Ini makanan yang sangat akrab di lidah orang Indonesia. Mau orang desa atau orang kota, orang miskin apa orang kaya, tahu menjadi makanan tak terpisahkan di dapur kita.

Makanya waktu harga kedelai melonjak naik, masyarakat dibuat ramai dan pedagang ikut panik. Karena makanan inilah asupan gizi masyarakat indonesia menjadi lebih baik. Harga murah, namun dengan gizi yang mahal.

Tahu nggak kamu konon dahulu tahu juga menyelamatkan masyarakat Jawa dari gizi buruk. Tanam paksa yang diterapkan Belanda telah menguras hasil bumi rakyat. Krisis gizi pun melanda.

Beruntung ada makanan kedelai tempe dan tahu yang bisa dikonsumsi orang Jawa, sehingga krisis gizi pun tidak memburuk. Sejak saat itu orang Jawa tidak terpisahkan dari kedua makanan itu.

Walau populer di Indonesia, sebenarnya tahu bukan kuliner asli dari nusantara. Tahu adalah makanan yang sudah ada di Tiongkok sejak 3000 tahun yang lalu.

Nama Tionghoa tahu adalah tao-hu. Tao adalah kacang kedelai dan hu berarti hancur menjadi bubur. Secara harfiah tahu adalah masakan kacang kedelai yang sudah dihancurkan menjadi bubur.

Pertama kali tahu dibawa ke Indonesia menurut penuturan sejarahwan adalah abad ke 13. Dibawa oleh tentara mongol pimpinan raja Kubilai Khan yang melakukan invasi kepada Kerajaan Kediri.

Kini tahu benar-benar menjadi makanan yang melekat pada masyarakat kita. Mereka berkreasi dan meracik tahu menjadi berbagai masakan tradisional yang lezat.

Buat kamu yang belum tahu, inilah masakan tradisional berbahan dasar tahu yang paling terkenal dan lezat.

1Tahu Gejrot

klikhotel.com

Tahu gejrot adalah tahu Sumedang yang digoreng dan dipotong kecil-kecil, lalu dicampur atau ‘digejrot’ dengan sambal dari cabe, bawang putih, bawang merah, gula merah dan kecap.

karena membuat tahu ini seperti layaknya mengulek sambal, penyajiannya pun langsung dengan cobek yang terbuat dari tembikar. Uniknya lagi cara makannya bukan menggunakan sendok tapi menggunakan tusuk gigi.

Tahu gejrot, makanan khas Cirebon yang kini sudah terkenal dan menyebar ke banyak daerah. Gurihnya tahu sumedang dan rasa pedas asam manis membuat masakan ini makin memikat.

2Tahu Berontak

klikhotel.com

Masakan tahu ini sudah menyebar di banyak daerah. Saking meratanya ada di semua daerah, banyak orang tidak jelas darimana makanan ini berasal.

Usut punya usut makanan ini aslinya berasal dari daerah Wonosobo, dengan nama tahu berontak. Tahu goreng ini aslinya berisi sayuran seperti tauge, kol dan wortel.

tritunggal.eu
tritunggal.eu

Oleh daerah lain namanya berbeda-beda seperti tahu gehu di Sunda, di daerah lain bernama tahu susur atau tahu sumbat. Tapi lebih banyak agar lebih mudah dimengerti dalam bahasa Indonesia disebut tahu isi saja.

Tiap-tiap daerah juga bervariasi dalam membuat tahu isi. Ada yang berisi sayuran saja, ada yang berisi bihun, atau ada yang ditambakan daging. Semua tergantung selera, kira-kira isi apa yang kamu suka?

3Tahu Pong

klikhotel.com

Berkebalikan dari tahu isi, tahu ini memang sengaja bolong dan kosong di bagian dalam. Namanya yakni pong sering dikira berasal dari kata kopong atau kosong.

Sebenarnya pong berasal dari dialek tiongkok yakni phong atau mengembang. Tahu pong goreng yang punya tekstur mengembang, sehingga membuat lubang di bagian dalam.

Tahu pong ini makanan asli Semarang yang paling enak jika disajikan bersama bumbu petis hitam, acar lobak dan cabe rawit.

4Tahu Tek

klikhotel.com

Ada yang tahu kenapa makanan asli Surabaya ini dinamakan tahu tek? Kalau kata banyak orang sih karena penjualnya pas memotong tahu dan bahan lainnya mengeluarkan suara “tek..tek..tek”.

Tahu tek terdiri dari tahu yang digoreng setengah matang, lalu disiram dengan bumbu petis. Sebagai pelengkap, tahu tek ditambahkan lontong, kentang goreng, tauge dan sedikit mentimun.

Jadi deh tahu tek sebagai hidangan makan siang kamu. Mau nyoba?

5Tahu Gimbal

hp4jateng.wordpress.com

Satu lagi sajian tahu asal Semarang yang paling enak. Kalau kamu lihat tampilannya, memang tepat kalau dinamakan tahu gimbal. Mungkin makannya juga sambil mendengarkan musik reggae, musiknya kaum rambut gimbal.

Makanan ini terdiri dari tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, tauge, telur dan gimbal yang dicampur dengan bumbu kacang dengan petis udang.

Rasanya sangat gurih, manis dan pedas dari gimbal bercampur dengan campuran bumbu petis dan kacang. Pantas saja tahu gimbal marak dijual disejumlah daerah, wong rasanya mantap banget!