Waktu sepertiga malam bagi umat Muslim adalah sebuah waktu yang sangatlah berharga. Waktu tersebut sangat dimuliakan oleh Allah SWT karena merupakan waktu terdekat seorang hamba dapat memeluk cinta Allah.

Pada waktu tersebut, bagi mereka yang memohon ampun dengan tulus akan diberi ampunan oleh Allah. Dan yang memiliki keinginan berujung kebaikan akan dikabulkan oleh Allah.

Maka, umat Muslim hendaknya tak boleh malas dan harus semangat dalam berlomba-lomba mendapatkan kebaikan, keberkahan, serta limpahan nikmat tak terkira dari Allah di waktu sepertiga malam tersebut.

Walaupun sudah semuanya tahu bahwa waktu tersebut sangat mulia dan siapapun umat Muslim yang mampu menghidupkannya akan diletakkan pada tingkatan kemuliaan di sisi Allah, ternyata masih banyak saja yang bermalas-malsan.

Dengan alasan lelah, masih mengantuk, dan banyak alasan lainnya, umat Muslim ternyata masih meremehkan waktu mulia tersebut.

Nah, bagi kamu yang ingin menghidupkan sepertiga malam namun masih sulit beradaptasi untuk rutin bangun karena belum terbiasa, yuk coba tips jitu bangun di sepertiga malam berikut ini!

Jangan Tidur Terlalu Larut

tidurk
ita-ramawati.blogspot.com

Usahakan jam 9 malam atau sebelum jam 10 malam kamu sudah tidur. Bagi yang aktivitasnya padat seharian tentunya tak sulit ya karena dengan kondisi tubuh lelah maka akan mudah terangsang untuk segera mengantuk.

Namun bagi kamu yang aktivitasnya tidak terlalu banyak, usahakan segera tidur dengan banyak tilawah atau membaca buku yang bermanfaat untuk merangsang matamu segera lelah dan mengantuk.

Juga jangan lupa atur alarm di jam 3 atau setengah 3 pagi. Jika tak ada yang membangunkanmu setidaknya alarm akan membantu membangunkanmu.

Berwudhu Sebelum Tidur

6 Keutamaan Dan Manfaat Wudhu Bagi Muslim
www.bacaislam.com

Seseorang yang berwudhu sebelum tidur akan menghindarkan dari gangguan setan yang bisa saja mengencinginya sehingga sulit untuk bangun segera melaksanakan sholat.

Jika kamu tak mau dikencingi setan, berwudhu lah sebelum tidur. Kemudian tidur miring ke kanan seperti sunnah Rasulullah SAW dan baca do’a sebelum tidur, al-fatihah, ayat kursi, al-ikhlas, al-falaq, dan an-naas.

Berniatlah Dengan Kuat Bahwa Kamu Ingin Bangun Tahajud

kiki widyasari tahajud
berita-sekita.blogspot.co.id

Allah sesuai persangkaan hambaNya, berprasangka lah positif selalu kepada Allah, dan minta padaNya untuk memberikanmu nikmat ibadah di sepertiga malam, agar kamu bisa banyak bersyukur dan bertaubat kepadaNya di waktu mulia tersebut.

Niatkan dengan kuat, in shaa Allah Tuhanmu Yang Maha Pemurah akan mengabulkannya.

Jaga Diri dari Maksiat Sekecil Apapun

prayer
www.infoglobalkita.com

Ada seseorang bertanya kepada seorang ustadz tentang seorang saudaranya yang tidak pernah sholat dan beribadah kepada Allah, namun dia selalu hidup bahagia dan berkecukupan. Mengapa bisa demikian?

Ustadz menjawab, sesungguhnya itu adalah adzab Allah yang tertunda. Hidayah ditutup dari matanya, dan dia tak diberi nikmat bangun di waktu sepertiga malam, padahal bagi mereka yang menghidupkan malam tersebut akan diangkat derajat kemuliaannya.

Sehingga jika kamu ingin menghidupkan sepertiga malammu, jaga dirimu dari niat ataupun perbuatan maksiat sekecil apapun.