Buat kamu muslim yang pernah tinggal di negara dengan jumlah muslim yang minoritas. Hal yang pasti akan kamu rindukan tentu saja masjid bukan? Banyak sekali rasa kehilangan berhubungan dengan masjid.

Puluhan kumandang adzan maghrib di waktu petang dengan berbagai aksen khusus yang indah. Salat tarawih dan salat ied bersama satu kampung. Hingga masjid yang setiap tahun menjadi lokasi utama penyembelihan qurban.

Sungguh tempat yang dirindukan, sungguh tempat yang menentramkan. Nah, kalau kamu berada di beberapa negeri berikut, kamu akan tetap dapat merasakan ketenangan bercengkrama dengan masjid. Bahkan masjid yang sangat megah.

1Hassan II, Maroko

travelphant.com

Terletak di kota Casablanca, bangunan ini disebut sebagai masjid terbesar ke-7 di dunia. Dengan menara setinggi 210 meter, konon merupakan menara tertinggi di dunia. Sebanyak 105.000 orang dapat ditampung di dalam bangunan ini.

2Sultan Omar Ali Saifudin, Brunei

idesignarch.com

Sebuah masjid kerajaan yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota Brunei Darusalam. Bangunan ini diselesaikan pada tahun 1958, lokasinya yang sangat indah ini berada di Kampong Ayer, dekat sungai Brunei.

3Tengku Tengah Zaharah, Malaysia

camerashowdown.com

The Floating Mosque adalah nama yang lebih terkenal dari bangunan yang pertama kali dibuka pada tahun 1995 ini. Terletak di laguna Kuala Ibai, dekat sungai Kuala Ibai. Bangunan putih bersih yang indah bukan?

4Faisal, Pakistan

retweetinfo.com

Masjid terbesar di Pakistan ini merupakan yang terbesar di dunia sejak tahun 1986-1993. Desain unik kontemporer yang dibangun dengan biaya 120 juta dolar Amerika Serikat.

5Taj-ul-Masajid, India

projects.aljazeera.com

Taj-ul-Masajid jika diartikan mengandung arti the crown of mosques. Bangunan ini memiliki dua menara tinggi dengan 18 tingkat. Selain itu konstruksinya dilengkapi dengan berbagai marmer dan warna coklat pink yang indah.

6Sultan, Singapura

commons.wikimedia.org

Masjid Sultan ini terletak di antara Jalan Muscat dan North Bridge di kawasan Kampong Glam Ronchor. Sejak pertama kali dibangun 1826, bangunan ini masih tetap original hanya dengan sedikit renovasi pada tahun 1960 dan 1993.

Sayangnya sejak 14 Maret 1975 menjadi monumen nasional.

7Qol Sharif, Rusia

deviantart.net

Masjid terbesar di Rusia ini dibangun di komplek kerajaan Kazan Kremlin pada abad ke-16. Bentuk yang unik dan indah membuat Qol Sharif masuk dalam daftar yang paling indah di seluruh dunia.

8Sabanci, Turki

neogaf.com

Inilah masjid terbesar di Turki, melebihi kemegahan Hagia Sophia dan Blue Mosque yang juga menjadi ikon Turki. Kompleknya berdekatan dengan jalur kereta api. Sebuah simbol islam yang nyata di pusat Kota Adana.

9Sheikh Zayed, Uni Emirat Arab

roro44.net

Waktu konstruksi selama 11 tahun sejak tahun 1996 hingga 2007 tidak sia-sia dan melahirkan kemegahan yang luar biasa. Inilah bangunan yang menggunakan berbagai material dalam 7 bahasa dunia.

Mulai dari bahasa Arab, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, Jerman, dan Korea. Bahkan di sini menyimpan berbagai koleksi ilmu pengetahuan, perabadan, kaligrafi, dan seni hingga 200 tahun lalu.

10Masjid Cordoba, Spanyol

hickerphoto.com

Masjid ini kini menjadi museum, sebuah bukti kekhalifahan islam yang merangkul Eropa sebagai pusat kemajuan peradaban saat itu. Berdiri pada masa Khalifah Abdul Rahman I, inilah sejarah otentik bahwa islam juga ramah dan bersahabat dengan Eropa.

Akan suatu saat bangunan ini akan menjalankan fungsi awal tujuan ia dibangun? Pasti, kegemilangan Islam telah melesap ke seluruh negara di Eropa.

11Masjid Al Aqsa, Palestina

youtube.com

Baitul Maqdis, inilah kiblat pertama umat muslim dunia. Tempat yang didatangi oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sebelum melakukan perjalanan ke langit atas izin Allah subahanahu wa taala.

Setelah Rasulullah wafat, masjid ini dibangun kembali oleh Khalifah Umar bin Khattab. Sebuah pusat agama di seluruh dunia yang hingga saat ini menjadi rebutan.

12Masjid Nabawi, Madinah

lazywazy.in

Peletakan batu pertama dilakukan sendiri oleh Rasulullah. Kini setelah ratusan tahun sejak pertama kali dibangun, masjid ini mempunyai luas 400.500 m2 dan dapat menampung 900.000 jamaah muslim.

Madinah, satu dari dua kota suci yang dijanjikan akan tetap suci dan terpelihara hingga hari kiamat. Tentu saja untuk menjaga tempat ini, dibangun oleh Rasulullah sendiri.

13Masjidil Haram, Mekah

omahihrom.com

Sebanyak 4.000.000 orang dapat memenuhi Masjidil Haram dalam satu waktu. Inilah tempat suci yang penuh berkah, pusat ibadah haji yang penuh kemuliaan. Tempat di mana Ka’bah berdiri.

Ka’bah yang dibangun oleh bapak para nabi, Ibrahim telah mengalami ribuan tahun hancur bangun yang panjang hingga mencapai hari ini. Tempat yang langsung dijaga oleh Allah. Sebuah tempat impian dan tujuan seluruh muslim dunia.

SHARE