Masjid adalah pusat kehidupan muslim. Dari tempat inilah semuanya bermula. Di tempat ini pula semuanya kembali. Sudah jelas bahwa bagi para muslim, masjid bukan hanya tempat ibadah, namun pusat kehidupan.

Suatu hari, kamu perlu menjelajahi berbagai bentuk rumah Allah. Jika ratusan ribu jumlahnya di seluruh Indonesia terlalu susah untuk kamu sambangi. Kamu bisa luaskan penjelajahanmu di Asia Tenggara.

Paling tidak, 11 masjid ini layak untuk kamu kunjungi, kamu bisa belajar banyak dari para muslim yang hidup di sekitar rumah Allah ini. Karena di tempat ini kamu akan tentram, karena disinilah kamu bertemu Tuhan Pencipta Alam dalam lantunan doa.

1Masjid Al Irsyad – Indonesia

archdaily.com

Kamu bisa memulai perjalanan penjelajahan islam Asia Tenggara dari sini, di bangunan kotak yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil. Karya sederhana namun sempurnya yang tidak terkira keindahaannya.

Masjid yang dibangun dengan dana 7 miliar rupiah ini berada di Bandung. Jika kamu jeli, kamu bisa membaca lafaz Laailaha Ilallah Muhammad Rasulullah pada sekeliling dindingnya.

2Sultan Haji Hassanal Bolkiah – Filipina

bestinminda.kcnhs.com.ph

Bangunan megah di Filipina ini juga dijuluki sebagai The Grand Mosque of Cotabato City. Pembangunannya ini didanai oleh sultan Brunei Darussalam dan diperkirakan dapat menampung 800 orang laki laki dan 400 perempuan.

3Jame Asr Hassanil Bolkiah Mosque – Brunei Darussalam

flickr.com

Pusat ibadah muslim terbesar di Brunei Darussalam. Namanya sangat mirip dengan masjid di Cotabato di atas bukan? Pada bangunan ini terdapat 29 kubah berbagai ukuran dengan bahan dasar emas.

Ditambah lagi, menara yang dilapisi oleh terazzo, bahan komposit campuran marmer, kuarsa, granit, dan gelas. Interiornya ini juga sangat memukau. Jangan lewatkan untuk salat di sini saat kamu ke Brunei.

4Damrong Mosque – Thailand

beautifulmosque.com

Masjid ini terletak di distrik Amphawa, provinsi Samut Songkhram. Kawasan Amphawa merupakan salah satu kawasan wisata yang sering dikunjungi turis luar negeri.

5Abdul Gaffoor Mosque – Singapura

sgtours.ru

Kamu mungkin tidak dapat salat disini saat berkunjung ke Singapura, karena bangunan ini telah menjadi monumen nasional sejak tahun 1979. Dulunya digunakan oleh para muslim India di daerah Little India.

6Masjid An-Nur – Timor Leste

gettyimages.com

Di kota Dili, berdirilah masjid An Nur ini, tepatnya di Rua Campo Alor, Kampung Alor. Di bagian tengah masjid terdapat taman kecil  dan juga terdapat perpustakaan di dalamnya. Foto ini diambil oleh Yunaidi Joepoet.

7Masjid di Vietnam

commons.wikimedia.org

Islam di Vietnam umumnya dianut oleh orang Cham. Etnis minoritas yang punya kaitan darah dengan orang melayu. Bahkan konon mereka punya hubungan darah dengan orang Minang. Kamu bisa kunjungi masjid ini di Kota Ho Chi Minh.

8Azahar Mosque – Laos

icstravelgroup.com

Masjid Azahar atau Azhar adalah satu dari dua bangunan ibadah muslim di seluruh daratan Laos. Terletak di ibu kota Laos, Vientiane. Tepatnya di Banphon Sawattay, Chantabouly.

9Al-Serkal Haram – Kamboja

news.xinhuanet.com

Bangunan ini tergolong baru di Kamboja, masjid Al Serkal yang baru setelah bangunan Al Serkal yang lama di runtuhkan 3 tahun lalu. Baru saja diresmikan pada tanggal 27 Maret 2015.

Pendanaannya ditanggung penuh oleh seorang pengusaha asal Uni Emirat Arab, Eisa Bin Nasser Bin Abdullatif Alserkal. Dana sebesar 2 juta dolar Amerika Serikat untuk membangun pusat kegiatan muslim di Phnom Penh ini.

10Crystal Mosque – Malaysia

thestar.com.my

Inilah masjid yang berdiri dengan elegan di pinggir sungai dekat Islamic Heritage Park, pulau Wan Man, Kuala Tengganu. Rumah Allah yang sangat cantik ini dibuat dengan berbagai ornamen gelas, kristal, dan baja yang berkilauan indah.

11Mosque in Sittwe

gettyimages.com

Di akhir penjelajahanmu menyusuri kehidupan Islan di Asia Tenggara, tempat paling tepat untuk mengakhirinya adalah di Sittwe, disinilah kamp pengungsian muslim Rohingya yang terusir dari tanah mereka sendiri.

Kamu bisa coba bercengkrama ramah dengan para jemaah mushala kecil yang tua seperti pada gambar di atas. Kamu tidak perlu bisa bahasa Myanmar. Dengan melihat raut dan kerut wajah mereka saja kamu akan dapat merasakan apa yang telah mereka lalui.

Wajah mereka akan bercerita kepadamu panjang lebar dan tinggi tentang perjuangan mempertahankan agama. Dan pada akhirnya kamu akan bertanya pada dirimu sendiri, “Apakah aku telah menjadi muslim sebenar-benarnya?”

Masjid selalu menyimpan cerita. Karena ia tempat dimana manusia menemukan Sang Pencipta. Maka dari sini lah ketenangan bermula, dari sini lah rahmat dan kekuatan Allah melesap pada hati-hati dan raga-raga seorang muslim.