Sebuah kota tua di Tiongkok, Xi’an yang berarti kedamaian di sebelah barat. Cita-cita tentang kedamaian, karena ini adalah titik temu berbagai manusia dengan budaya dan agama yang berbeda.

Pertemuan antar budaya di kota ini menjadikan Xi’an dikenal sebagai kota dengan paling banyak ragam kulinernya.

Sejarah panjang kota ini sebagai salah satu kota tertua di Tiongkok juga menjadi faktor mengapa kota ini memiliki kekayaan jenis kuliner.

Kota Xi’an yang mempunyai populasi warga muslim yang besar, dikenal sebagai pusat makanan halal di negara tirai bambu.

Diperkirakan ada sekitar 600 ribu warga Xi’an yang beragama Islam. Karenanya wisata di kota ini sangat pas bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas memeluk Islam.

Kota yang terkenal dengan patung terracota ini juga dikenal dengan kelezatan roti dan dumpling-nya.

Selain kedua makanan yang umum di masyarakat Tiongkok, kota Xi’an juga memiliki banyak makanan khas lainnya. Berikut 6 makanan khas Xi’an yang paling populer.

1Flatbread in Mutton Soup (Yangrou Paomo)

flickr.com

Makanan ini yang paling populer dan paling direkomendasikan. Jika kamu tanya ke penduduk setempat tentang makanan yang terbaik di kota itu, sudah pasti jawabannya adalah yangrou paomo.

Hidangan dengan aroma yang memikat hidung, dengan rasa pedas bercampur roti yang telah direndam ke dalam kaldu daging kambing, maknyuss!

2Kabob (Chuan’er)

liputan6.com

Serupa namun tak sama, sekilas memang nampak seperti sate, namun dengan cita rasa yang berbeda. Mungkin di zaman dulu ada pertautan sejarah yang menghubungkan ‘sate’ chuan’er di Xi’an dengan sate di Indonesia.

Chuan’er biasa disajikan masyarakat Xi’an untuk menemani bir di malam hari bersama teman-teman dan kerabat.

Kalau kamu lihat sekumpulan orang yang memesan 100 tusuk sate daging sapi atau domba, yang diselimuti lada dan bubuk jinten, jangan mengira kamu ada di Madura ya!

3Pomegranate Juice (Shiliuzhi)

1zoom.me

Kalau yang satu ini, makanan yang kaya akan khasiat dan manfaat kesehatan. Warga Xi’an biasa mengolahnya menjadi minuman juz yang menyegarkan. Juz yang sangat nikmat jika dihidangkan bersama dengan kebab.

Musim gugur di Xi’an salah satunya ditandai dengan banyaknya buah delima ditiap sudut kota. Buah ini menjadi ikon khas musim gugur dari Lintong, area patung tentara Terracota.

4Hot and Sour Soup Dumpling (Suantang Shuijiao)

liputan6.com

Kamu bisa menemukan dumpling sebagai makanan khas yang umum di semua kota di Tiongkok. Namun kamu hanya bisa merasakan keaslian rasa yang berisikan daging kambing bersama sup asap yang panas hanya di kota Xi’an.

Menu masakan ini kaya akan rasa. Dengan aroma wijen yang menggoda, lalu bawang dan ketumbar yang sedap dalam supnya. Dipastikan kamu akan ketagihan setelah mencicipi makanan ini.

5Xi’an Meat Burger (Roujiamo)

nerdswithknives.com

Bentuknya memang mirip dengan makanan eropa hamburger, tapi jangan salah, roujiamo ini lebih lama keberadaanya dalam sejarah kuliner.

Dalam membuat roujiamo ini, ada dua hal yang mendasar, pertama adonan yang dipanggang dan daging cincang panggang. Untuk hasil rasa orisinil dan khas, cara memanggangnya harus dengan tungku, bukan dengan oven.

6Cold Noodles (Liangpi)

liputan6.com

Kalau yang ini makanan yang selalu mendampingi roujiamo dalam penyajiannya. Walaupun mi asli kota Xi’an juga bisa dimakan terpisah.

Seringnya, mi dingin ini disajikan dengan minyak cabai, lada bubuk, cuka dan bawang putih yang dipotong dadu.

Lebih nikmat lagi jika mi yang punya rasa pedas dan tekstur lembut ini kalau ditambahkan tauge dan potongan mentimun yang segar.