Wilayah Indonesia sebagian besar adalah laut. Hal ini menjadikannya negeri yang kaya akan sumber daya laut. Berbagai jenis ikan yang ada di laut maupun di perairan darat serta berbagai jenis udang, kerang, cumi, kepiting bisa dengan mudah dijumpai di berbagai wilayah Indonesia.

Berbanding lurus dengan banyaknya jenis ikan yang dimiliki Indonesia. Tentu hal ini juga diimbangi dengan masakan yang sangat beragam, sesuai ciri khas dari masing-masing wilayah yang ada di wilayah Nusantara.

Baik di restoran maupun warung makan kaki lima, banyak disediakan berbagai menu berbahan ikan sebagai salah satu hidangan favorit. Cara mengolahnya pun sangat beragam, ada yang dikukus, dibakar, dipanggang ataupun digoreng.

Tidak lupa pula menu pelengkap seperti sambal dan sayur menjadi hal yang tidak terlupakan. Selain rasanya lezat, ikan juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan dan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Di Indonesia sendiri, jenis masakan berbahan ikan sangat beragam. Bahkan di setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Sebagaimana ulasan singkat berikut ini.

Ikan Kembung khas Padang

Kota Padang memang sudah terkenal dari dulu sebagai penghasil berbagai masakan lezat. Bahkan diantaranya menjadi menu terlezat sedunia. Seperti rendang misalnya.

Nah, selain rendang yang berbahan daging sapi, rupanya Padang juga memiliki menu makanan berbahan ikan kembung yang juga khas. Ikan kembung yang dimasak dengan bumbu khas Padang dengan kuah kental manis dan pedas memberikan sensasi tersendiri.

Selain memiliki rasa yang lezat, ikan kembung dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Ikan yang kaya akan mineral dan kalori dipadukan dengan bumbu rempah khas Padang tentu akan menghasilkan sebuah hidangan dengan cita rasa yang istimewa.

Ikan Cakalang Rica-rica Khas Manado

Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang gurih, ikan ini juga mudah untuk diolah menjadi berbagai jenis menu masakan.

Salah satu menu masakan yang paling banyak digemari oleh orang Indonesia berbahan ikan Cakalang adalah cakalang rica-rica khas Manado. Kelezatan sajian menu ini tentu sudah tidak diragukan lagi.

Menu masakan ikan cakalang rica-rica menggunakan bahan utama ikan cakalang yang diolah dengan cara digoreng bersama campuran berbagai bumbu khas Manado. Kelezatan ikan cakalang yang dibalur dengan sambal khas Manado yang pedas tenutnya akan memanjakan lidahmu.

Ikan Pindang Khas Makasar

Satu lagi jenis kuliner ikan khas Nusantara yang wajib kamu coba. Di tempat asalnya, orang sering menyebutnya dengan palumara atau acap dikenal dengan ikan pindang khas Makasar.

Palumara merupakan salah satu masakan khas Makasar yang cara mengolah dan menyajikannya mirip dengan pindang bandeng. Perpaduan antara kuah segar yang pedas dengan cita rasa ikan pindang membuat masakan ini sangat cocok untuk disajikan sebagai hidangan keluarga.

[td_smart_list_end]