Salah satu jenis masakan yang paling banyak ditemui dan umum dikenal adalah masakan jawa. Selain karena orang jawa jumlahnya banyak, masakan jawa memang relatif mudah dibuat.

Meski demikian, masakan jawa juga tetap memiliki ciri khas tertentu. Kekhasan inilah yang membuatnya berbeda dengan masakan dari daerah lain.

Berikut ini akan dibahas delapan jenis bumbu yang wajib ada pada masakan jawa.

1Gula

halimicirebon.wordpress.com

Umumnya, gula digunakan untuk memberikan rasa manis pada minuman atau kue-kue dan makanan pelengkap. Tetapi, pada masakan jawa gula adalah hal yang sangat penting.

Masakan jawa identik dengan rasa manisnya. Biasanya orang akan lebih memilih menggunakan gula merah atau gula jawa dibandingkan dengan gula pasir.

Gula memberikan rasa manis sekaligus gurih pada masakan. Ini bisa digunakan juga sebagai pengganti vetsin atau penyedap. Rasa gurih dan sedap semakin muncul jika digunakan gula dari nira atau aren.

2Garam

ahligizi.info

Seperti halnya gula, garam adalah bumbu penting pada masakan. Masakan akan terasa hambar jika tidak ditambahkan dengan garam.

Untuk masakan daerah Jawa Tengah, penggunaan garam tidak banyak. Hanya digunakan untuk membuat masakan lebih gurih.

Sementara untuk masakan daerah Jawa Barat, penggunaan garam lebih banyak. Ini karena selera orang Jawa Barat umumnya adalah menyukai makanan asin.

3Bawang Merah

rakosa-fm.co.id

Bumbu satu ini sebenarnya adalah bumbu wajib nyaris pada semua masakan dari semua daerah. Selain digunakan langsung sebagai bumbu, kadang bawang merah juga digunakan sebagai taburan atau bawang goreng.

4Bawang Putih

jagakesehatan.com

Hampir sama dengan bawang merah, bumbu satu ini juga merupakan bumbu wajib semua masakan dari semua daerah.

Penggunaan bawang putih biasanya berbeda dengan bawang merah dalam hal jumlah. Bawang putih digunakan lebih sedikit dibandingkan bawang merah. Dalam beberapa jenis masakan jawa, kadang malah hanya digunakan bawang putih saja.

Bawang putih bisa digunakan dengan diiris tipis bersama dengan bawang merah. Tapi bisa juga dengan ditumbuk halus terlebih dahulu.

5Lada atau Merica

seputarmakan.com

Bumbu satu ini wajib ada karena berfungsi untuk membantu menghilangkan bau amis pada masakan seperti telur, daging atau ikan.

Merica sering ditambahkan bersama bumbu lain di awal. Tapi ada kalanya ditaburkan setelah masakan selesai. Tapi hati-hati menambahkan merica, karena terlalu banyak merica akan menyebabkan rasa pedas.

6Jahe

rakyatku.com

Orang mengenal bumbu satu ini sebagai bahan minuman penghangat badan. Tapi, tahukah kamu kalau bumbu satu ini adalah salah satu bumbu penting dalam masakan jawa?

Bersama merica, bumbu satu ini digunakan untuk mengurangi aroma amis pada bahan makanan. Biasanya jahe akan diiris tipis atau dihancurkan setengah halus untuk mengeluarkan sarinya.

7Lengkuas atau Laos

jurnalasia.com

Bumbu pelengkap satu ini juga penting. Bersama jahe dan merica, bisa digunakan untuk mengurangi aroma amis pada makanan.

Aromanya yang khas biasanya ditambahkan pada masakan berkuah. Penggunaannya tidak perlu banyak. Kamu cukup memasukkan seruas jari lengkuas dengan sebelumnya ditumbuh setengah halus.

8Cabai

jurnalasia.com

Bumbu satu ini tidak boleh tidak ada dalam masakan jawa. Meski umumnya, masakan jawa tengah tidak terlalu banyak menggunakannya, berbeda dengan masakan khas Jawa Barat.

Pada masakan khas Jawa Barat, bumbu satu ini biasanya ditambahkan dalam jumlah banyak. Belum cukup hanya jadi bumbu masakan, mereka juga menjadikan bumbu ini menjadi sambal.

Rasa pedasnya adalah salah satu cara jitu untuk meningkatkan selera makan. Jelas, biasanya orang akan lebih banyak menghabiskan makanan jika rasanya pedas.

Demikianlah 8 bumbu yang wajib ada pada masakan jawa. Meski demikian, selera setiap orang dalam membuat masakan tentu berbeda-beda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here