Kata orang, cinta suami dapat tumbuh salah satunya dari lidah turun ke hati. Kamu yang ingin memiliki keluarga sakinah salah satu caranya dengan menyajikan makanan lezat dan sehat untuk keluarga tercinta.

Sayangnya, kesibukan istri mengurusi karir sering kali menjadikan alasan untuk tidak memasak. Beberapa sayur di bawah ini merupakan sayuran praktis yang tidak memakan waktu lama untuk memasak. Kamu bisa mencoba membuatnya untuk suami tercinta.

1Sayur Bayam Bening

dapur-umum.com

Bumbu yang harus kamu siapkan untuk sayur bayam bening hanya bawang merah, gula pasir, gula merah, garam dan penyedap. Rebus air kuah sayur kemudian masukan irisan bawang merah. Setelah mendidih masukan bayam yang sudah dipotong.

Jangan terlalu lama merebus bayam agar kandungan gizinya tidak banyak yang hilang. Masukan garam, gula pasir dan gula merah sebagai bumbu. Mantapkan rasa dengan penyedap rasa.

Sayur bayam bening siap disantap hanya dalam waktu 10 menit.

2Sayur Tumis

kuliner.ilmci.com

Sayur tumis dikenal oleh hampir semua ibu rumah tangga. Sayur tumis dapat disesuaikan dengan bahan makanan yang kamu miliki ataupun selera keluargamu. Hampir semua sayuran dapat dibuat tumis.

Bumbu yang digunakan berbeda pada setiap ibu yang memasak. Secara umum bumbu tumis diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai cincang, kecap asin, daun salam, serai yang dimemarkan, gula pasir, garam dan merica bubuk. Bumbu dapat diris tipis atau diulek.

Masukan bumbu iris atau ulek ke dalam penggorengan yang sudah ada sedikit minyak goreng panas. Tumis bumbu sampai harum. Masukan sayuran sesuai kreasimu.

Masukan merica, kecap asin, daun salam, serai, gula pasir dan garam. Mantapkan rasa dengan penambahan bumbu. Sayur tumis siap disajikan.

3Kangkung Sosis Tahu Kuah Asam

chefwidy.blogspot.com

Meskipun memiliki banyak variasi, namun tumis setiap hari akan membuat bosan. Salah satu sayuran yang pantas dicoba adalah kangkung sosis tahu kuah asam. Sayuran ini hampir sama dengan tumis, namun dikreasikan dengan kuah asam dari buah belimbing wuluh atau buah asam.

Bumbu ulek atau iris ditumis bersama belimbing wuluh sampai harum. Tambahkan air kuah secukupnya. Masukan kangkung dan sosis iris ke dalam penggorengan.

Tambahkan garam, gula pasir, kecap dan penyedap untuk memantapkan rasa.  Sayur kangkung sosis tahu kuah asam siap disajikan.

4Plencing Kangkung

zonamakan.blogspot.com

Satu lagi cara memasak kangkung yang praktis adalah plencing kangkung. Kangkung dan tauge direbus sampai lunak, kemudian ditiriskan. Adapun sambal plencing dapat dibuat dari cabai rawit, cabai besar, garam, gula pasir, bawang merah, bawang putih dan jeruk limau.

Bumbu-bumbu sambal sebelumnya ditumis sebentar dengan minyak panas. Bumbu sambal kemudian diulek atau diblender.

Sajikan kangkung di piring kemudian di atasnya tauge. Siramkan sambal plencing di atas sayuran. Kamu juga dapat membuat sambal plencing banyak untuk kemudian disimpan di kulkas.

5Masakan Instan

fimadani.com

Alternatif terakhir memasak praktis adalah dengan menggunakan bumbu instan. Ada berbagai variasi bumbu instan dari bumbu ayam goreng, nasi goreng, tempe goreng bahkan sayur rawon tersedia.

Namun jangan terlalu sering menggunakan bumbu instan ya. Karena bumbu instan tidak baik untuk kesehatan keluarga anda.

bumbunafisa.com
bumbunafisa.com

Kamu dapat memasak lauk seperti ayam bumbu kuning atau ikan balado dalam jumlah banyak di akhir pekan. Simpan lauk di dalam kulkas. Hangatkan sebentar sebelum disajikan untuk menemani sayuran praktis.

Jika ada niat maka akan ada 1000 jalan, namun jika tidak ada niat akan ada 1000 alasan. Jadi bagi kamu yang niat menyajikan makanan untuk keluarga, kuatkan niatnya. Jangan sampai suami kamu jatuh cinta pada penjual warteg hanya karena kita malas memasak.

SHARE