Ada tiga tipe kepribadian manusia secara umum yang sudah banyak dikenal dan dipelajari, yaitu tipe kepribadian introvert, ambivert, dan ekstrovert.

Ada anggapan bahwa khusus orang dengan tipe kepribadian introvert ini sulit sekali didekati. Alasannya sederhana, sebab mereka tidak suka bertemu banyak orang.

Wah, benarkah demikian? Memang apa saja ciri-ciri orang introvert?

1Susah Berbaur

hello-pet.com

Orang-orang introvert lebih tertarik untuk memperhatikan dan mendengarkan, daripada banyak bicara sebagaimana orang-orang ekstrovert yang sangat menyukai komunikasi, berbicara di depan publik.

Orang-orang introvert akan berbicara seperlunya saja jika ditanya. Itupun dengan jawaban yang singkat. Maka biasanya mereka memiliki kesulitan untuk berbaur dengan orang lain. Tak jarang mereka disebut ansos (anti sosial).

2Susah Keluar Rumah

ghiboo.com

Oleh karena sifatnya yang pendiam dan malas untuk berinteraksi dengan banyak orang, orang-orang tipe introvert biasanya lebih suka diam di rumah,

daripada jalan-jalan keluar yang pada akhirnya mengharuskan mereka bertemu dan berinteraksi dengan masyarakat.

Kalau jalan-jalan pun, mereka akan memilih tempat yang sepi atau sedikit orangnya, daripada tempat yang ramai dan padat manusia.

3Jarang Bisa Melucu

lifehack.org

Seseorang dengan kepribadian introvert cenderung membosankan, tidak humoris karena memang mereka susa melucu. Kalaupun melucu, pasti garing, aneh, dan ganjil.

Alasannya, karena mereka jarang berinteraksi dan jarang berbicara, jadi kurang terlatih untuk bisa mengekspresikan dirinya kepada orang lain.

4Suaranya Kecil

caraterbarumengatasi.com

Orang-orang introvert biasanya memiliki suara yang kecil, sehingga membuat mereka malas bicara. Akibatnya, sekali mereka bicara, orang lain akan sulit mendengar dan kemudian diabaikan.

5Susah Kerja Kelompok

halogensoftware.com

Sikapnya yang susah berinteraksi, membuat orang-orang dengan tipe introvert sering susah untuk bekerja dalam kelompok.

Mereka lebih terbiasa bekerja secara individu. Bekerja sendiri terasa lebih nyaman, karena lebih bisa lebih fokus, leluasa melakukan apapun, dan tidak bising.

6Kurang Nyaman di Keramaian

qolbunhadi.com

Berbeda dengan extrovert, orang-orang dengan tipe introvert mendapat energi dari ketenangan dan kesunyian. Keramaian dan suara bising cenderung membuat gelisah.

Jadi, ketika para introvert berada di tempat yang ramai, biasanya mereka akan cepat bosan dan lelah, karena energi mereka cepat terkuras.

SHARE