wikipedia.org

Aneka Rupa Masakan Tempe Ini Pasti Akan Menggugah Seleramu

Posted on

Tempe merupakan satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Tidak hanya kalangan tertentu saja yang menyukai tempe. Hampir di semua kalangan menyukainya.

Baik itu anak kecil, remaja maupun orang yang sudah tua sekalipun banyak yang menyukai tempe. Selain karena suka, tempe pun diminati karena aman bagi kesehatan, karena memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan kaya akan vitamin.

Banyak masyarakat yang saking sukanya makan tempe, bahkan bisa membuat mereka menyediakan tempe di rumahnya setiap hari. Walaupun dimasak dengan cara yang beraneka rupa, tapi judulnya tetaplah tempe.

Jadi, buat kamu yang belum gemar makan tempe, kamu harus coba beraneka jenis masakan berbahan baku tempe dulu. Dijamin di antara sekian banyak variannya, pasti ada satu yang kamu akan suka. Tapi kalau sama sekali nggak suka ya nggak papa juga sih.

Nah, buat kamu penggemar dan yang maniak banget sama tempe, yuk sekarang kita sama-sama lihat masakan apa saja yang bisa kita buat dengan bahan baku tempe.

Tempe Goreng

wikimedia.org
wikimedia.org

Ini adalah salah satu cara memasak tempe yang paling mudah dan praktis. Gimana tidak mudah, kamu hanya perlu memotong-motong tempe dengan ukuran sedang, menambahkan bawang putih dan garam, kemudian digoreng.

Tapi tempe goreng ini ada kelemahannya. Makanan ini jadi tidak begitu lezat jika disajikan dalam keadaan dingin. Enaknya disajikan hangat dan dimakan dengan nasi putih ditambah sambel. Wah, jadi bikin lapar nih.

Tempe Mendoan

teropongbisnis.com
teropongbisnis.com

Cara membuat tempe ini masih tergolong mudah. Tapi tidak sesederhana jika cuma digoreng saja. Kenapa begitu? Karena kita perlu meracik tepung untuk melumuri tempenya.

Kunci kelezatan tempe mendoan tidak hanya terletak pada rasa tempenya saja, namun dipengaruhi oleh bumbu-bumbu yang kita tambahkan pada tepung untuk kulit mendoan ini.

Mendoan paling enak jika kita santap saat udara sedang dingin-dinginnya. Kita pun bisa memakan mendoan dengan ditemani sambal kecap atau cabe rawit, rasanya jadi makin maknyus.

Kering Tempe

masakanlezat.com
masakanlezat.com

Nah, bagi kamu yang suka bawa bekal praktis tapi lezat, maka kering tempe adalah salah satu pilihannya. Dengan bentuknya yang kering, membuat masakan yang satu ini jadi lebih tahan lama dan mudah dibawa ke mana-mana.

Biasanya masakan tempe yang satu ini sering jadi request anak kost saat kembali dari kampung halaman. Pasti banyak yang minta dibuatin sama ibu atau mamanya untuk persediaan beberapa hari. Jadi nggak perlu ngeluarin uang buat makan, kan?

Tempe Bacem

indonesianfood21.blogspot.com
indonesianfood21.blogspot.com

Untuk kamu yang suka makanan manis dan kamu juga suka tempe, maka kamu perlu coba tempe bacem. Rasa tempe bacem ini enak lho? Manis bercampur asin gitu, ditambah lagi dengan rasa bumbu-bumbu yang lainnya. Pokoknya sedap deh.

Tempe Pecak

web.id.tc
web.id.tc

Buat kamu yang suka makanan pedas, tapi nggak mau disibukkan dengan kerepotan memasaknya, maka kamu bisa mengolah tempe di rumah kamu menjadi tempe pecak.

Kamu tinggal memotong-motong tempe menjadi dadu-dadu kecil, digoreng, kemudian dihaluskan dengan garam, cabe, bawang putih dan bawang merah. Selain itu, kalau kamu suka, kamu bisa menambahkan kencur.

Tempe Kecap

happytummytime.wordpress.com
happytummytime.wordpress.com

Jika ingin makan tempe tapi berasa makan sate kambing, maka kamu bisa coba masak tempe dengan cara begini. Caranya, kamu goreng dulu tempenya dengan potongan dadu-dadu kecil.

Setelah tempe selesai digoreng, maka kamu bisa tambahkan kecap dan bumbu-bumbu seperti kamu mau buat sambal kecap untuk sate kambing. Bener lho, sensasinya seperti makan sate kambing.

Semua masakan tempenya sederhana kan? Kamu pasti bisa membuatnya di rumah. Selamat memasak tempe!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *