Tahu merupakan makanan yang dibuat dari endapan perasan biji kedelai. Pada mulanya tahu berasal dari Tiongkok yang dikenal sekitar 2200 tahun yang lalu.

Di Indonesia sendiri, tahu dikenal sejak abad ke-10. Bahan pangan berbahan dasar kedelai ini cukup populer di kalangan masyarakat karena harganya yang terjangkau.

otelo-ftb.info
otelo-ftb.info

Meskipun terkenal murah, akan tetapi protein yang terkandung dalam tahu cukuplah tinggi. Selain itu, tahu juga mengandung lemak tak jenuh, kalori dan mineral fosfor.

Bukan hanya itu, dalam tahu juga terdapat berbagai macam vitamin seperti Thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalsium dan kalium.

Berbagai macam kandungan dalam tahu memberikan banyak manfaat bagi yang mengosumsinya, diantara lain mencegah penyakit jantung dan mencegah osteoporosis.

Selain itu mampu meningkatkan produksi energi, membantu menurunkan berat badan, membantu pasien diabetes dengan masalah ginjal.

Jika kamu pecinta tahu, cobalah beberapa olahan tahu berikut sebagai menu masakan di dapurmu.

1Pepes Tahu

goodhousekeeping.co.id

Makanan berbahan dasar tahu ini dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus.

Pepes tahu biasanya dikombinasikan dengan berbagai macam bahan pangan untuk dicampurkan dalam bahan utama, seperti teri asin maupun jamur tiram.

Berikut cara membuat pepes tahu dengan campuran jamur tiram yang dapat kamu hidangkan untuk keluarga di rumah.

Bahan yang diperlukan ialah 850 gram tahu putih yang telah dihaluskan, 300 gram jamur tiram yang disuwir, 3 butir telur dikocok lepas, 2 sdt garam, 1 sdt gula pasir, daun kemangi.

Sediakan juga daun pisang yang akan digunakan untuk membukus adonan tahu.

Bahan untuk membuat bumbu halus adalah 10 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 butir kemiri, 1 cm kunyit, ½ sdt merica, 10 buah cabai merah keriting, 3 buah cabai rawit.

Kamu dapat campurkan seluruh bahan dan bumbu halus dalam satu wadah. Kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang. Kukus kurang lebih 30 menit. Setelah itu angkat dan sudah bisa dihidangkan.

2Tahu Bulat

bismacenter.ning.com

Tahu bulat merupakan makanan khas Tasikmalaya. Makanan ini sedang populer dan menjadi idola masyarakat Indonesia. Sesuai dengan namanya, tahu ini berbentuk bulat dan memiliki rasa yang gurih dengan warna emas kecokelatan.

Kamu dapat menyiapkan bahan-bahan berikut jika ingin membuat tahu bulat sendiri di rumah.

Siapkan 15 buah tahu putih halus, 3 butir kuning telur, 1 ½ sdt baking powder, 3 sdt kaldu bubuk, minyak goreng.

Untuk membuatnya, kamu dapat mencuci terlebih dahulu tahu putih kemudian hancurkan dan saring airnya dengan menggunakan kain yang bersih.

Fungsi menyaring tahu untuk meminimalkan kandungan air yang terdapat dalam tahu. Kemudian masukkan kuning telur, kaldu bubuk dan baking powder.

Campur bahan menjadi satu sembari diremas-remas guna melembutkan adonan tahu. Lalu bulatkan tahu hingga permukaannya licin.

Masukkan ke dalam wadah dan tutup. Simpan dalam kulkas 3-4 jam. Setelah itu kamu bisa keluarkan tahu dan diamkan selama 10 menit di suhu ruang.

Panaskan minyak sampai benar-benar panas, kemudian kecilkan api dan goreng tahu dalam minyak dengan api sedang cenderung kecil. Goreng tahu sambil diaduk agar tahu bisa mengembang. Sajikan tahu bulat bersama cocolan saus sambal agar rasanya lebih nikmat.

3Tahu Bacem

wikimedia.org

Tahu bacem merupakan olahan tahu yang berwarna gelap cenderung ke hitam. Tahu bacem memiliki rasa yang manis.

Cara untuk membuat tahu bacem cukuplah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan 10 buah tahu putih, 6 buah bawang putih, 12 buah bawang merah, 2 sdm ketumbar.

4 buah kemiri, 6 buah gula merah, 3 ruas lengkuas, 6 lembar daun salam, 2 batang serai, 3 sdm kecap manis, 1 ½ liter air, garam dan minyak goreng

Siapkanlah panci berukuran sedang yang telah diisi dengan air, kemudian susun tahu di dalamnya. Letakkan lengkuas, daun salam, serai di atas tahu. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam. Kemudian masukkan ke dalam panci.

Masukkan gula merah dan kecap. Setelah itu tutuplah panci dan masak tahu hingga matang. Sebelum diasajikan, goreng tahu di dalam minyak panas hingga matang, akan tetapi jangan sampai warna terlalu menghitam.

4Tahu Gejrot

indonesianculinary.tumblr.com

Hidangan khas Cirebon ini banyak sekali dijajakan sebagai camilan. Tahu dengan rasa asam, manis dan pedas ini mampu membuat pelanggannya ketagihan.

Bahan dan cara membuatnya cukup sederhana. Siapkan 10 buah tahu Sumedang yang telah digoreng. 1 sdm kecap manis, 100 gram gula merah, 300 ml air, 2 sdt asam Jawa.

Untuk bahan yang dihaluskan ada 3 buah cabai merah, 1 siung bawang putih, 2 buah bawang merah, 1 sdt garam.

Selain itu ada juga bahan yang ditumbuk kasar, siapkan 10 buah cabai rawit hijau, 1 siung bawang putih dan 3 buah bawang merah.

Siapkan bahan yang dihaluskan dan bahan yang ditumbuk kasar. Masak air, gula merah, garam, asam dan bahan yang dihaluskan hingga air mendidih.

Siapkan tahu yang telah dipotong-potong dan taburi dengan bumbu yang ditumbuk kasar, kemudian tuang kuah tahu. Tahu gejrot pun siap disantap dengan lahap.

5Tahu Gimbal

klikhotel.com

Tahu gimbal adalah salah satu makanan yang menjadi primadona di kota Semarang. Dinamakan tahu gimbal karena di dalam olahan ini menggunakan gimbal. Gimbal adalah makanan semacam bakwan goreng yang berisi udang yang digoreng garing.

Bahan untuk membuat tahu gimbal ini terdiri dari tahu goreng, irisan kubis mentah, lontong, taoge, telur dan gimbal. Disajikan dengan bumbu kacang yang sedikit encer dan menggunakan petis udang khas Semarang.

SHARE