Selama ini sayuran hijau yang dikenal sebagai sajian rumahan tak akan jauh dari bayam, kangkung dan sawi. Cara menyajikannya pun monoton, seperti sayur bayam kuah, tumis sawi dan kangkung. Variasi menu makanan biasanya hanya pada menu lauk.

Sayuran hijau sebagai asupan gizi yang penting sering kali dipandang sebelah mata terutama oleh anak-anak. Padahal dengan sedikit sentuhan kreatifitas, sayuran hijau dapat menjelma menjadi sajian yang menggugah selera.

Berikut ini beberapa cara unik menyajikan sayuran hijau di meja makan.

1Mie Hijau

miesehati.com

Selama mie terutama mie instan dikenal sebagai junk food yang memiliki peran jahat terhadap kesehatan. Sebaliknya, mie merupakan makanan favorit semua kalangan termasuk juga anak-anak.

Kamu dapat mengombinasikan sayuran dengan mie untuk merubah kesan mie sebagai makanan sehat.

Air blenderan sayuran hijau dicampur dengan tepung terigu, tepung beras, telur dan garam sebagai bahan utama pembuatan mie. Setelah kalis dan tercampur merata, dilakukan penggilingan hingga 2-3 kali hingga berbentuk lembaran.

finedininglovers.com
finedininglovers.com

Setiap penggilingan taburkan tepung terigu pada adonan. Adonan kemudian dipotong atau dicetak hingga menjadi mie. Terakhir, adonan mie di rebus ke dalam air yang sudah mendidih.

Mie hijau dapat disajikan dengan berbagai kreasi. Selain ditumis dengan udang atau telur, mie hijau juga dapat disajikan berkuah.

2Nugget Hijau

momables.com

Nugget yang selama ini dikenal dari daging ayam juga tak kalah digandrungi anak-anak sebagai lauk. Nugget hijau dapat menjadi alternatif makanan sehat keluarga.

Bahan untuk membuat nugget hijau diantaranya sayuran hijau yang dipotong halus, tepung beras, tepung, susu cair, tepung panir dan garam. Cara membuat nugget hijau tak jauh berbeda dengan mie hijau.

resepunik.wordpress.com
resepunik.wordpress.com

Semua adonan dicampurkan hingga kalis dan merata. Adonan kemudian di cetak sesuai selera dan dikukus.

Setelah matang, nugget dilumuri dengan putih telur. Nugget kemudian diselimuti dengan tepung panir. Nugget siap di goring dan dimasak sesuai selera keluarga kamu.

3Omelet hijau

mysecondbreakfast

Jika kamu tidak suka ribet dengan peralatan dapur untuk memasak mie dan nugget, kamu dapat mencoba kreasi masakan sehat omelet hijau. Omelet popular sebagai kudapan sarapan keluarga. Cara memasak omelet juga sangat simple.

youtube.com
youtube.com

Sayuran hijau di rebus sebentar kemudian dipotong kecil-kecil. Telur ayam sebagai bahan utama omelet dipecahkan di mangkuk. Kamu dapat menambahkan bumbu seperti garam, merica, serta susu cair.

Masukan potongan sayuran hijau kemudian kocok dengan garpu hingga merata. Omelet digoreng pada penggorengan yang sudah di beri mentega pada kompor dengan api sedang. Jangan lupa di balik ya agar tidak gosong.

4Green Ice Cream

blog.tokopedia.com

Jurus terakhir untuk menyulap sayuran hijau disukai keluarga adalah es krim hijau. Bahan utama pembuatan es krim hijau sangat sederhana. Bahan tersebut diantaranya daun sayuran hijau, 2 sachet susu kental manis, gula, krimer serta es serut.

Langkah pertama susu kental manis, gula, krimer serta es serut dicampur dengan menggunakan mixer. Sayuran hijau yang telah diblender dicampurkan ke dalam adonan. Adonan dimasukan ke dalam freezer dan es krim siap untuk di santap.

hdwallpapers.cat
hdwallpapers.cat

Kamu dapat menambahkan esense untuk menghilangkan aroma langu pada es krim. Apabila kamu menginginkan es krim yang lembut, kamu dapat mencampur es krim beku dengan mixer untuk kemudian dibekukan kembali pada freezer.

Ibu yang kreatif tak akan pernah kehabisan ide menyajikan yang terbaik untuk orang-orang tercinta. Selamat menjadi hijau!

SHARE