Pagi hari adalah saat dimana waktu begitu berharga dibandingkan waktu di siang, sore atau malam hari. Apa yang kamu lakukan di pagi hari akan berpengaruh terhadap prestasimu di hari itu. Banyak penelitian menyatakan bahwa saat pagi hari, otak bekerja dalam kondisi optimal.

Potensi keberkahan sebagaimana dinyatakan dalam beberapa hadits pun juga banyak tersedia untuk kamu raih. Bagi kamu yang menginginkan mendapatkan itu semua, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pagi hari.

1Mandi Sebelum Waktu Subuh

muslimahcorner.com

Mandi memiliki fungsi sebagai penyegar badan sekaligus mengusir rasa kantuk. Selain itu, kegiatan ini juga selalu dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Tentunya banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan, khususnya dari segi kesehatan bila kamu melakukan hal ini secara rutin.

2Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid

jenggis.com

Selain mendapatkan 27 derajat kebaikan dibanding shalat sendirian, shalat shubuh berjamaah di masjid rupanya memiliki banyak sekali manfaat yang tidak bisa kamu dapatkan pada shalat berjamaah di waktu yang lain.

Beberapa diantaranya seperti ganjaran layaknya orang yang shalat sepanjang malam, mendapatkan kesempurnaan cahaya pada hari kiamat, pembebasan dari sifat munafik, juga Allah menjaminkan perlindungan-Nya untuk orang-orang yang senantiasa shalat shubuh berjamaah.

3Tilawah Alqur’an dan Murajaah Hafalan

arrahmah.com

Setelah melakukan shalat shubuh berjamaah, paling pas jika kamu melanjutkannya dengan membaca Al Qur’an dan mentadaburinya. Jika memungkinkan, bisa dilanjutkan dengan membaca tafsir dari ayat Al Qur’an yang baru saja kamu baca. Contohnya dengan membaca Tafsir Ibnu Katsir.

Ingatlah akan pelipatgandaan 10 kebaikan dalam setiap satu huruf Al Qur’an yang kamu baca.

Selain itu, kamu juga bisa mengulang hafalan Al Qur’an yang telah kamu miliki atau umum dikenal dengan muraja’ah. Waktu pagi setelah shubuh juga tepat jika digunakan untuk memulai hafalan. Banyak metode hafalan yang saat ini bisa kamu gunakan. Seusaikan dengan yang kamu rasa pas.

4Shalat Dhuha Saat Matahari Terbit

ummi-online.com

Saat matahari telah memancarkan sinarnya, pada waktu inilah kamu bisa bersedekah sebagai rasa syukur atas seluruh persendian tubuhmu. Caranya dengan menunaikan shalat dhuha 2 rakaat. Dan bila kamu bisa menambahnya hingga 12 rakaat, Allah akan membangunkan untukmu istana di surga.

5Olahraga dan Bersihkan Rumah dengan Singkat

arsiteki.com

Berolahraga ringan sembari menghirup udara segar di pagi hari sangat tepat kamu lakukan. Gerakkan seluruh bagian tubuhmu sekitar 10 – 15 menit sudah cukup untuk mengeluarkan keringat.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan membersihkan rumah dengan singkat. Paling tidak rapikan kamar tidur dan bersihkan setiap sudutnya. Kemudian sapu halaman rumah atau menyiram tanaman bisa kamu lakukan bila memang cukup waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here