Indonesia merupakan negara yang penuh dengan kekayaan alam, negara yang terdiri dari banyak pulau ini, bisa disebut negara yang sangat besar.

Indonesia juga mempunyai harta karun yang tak ternilai harganya, makanya banyak orang asing ingin mengelola negara ini. Bahkan kita sendiri tahu, penjajah dulu datang ke Indonesia hanya ingin rempah-rempahnya.

Negara yang besar tidak mungkin mempunyai masalah kecil, banyak masalah di negeri ini. Memang dari dulu tidak pernah habis dan selalu bertambah, tapi bukan berarti kita cuma bisa berkomentar lho, kita harus ikut andil demi kemajuan bangsa ini.

Di bawah ini ada lima hal yang harus kamu tahu tentang masalah terbesar di Indonesia.

1Hukum

hukumnarotama.wordpress.com

Tentu kamu pasti akan marah dan geram ketika melihat kondisi hukum di Indonesia. contoh yang terbaru kemarin. Seorang nenek-nenek di proses secara hukum hanya karena ambil kayu bakar di hutan.

Adalagi dari daerah Banyumas, seorang nenek yang mencuri tiga buah kakao, yang harganya tidak lebih dari 10.000 rupiah divonis satu setengah bulan penjara.

Bayangkan saja nenek-nenek yang sudah tua, wajahnya keriput, berjalan agak susah dan tidak punya uang, harus divonis di pengadilan, tapi banyak koruptor yang menghabiskan uang negara masih enak berkeliaran. Hukum boleh saja, tapi rasa manusiawinya jangan hilang.

Tahu tidak? Nenek yang di vonis itu, ketika datang ke pengadilan harus pinjam uang 30.000 untuk transportasi. Sangat ironis dan pasti bikin kita nangis. Hukum mudah bagi rakyat kecil tapi susah unutk pejabat. Hukum di Indonesia sangat tidak adil.

Kamu yang kuliah di hukum? Ayo jadi perubah peradaban!

2Tambang Emas Papua

jakartagreater.com

Kamu harus tahu tentang salah satu potensi terbaik di Indonesia ini,  tambang emas di Papua ini merupakan tambang emas terbesar di dunia. Bayangkan saja terbesar di dunia, sejak dulu sampai sekarang emas disana tidak ada habisnya.

Tambang emas ini tidak hanya menghasilkan emas tapi juga tembaga, silver dan yang lainnya. Sayang di sayang tambang terbesar ini masih dikelola oleh pihak asing, otomatis keuntungan besar di peroleh pengelola tersebut.

Kamu harus tahu, tambang emas ini jika dikelola anak bangsa sendiri, dijamin semua masyarakat di Indonesia tidak ada yang miskin, tidak ada yang masih kelaparan dan tidak ada lagi namanya krisis. Ah, semoga saja suatu saat nanti.

3Krisis Listrik

trainingproviderjogja.wordpress.com

Listrik sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang susah dihilangkan. Tahun depan kemungkinan krisis listrik akan datang, dimana biaya listrik akan naik sampai 250%.

Bagaimana? Sudah siap kah kamu?

4Kebakaran Hutan

nasional.harianterbit.com

Akhir Tahun 2015, merupakan tahun yang tidak bisa di lupakan oleh masyarakat sumatera dan kalimantan. Dimana disana terjadi kebakaran hutan besar-besaran dalam waktu yang cukup lama.

Kebakaran ini tidak hanya merusak bumi Indonesia, tapi juga sangat merugikan masyarakat di sekitar sana. Selain banyak korban meninggal karena menghirup udara yang berbahaya, kondisi kota yang indah menjadi penuh kabut asap dengan jarak pandang sangat pendek.

Yang buat kita marah, kebakaran ini di indikasi dilakukan secara sengaja oleh orang atau perusahaan yang ingin mengambil keuntungan semata. Bayangkan saja, apa kamu tidak marah jika bertemu dengan pelaku kebakaran tersebut?

5Potensi yang di Sia-Siakan

indonesiabetter.com

Potensi kemampuan manusia yang di sia-siakan. Ricky Elson adalah anak bangsa yang sukses membuat mobil listrik, dimana ia justru kurang di hargai oleh negara ini.

Pemuda cerdas yang dipercaya oleh menteri BUMN yang dulu ini sebenarnya ingin sekali berbakti, berkontribusi untuk kemajuan anak bangsa, tapi memang tidak bisa menjadi nyata. Pemuda ini dipinang oleh Malaysia dan terus di goda oleh Jepang.

Masih banyak potensi orang Indonesia, salah satu contohnya, Bapak Habibie dengan pesawat N250 nya, tapi ya begitulah, kurang respon dari negara kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here