Jika kamu sudah mengalami masalah tidur, khususnya sering ketiduran, tentu hal ini sangat sulit dicari solusinya. Suatu saat kamu tidak bisa tidur sampai pagi karena insomnia. Namun di waktu lain justru tidak bisa bangun hingga harus kesiangan.

Beberapa ulasan berikut ini mungkin dapat menjadi solusi bagi kamu yang selama ini bingung mencari solusi untuk bangun tepat waktu. Karena masalah kesiangan ini akan mengganggu rencana harianmu yang sudah kamu siapkan sehari sebelumnya.

1Persiapan Sebelum Tidur

www.harianaceh.co.id

Terkadang, sepulang dari kerja kita merasakan penat yang teramat sangat. Sebentar saja duduk atau berbaring di sofa sudah membuatmu tertidur. Padahal saat itu dirimu masih menggunakan pakaian kerjamu. Bangunnya pun tak menentu.

Hal yang harus kamu lakukan dengan memaksa diri untuk tetap melakukan persiapan menjelang tidur. Mnimal kamu harus membersihkan badanmu dengan menggosok gigi dan minum air putih yang cukup agar tidak kehausan.

Bila perlu, lakukan sholat sunnah dua rakaat atau membaca beberapa ayat Al Quran seperti Ayat Kursi. Jangan lupa juga untuk mengingat agenda pentingmu esok hari dan bertekad untuk dapat bangun di pagi hari saat subuh.

2Atur Alarm

pixabay.com

Bila kamu sudah terbiasa menggunakan alarm namun kurang efektif dalam membangunkanmu. Cobalah untuk memodifikasinya terlebih dahulu. Caranya dengan memanfaatkan ponsel pintar yang kamu miliki sebagai alarm.

Contohnya dengan menggunakan berbagai aplikasi alarm unik seperti yang bertipe bunyi keras dan hanya akan berhenti jika kamu berhasil menyelesaikan persamaan matematis, atau puzzle yang kamu pilih sebelumnya.

Selain itu, letakkan alarm atau ponsel pintarmu pada posisi yang jauh dari tempat tidurmu. Sehingga untuk menjangkaunya, kamu harus berdiri dan berjalan kemudian mematikannya.

3Ingat, Bangun, Minum, Mandi

klinikjoydental.com

Setelah kamu berhasil mematikan alarm, pastikan dirimu tidak berpikir untuk berbaring sebentar saja dan akhirnya tertidur kembali. Itu hanya bujukan palsu otakmu yang masih menginginkan untuk tidur lagi.

Ketika kamu sudah bangun, segera saja nyalakan lampu agar mata lebih sulit untuk terpejam kembali. Bantu kesadaranmu dengan meminum air putih sampai hilang rasa hausmu. Kemudian persiapkan peralatan mandimu agar tubuh menjadi segar dan terjaga sepenuhnya. Gunakan air hangat bila perlu.

4Bangunkan Aku, Bagaimanapun Caranya!

phuphu-phuphu.blogspot.co.id

Bila ketiga cara di atas masih juga tidak berhasil. Kamu bisa mencoba cara terakhir yang paling efektif. Mintalah orang lain untuk membangunkanmu. Tentu saja, pastikan orang yang kamu minta masih satu tempat tinggal denganmu dan juga teruji selalu bisa bangun pagi.

Kemudian tetapkan standar untuk membangunkanmu dengan cara apapun hingga kamu benar-benar bisa bangun dan melangkah ke kamar mandi.