Sebagai orang Indonesia, kamu sepatutnya bersyukur dan berbangga hati. Kenapa begitu? Ini dikarenakan Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa bervariasi. Salah satunya kekayaan alam itu adalah rempah-rempah.

Jika kamu lihat lagi sejarah, maka kamu akan tahu alasan bangsa kita dijajah jaman dahulu. Ya, salah satunya karena bangsa ini kaya akan rempah-rempah. Sehingga para penjajah ingin menguasainya.

Salah satu bukti bahwa bangsa kita kaya rempah dapat kita lihat dari aneka masakan nusantara yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah. Dan masakan seperti ini tidak akan kamu temui di negara-negara lain.

Dengan aneka masakannya yang khas, inilah salah satu pembeda bangsa kita dengan bangsa yang lain. Jadi sebagai orang Indonesia kita perlu tahu apa saja masakan yang berasal dari negeri ini.

Buat kamu-kamu yang belum tahu aneka masakan nusantara, maka kamu perlu mencari tahu, karena kamu nggak boleh ngaku jadi orang Indonesia sebelum tahu apa saja masakan nusantara.

Nah, untuk kembali mengingat apa saja makanan khas Indonesia, maka mari kita ulas bersama di sini! Simak, ya!

1Rendang

whereisindonesia.net

Masakan yang satu ini sangat populer di masyarakat Indonesia. Makanan yang berasal dari Sumatra Barat ini berbahan baku daging yang diolah bersama bumbu-bumbu dan rempah-rempah serta menggunakan santan kelapa.

Proses pembuatan rendang sangatlah lama, apalagi jika kamu menginginkan rendang kering yang bisa awet berminggu-minggu.

Tapi untungnya kamu tidak harus repot-repot memasak jika ingin makan rendang, karena rendang banyak dijual di rumah makan Padang.

2Coto Makassar

klikhotel.com

Makanan yang berasal dari Makassar ini selalu mengundang selera siapa saja yang melihatnya. Coto Makassar adalah makanan berkuah yang terbuat dari jeroan bercampur daging sapi yang direbus cukup lama.

Dalam proses pembuatannya, jeroan yang bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris dan ditambah racikan bumbu tertentu, yang kemudian ditambah air.

Buat kamu yang belum pernah coba makan coto Makassar, sekarang saatnya kamu mencobanya. Saat ini kamu bisa dengan mudah mendapatkan coto Makassar, karena makanan ini sudah banyak dijual di mana-mana.

3Tekwan

minyakgorengsunco.com

Makanan berkuah selalu nikmat jika disantap saat musim hujan atau saat udara terasa dingin. Salah satu masakan nusantara yang menawarkan kehangatan ini adalah tekwan.

Tekwan adalah sup khas Palembang yang terbuat dari daging ikan. Pada proses pembuatannya daging ikan ini dicampur sagu dan dibentuk bulat-bulat kecil. Lalu, kuah tekwannya dibuat dari kaldu udang yang diberi bumbu serta irisan daun bawang dan seledri.

4Papeda

wikipedia.org

Inilah makanan khas dari daerah Maluku dan Papua, yaitu Papeda. Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dibuat seperti bubur, lalu disajikan dengan ikan tongkol yang diberi bumbu kunyit.

5Sate Lilit

probisnis.net

Sate lilit adalah salah satu jenis sate yang berasal dari Bali. Sate ini bisa dibuat dari daging sapi, ayam ataupun ikan. Dalam proses pembuatan, dagingnya dihaluskan terlebih dahulu, baru kemudian dililitkan ke tusuk satenya.

6Rawon

menumasakanku.com

Rawon merupakan salah satu jenis masakan dari daerah Jawa Timur. Rawon sendiri sebenarnya sejenis sup, yang membedakan dengan sup lain adalah kuahnya yang berwarna hitam.

Kuah hitam pada rawon berasal dari buah kluwek. Saat ini kita bisa menikmati rawon di luar daerah asalnya, karena rawon sudah banyak dijual di mana-mana.

7Gudeg

gudegkeprabon.wordpress.com

Bagi kamu yang suka makanan manis, maka gudeg adalah makanan yang kamu perlu coba. Gudeg itu apa sih? Gudeg itu masakan yang berbahan dasar nangka muda. Gudeg ini asli jogja loh!

Sama halnya dengan masakan nusantara lainnya, kamu tidak perlu jauh-jauh datang ke Jogja hanya untuk makan gudeg. Kok gitu? Soalnya di mana-mana juga sudah banyak yang jual gudeg.

Demikianlah beberapa jenis makanan nusantara yang perlu kamu ketahui. Tapi tidak hanya itu saja lho makanan yang ada di Indonesia. Wah, Indonesia kaya makanan banget ya!