun juga pada suami.

Mengetahui masa subur wanita juga penting untuk kamu yang tidak menghendaki KB dengan alat kontrasepsi. Hindari berhubungan seksual pada masa subur ini untuk mencegah kehamilan.

SHARE