Singkong atau pohung adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik meski berada di lahan kering dan sedikit air. Singkong paling sering dimanfaatnya umbinya. Selain itu, daunnya juga enak dimasak.

Kandungan gizi pada singkong cukup banyak. Seperti protein, kaolin, betaine, thiamin, riboflavin, niacin, asam patotenic, pyrodoxin, asam folat, vitamin C, E, A dan K serta gula alam.

Dan yang paling penting, singkong mengandung karbohidrat yang dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok seperti nasi. Selain itu, singkong juga mengandung sejumlah mineral bermanfaat bagi tubuh.

Singkong memiliki berbagai manfaat. Beberapa diantaranya dapat melindungi dari infeksi, menjadikan tulang kuat, menormalkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan syaraf dan lain-lain.

Berikut ini beberapa masakan Jawa Tengah dari umbi singkong yang enak dan nikmat.

1Tiwul

youtube.com

Pada masa lalu, tiwul adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Jawa Tengah, Yogyakarta dan sekitarnya. Setelah nasi mulai dikenal, tiwul perlahan ditinggalkan.

Tetapi kini tiwul justru sering disajikan untuk “mengobati kangen” orang-orang yang menyukainya. Olahan tiwul pun tidak hanya jadi makanan pokok saja, tetapi berubah menjadi camilan.

Di sejumlah daerah seperti Gunung Kidul, tiwul masih sering disajikan. Mereka mengonsumsi tiwul karena menurut mereka tiwul lebih mengenyangkan dibanding nasi.

Tiwul diproses dari singkong yang telah diberishkan kulitnya. Setelah itu dikeringkan dan dibuat tepung. Tiwul kering bentuk tepung ini kemudian dimasak seperti mengolah “nasi” untuk dimakan.

Tiwul hangat biasa disajikan bersama lauk pauk ikan asin, sambel bawang dan lalapan ataupun dengan parutan kelapa.

2Gatot

kuliner.panduanwisata.id

Gatot juga masakan Jawa Tengah dari singkong. Hampir sama seperti tiwul, gatot juga diolah dari singkong yang telah dikeringkan, tetapi tidak ditumbuk atau dibuat tepung.

Setelahnya singkong kering, kemudian dikukus hingga empuk atau lunak. Untuk penyajiannya, tinggal ditambahkan parutan kelapa dan gula dengan ditaburkan di atasnya.

3Cemplon

langgamlangitsore.blogspot.com

Berbeda dari dua makanan sebelumnya, cemplon dibuat dari singkong yang baru dicabut dari pohonnya. Singkong kemudian dibersihkan kulitnya lalu diparut.

Hasil parutan singkong harus diperas dahulu agar berkurang kadar airnya baru dapat diolah ke tahap selanjutnya.

Cemplon yang telah diperas airnya ini kemudian dibentuk bulat dan diberi gula Jawa pada bagian tengahnya. Setelahnya tinggal digoreng hingga berubah kecoklatan.

Cemplon enak disajikan saat masih panas sebagai camilan pendamping minum teh.

4Keripik Singkong

kaskus.co.id

Olahan satu ini adalah yang paling terkenal dari singkong. Kripik singkong bisa dibuat sendiri di rumah ataupun dibeli dari toko dan penjual lainnya.

Agar singkong tidak keras dan renyah, maka sebelum digoreng sebaiknya direndam dahulu dengan air yang diberi 1 sendok teh kapur sirih dan juga garam.

5Lemet

youtube.com

Lemet adalah olahan singkong yang lembut. Untuk mengolahnya pun tidak sulit. Hanya dibutuhkan singkong yang diparut ditambah parutan kelapa yang masih cukup muda.

Kemudian dicampur dengan gula jawa yang juga telah dihaluskan. Agar lebih gurih, bisa ditambahkan juga dengan garam secukupnya.

Setelah semua bahan tercampur, bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang.

6Gethuk

postkecantikan.blogspot.com

Camilan satu ini adalah salah satu yang legit dan banyak dirindukan. Seiring zaman, tampilan gethuk juga berubah. Tidak lagi sederhana, tetapi sudah dibentuk sedemikian rupa dengan warna-warni yang menarik.

Gethuk adalah olahan singkong yang sangat kaya karbohidrat. Rasa manisnya yang tidak terlalu tajam, membuat gethuk tidak cepat bosan untuk dinikmati.

Demikian tadi masakan Jawa Tengah yang berasal dari singkong. Beberapa di antaranya sangat dikenal di kalangan masyarakat. Tetapi beberapa yang lain hanya bisa ditemukan dalam acara-acara khusus saja.