Indonesia adalah surga kuliner, berbagai jenis masakan khas budaya Indonesia bisa kamu temukan dimanapun di negeri ini. Bahkan kamu tidak akan dapat menghitungnya secara pasti.

Nah, di antara banyak masakan tentu saja hampir 99% merupakan masakan yang nikmat. Namun, sepertinya beberapa masakan di bawah ini tetap akan dianggap aneh bagi lidah turis mancanegara.

1Rujak Cingur

sarirasa.co.id

Masakan ini khas Surabaya, Jawa Timur, namun kamu akan mudah menemukannya di berbagai daerah di Jawa Timur atau Jawa Tengah. Tentu saja yang akan membuat turis mancanegara merasa aneh adalah cingur.

Moncong sapi yang menjadi ciri khas makanan yang satu ini. Akan sangat aneh bagi mereka memakan moncong sapi. Sangat aneh dan tidak lazim, tetapi jangan remehkan rasanya, kamu akan ketagihan memakannya.

2Sate Kuda

noesaja.wordpress.com

Nah, kalau di luar negeri kuda lazim dijadikan objek judi dalam pacuan kuda atau sekedar hobi untuk dipelihara, di Indonesia kuda dijadikan makanan. Barbeque dalam bahasa mereka, sate dalam bahasa Indonesia.

Tertarik mencoba? Datanglah ke Yogyakarta, mampir ke Sate Kuda Gondolayu di Jalan Jenderal Sudirman. Harganya mungkin akan sedikit mahal, tentu saja mahal, ini daging kuda. Harga kuda tidak murah bukan?

3Masakan Sop Buntut

qraved.com

Tentu saja sop ini benar-benar menggunakan ekor mamalia sebagai bahan utamanya, umumnya yang digunakan adalah ekor sapi. Sop buntut dibuat dengan cara membakar atau menggoreng potongan ekor sapi, kemudian dicampurkan ke dalam kuah berbumbu khas.

Namun, untuk ukuran masyarakat Indonesia pada umumnya, sop buntut ini termasuk masakan yang tergolong mahal lho. Harganya bisa berkisar Rp 30.000 hingga Rp 90.000.

Meskipun beberapa catatan menyebutkan bahwa masakan dari ekor sapi sapi juga disajikan di beberapa negara di luar negeri. Tetap saja sop buntut menjadi kuliner khas dengan bumbu asli Indonesia.

4Gule Kepala Ikan

eatjogja.com

Masakan yang satu ini mulai terkenal di Jawa pada 5 tahun terakhir. Kepala ikan yang digunakan umumnya adalah kepala ikan kakap. Kepala dapat disajikan beserta tulang ikan atau tanpa tulang ikan, dilengkapi dengan bumbu gulai yang kuning kental nikmat sedap.

annisarangkuti.wordpress.com
annisarangkuti.wordpress.com

Nah, kalau kamu tertarik mencoba gule kepala ikan yang enak dan sangat populer, datanglah ke Solo. Mampirlah ke Jalan Honggowongso, ke kedai Gule Kelapa Ikan Mas Agus.

Tentu saja kalau kamu ajak teman bule kamu makan gule yang satu ini, ia akan merasa aneh dan bertanya, “Apanya yang dimakan? Bagian mana yang bisa dimakan?”

5Kerupuk Kulit

pkscibitung.wordpress.com

Kemanapun kamu berkelana ke luar Indonesia, kamu tidak akan menemukan kerupuk kulit sapi. Di luar negeri sangat tidak lazim memakan kulit sapi. Sedangkan di Indonesia hampir di semua warung angkringan kecil dan besar semuanya menyediakan kerupuk ini.

Kerupuk ini dibuat dari kulit sapi yang dibersihkan kemudian digoreng dalam waktu singkat pada minyak yang panas. Hasilnya, kamu akan merasakan kulit yang renyah dan rasa yang gurih tak tertandingi.

Nah, sebenarnya masih ada beberapa masakan khas Indonesia yang enak walapun dianggap aneh untuk orang luar negeri. Misalnya sate keong, belalang goreng, bakso balungan atau ceker ayam.

Tentu saja berbagai masakan ini halal dan tidak menjijikan, sebab bagaimana mungkin kamu doyan makan masakan yang menjijikan bukan? Walaupun memang tetap saja ada makanan asal Indonesia yang aneh dan menjijikan, tentu saja kebanyakan dari itu tidak halal.

Oke, selamat menjelajahi kuliner asli Indonesia yang nikmat dan akan membuat kamu ketagihan.