Hampir dipastikan, setiap manusia Indonesia pernah mengalami keluhan sakit yang disebabkan masuk angin. Sepertinya penyakit ini memang sudah merakyat di negeri ini. banyak faktor penyebab seseorang mengalami masuk angin.

Beberapa sebab seseorang masuk angin diantaranya seperti pengaruh cuaca dan turunnya kebugaran tubuh. Jelasnya, jika masuk angin yang kamu rasakan tidak segera diatasi, hal ini bisa menyebabkan segala aktifitasmu menjadi terganggu.

Tentunya kamu tidak menginginkan hal demikian bukan?

Berikut ini beberapa cara tips yang bisa kamu lakukan untuk segera mengusir penyakit masuk angin dari tubuhmu.

1Berkumur-Kumur

ummi-online.com

Kebiasaan yang menarik di Jepang, para orang tua selalu mewajibkan anak-anaknya yang masih kecil untuk berkumur-kumur setelah pulang dari sekolah atau bermain. Rupanya, cara ini merupakan cara yang efektif untuk mencegah masuk angin bagi orang jepang.

Cara ini berfungsi untuk membersihkan segala bakteri yang berkumpul di sekitar lulut dan kerongkongan sehingga penyakit masuk angin bisa dicegah. Lebih efektif lagi jika berkumurnya menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam dan sedikit baking soda.

2Madu dan Teh Lemon

satujam.com

Teh lemon yang dicampur madu merupakan ramuan mujarab untuk menyembuhkan masuk angin yang paling enak dikonsumsi. Kandungan antioksidan, vitamin C dan beberapa zat bermanfaat lainnya terbukti ampuh menjadi obat masuk angin.

3Rebusan Air Daun Pepaya

satujam.com

Rasanya memang pahit dan agak eneg. Namun khasiatnya untuk mengusir masuk angin dari tubuhmu terbukti ampuh dan efektif. Dalam daun pepaya terkandung antibiotik alami setara bawang putih yang dapat menyembuhkan masuk angin dengan cepat.

Cara megolahnya, ambil 4 sampai 5 lembar daun pepaya, cuci sampai bersih. Kemudian rebus dalam satu liter air. Selanjutnya rebus hingga tersisa setengahnya. Minumlah selagi hangat dan rasakan manfaatnya.

4Konsumsi Bawang Putih

satujam.com

Bawang putih memiliki beragam manfat. Diataranya bisa untuk mengatasi sakit gigi dan masuk angin.

Caranya dengan mencampurkan bawang putih dalam makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, kamu bisa juga menggerusnya dan beri sedikit garam. Kemudian makan mentah-mentah.

5Air Jahe

satujam.com

Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alami yang mujarab untuk mengobati masuk angin. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk air jahe dengan cara membersihkannya terlebih dahulu. Kemudian tumbuk dan rebus, dan minum air rebusannya.

Selain untuk mengusir masuk angin dari tubuhmu, air jahe juga dapat membantu menjaga suhu tubuhmu tetap hangat lebih lama.