Apakah kamu masih berpikir bahwa saat ini, di usiamu yang masih 20-an mending dibuat untuk bersenang-senang. Nanti saja berpikir masa depan. Alasannya sih simpel, karena kamu masih cukup muda dan kesempatanmu masih banyak.

Pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Karena justru di masa mudamu ini, banyak kesempatan yang bisa kamu lakukan untuk sekedar bersenang-senang atau mengikuti kata hati yang sering galau urusan percintaan.

Padahal, banyak anak muda di luar sana yang mungkin lebih muda usianya denganmu, namun mereka sudah mulai merintis jalan kesuksesan mereka. Bisa jadi, jika kamu mengikuti jalan yang sama seperti mereka, kamu bisa lebih sukses di awal dibanding lainnya.

1Manfaatkan Energi Ekstramu untuk Kerja Lebih Giat

satujam.com

Rata-rata pada usia 20-an, seseorang memiliki banyak tenaga ekstra sehingga dapat bekerja dengan lebih keras walaupun pekerjaan yang dikerjakan pun terbilang berat. Pekerjaan yang menuntut seseorang untuk lembur atau mengerjakan dua pekerjaan dalam satu waktu dapat kamu lakukan.

2Waktu Paling Tepat untuk Mengumpulkan Pengalaman

satujam.com

Pada usia 20-an, langkah awal untuk meniti sukses lebih mudah untuk kamu lakukan. Pikiran manusia masih cenderung terbuka dan siap menerima banyak hal, baik pengalaman dalam bentuk keberhasilan atau kegagalan.

Selain itu, pada usia ini manusia cenderung mudah menerima masukan dan pendapat orang lain yang mungkin lebih berpengalaman darimu. Kalaupun dalam perjalanan usahamu gagal, kamu masih dapat berbenah agar kerja kerasmu tidak sia-sia.

3Modal Ekstra untuk Menikah Bisa Kamu Mulai dari Sekarang

satujam.com

Ingin segera menikah? Persiapan menuju pernikahan cukup banyak dan itu tidak hanya bicara soal lamaran, akad nikah atau resepsi lho. Setelah menikah, seorang laki-laki dituntut untuk bisa memenuhi nafkah seorang perempuan yang telah menjadi istrinya.

Menikah memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Sehingga persiapan jauh-jauh hari tentu akan membuatmu semakin ringan.

4Bayangkan 20 Tahun Mendatang

satujam.com

Coba tanyakan kepada orang-orang di sekitarmu yang sudah berusia di atas 40 tahun, baik yang menurutmu memiliki kehidupan yang berhasil ataupun yang kamu rasa biasa-biasa saja. Tanyakan pada mereka, apa yang telah mereka lakukan saat berusia 20-an tahun.

Dari cerita mereka, kamu akan mengerti apa yang memang layak kamu perjuangkan di usiamu kini. Banyak orang sukses yang berhasil dari kerja kerasnya selama puluhan tahun. Dengan cara itu, kamu juga akan menjadi orang yang lebih bisa menghargai proses daripada hasil akhir.