hellobogor.com

7 Masjid Kampus Terbesar dan Termegah di Indonesia

Posted on

Masjid yang besar dan megah tidak selalu harus berada di area perkantoran, tengah kota besar, ataupun di komplek perumahan mewah.

Sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air juga punya bangunan masjid yang besar dan indah lho. Tidak kalah menariknya dengan masjid yang dibangun di luar lingkungan kampus.

Masjid-masjid di area kampus biasanya menjadi pusat kegiatan keagamaan para mahasiswa muslim. Berikut ini 7 masjid besar dan megah di lingkungan kampus di Pulau Jawa;

Masjid Agung Al Azhar, UIA

wallpaperislami.com
wallpaperislami.com

Pada awal berdiri, masjid ini tidak berada di dalam lingkungan kampus. Tapi kemudian setelah Universitas Islam Al Azhar (UIA) berdiri, masjid ini termasuk ke dalam lingkungan kampus UIA.

Masjid Agung Al Azhar telah berdiri sejak tahun 1958 di Jl Sisingamangaraja XII No 12. Tokoh ulama Prof Dr Haji Abdul Malik Karim Amrullah, atau yang biasa dikenal dengan sebutan Buya Hamka adalah imam masjid pertamanya.

Masjid Al Furqan, UPI

asrama.upi.edu
asrama.upi.edu

Masjid Al Furqan berada di kawasan Kampus UPI, Jl Dr Setiabudi No 229, Bandung. Masjid ini ditempatkan tepat di sebelah kiri gerbang masuk Kampus UPI.

Atap masjid dibuat berbentuk seperti limas, unik dan berbeda dibanding masjid lain yang umumnya seperti bola.

Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada

bahtera-info.blogspot.com
bahtera-info.blogspot.com

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM) dijadikan sebagai lokasi berkumpul para mahasiswa.

Masjid dengan luas 2,8 hektar ini bergaya Joglo, bangunan rumah khas Jawa dipadukan dengan arsitektur khas Timur Tengah, seperti gaya Masjid Nabawi.

Masjid Ulil Albab, UII

osqulilalbab.blogspot.com
osqulilalbab.blogspot.com

Tidak hanya di UGM, kampus lain di Yogyakarta yang juga memiliki masjid megah adalah Universitas Islam Indonesia (UII). Masjid ini terletak di dalam kawasan kampus UII di Jl Kaliurang, Km 14, Sleman, Yogyakarta.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Masjid Ulil Albab juga memiliki ruang khusus untuk kumpul para mahasiswa.

Masjid Fachruddin, UMM

ulfianita109.wordpress.com
ulfianita109.wordpress.com

Masjid Fachruddin terletak di lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Masjid ini disebut-sebut sebagai masjid kampus terbesar di Asia Tenggara.

Bangunan masjid ini memadukan tiga nafas kebudayaan sekaligus, yaitu Jawa, Arab dan modern. Masjid yang dibangun sejak bulan November 1994 sampai dengan September 1996 ini memiliki luas 14.834,70 meter persegi.

Masjid yang menghabiskan dana hingga Rp 6 miliar ini diresmikan oleh BJ Habibie pada tahun 1998.

Masjid Al Hurriyah, IPB

hellobogor.com
hellobogor.com

Masjid Al Hurriyah terletak di bagian dalam kampus IPB Darmaga, Bogor. Masjid Al Hurriyyah berdiri pada tahun 1965 dengan bentuk yang kecil, sederhana dan berada di tengah hutan.

Pada tahun 1992, di sebelah kiri masjid Al Hurriyyah yang pertama, dibangunlah masjid yang lebih besar, yang mampu menampung jamaah hingga 5000 orang.

Atap berbentuk kuncup limas yang dikomposisian sedemikian rupa merupakan ciri tradisional. Bidang-bidang segitiga dimanfaatkan untuk pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami.

Konsep segitiga merupakan perwujudan dari ajaran Islam yang mengajarkan hablumminallah, hablumminannaas, dan hubungan dengan alam serta lingkungan.

Penggunaan bidang-bidang segitiga yang diputar dan dikomposisikan dalam bangunan ini merupakan penerapan seni Islam yang berbentuk geometrik pattern yang juga telah digunakan dalam tradisi bangunan Islam.

Diketahui pula, segitiga ialah bentuk paling stabil dalam ilmu mekanika.

Masjid Ukhuwah Islamiyah, UI

vokasi.ui.ac.id
vokasi.ui.ac.id

Masjid Ukhuwah Islamiyah berada di lingkungan kampus Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat. Luas masjid ini yaitu 3.606 meter persegi, berdiri sejak 28 Januari 1987.

Masjid ini juga sering digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial para mahasiswa UI.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *