Menjadi ibu yang hebat adalah profesi yang sangat mulia. Apapun gelar yang kamu sandang, apapun amanah yang kamu emban di luar sana, tetap saja menjadi ibu adalah sebuah keharusan tanpa pengecualian.

Di zaman yang serba modern ini mungkin beberapa tugas ibu sebagai wanita karir dapat digantikan orang lain. Sebagai contoh tugas mencuci dan menyetrika dapat digantikan tukang laundry.

www.lucazari.wordpress.com
www.lucazari.wordpress.com

Tugas membersihkan rumah dapat digantikan asisten rumah tangga. Namun, ada satu tugas yang jangan sampai digantikan orang lain, yaitu memasak.

Memasak bukan hanya masalah menyajikan makanan yang lezat dan sekedar memenuhi perut-perut anggota keluarga agar tak lagi keroncongan.

www.zonamama.com
www.zonamama.com

Namun, memasak adalah bagaimana menyiapkan makanan yang sehat dan bergizi sehingga anak-anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas dan ceria. Begitu juga dengan suami yang cintanya semakin merekah saat kamu pandai memasak.

Jika ada niat, sebenarnya memasak tidak begitu rumit dan sulit. Meskipun mungkin ada beberapa orang yang bingung harus memasak apa hari ini.

Berikut ini 4 resep masakan rumahan yang dapat disajikan sehari-hari.

1Sayur Tumis

www.royco.co.id

Sayuran yang sering dimasak tumis adalah kangkung, sawi, kacang panjang, dan labu siam. Sebenarnya bayam juga dapat dimasak dengan cara di tumis. Rasa tumis bayam juga tak kalah lezat.

Menumis adalah cara memasak yang cukup mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengiris bumbu wajib tumis seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai. Kemudian masukan sayuran yang akan ditumis.

Meskipun ada juga yang menambahkan terasi, laos, kecap, saus tiram, dan beberapa bumbu lainnya agar lebih sedap. Namun, secara umum bumbu tumis seperti yang disebutkan di atas.

Beberapa jenis sayur tumis juga dapat dikombinasikan dengan lauk seperti tumis kacang panjang yang dipadukan dengan bakso, tempe goreng, atau sosis.

2Sayur Sop

www.youtube.com

Sop adalah sayuran berkuah yang cukup banyak diminati semua kalangan. Bahkan anak-anak yang masih dalam tahap belajar cara makan dan mengunyah sangat menyukai sayur sop. Rasa gurih dan lezat membuatnya lahap mengunyah.

Jenis sayuran dalam sop bisa didapatkan langsung dalam satu paket yang dibeli di tukang-tukang sayur. Jika kamu merasa sayuran tersebut kurang, maka kamu dapat menambahinya sendiri sesuai selera.

Bumbu yang digunakan dalam sayur sop sangat sederhana di antaranya bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Haluskan bumbu-bumbu tersebut untuk kemudian ditumis dengan sedikit minyak panas.

Tambahkan air bersih secukupnya sebagai kuah. Selanjutnya masukan sayur mayur dalam sop. Terakhir koreksi rasa dengan menambahkan gula pasir dan sedikit penyedap rasa.

3Sayur Asem

www.sipendik.com

Rasa sayuran yang biasa dijumpai adalah asin, manis, dan pedas. Agar tidak bosan, bunda dapat memvariasikan masakan di rumah dengan sayur asam. Rasanya yang asam dan sedikit pedas akan menggugah selera makan keluargamu.

Sayur asam merupakan makanan khas Jawa. Meskipun di masing-masing daerah menggunakan bumbu dan sayuran yang sedikit berbeda.

Sebagai contoh di Jawa Timur sayur asam dibuat menggunakan tauge. Sedangkan di Jawa Barat sayur asem menggunakan kacang, labu, dan kacang panjang.

4Sayur Balado

www.infomakan.com

Sayuran yang sering dimasak balado adalah terong ungu. Namun kamu juga dapat memvariasikannya dengan telur balado, ikan pindang balado, dan kentang balado.

Secara umum bumbu yang digunakan untuk membuat sayur balado adalah bawang putih, bawang merah, cabe rawit sesuai selera, cabe merah, tomat, garam, dan gula.

Haluskan bumbu-bumbu sayur balado tersebut dengan blender untuk mempersingkat waktu pemasakan.

Masakan-masakan diatas adalah masakan yang mudah dan praktis. Mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk malas memasak. Memasak sendiri dapat menjaga kebersihan dan kesehatan makanan yang disajikan untuk keluargamu

SHARE