Jika kamu ingin melihat dan merasakan keindahan alam ini, maka lakukanlah perjalanan. Jika kamu tidak sanggup karena faktor kesehatan dan biaya, maka kamu bisa menikmati keindahan alam dari hal-hal kecil di sekitar kita.

Andaikan saja kita menggunakan panca indera kita lebih optimal, maka kita bisa lebih detil melihat banyak keindahan di sekitar. Caranya hanya dengan mengamati, mendengarkan dan meraba lebih seksama.

Satu contoh bentuk keindahan yang seringkali luput dari pengamatan kita adalah keindahan pada bentuk dan warna mata kucing. Bukankah setiap hari kita punya kesempatan untuk bertemu dengan kucing?

lovemeow.com
lovemeow.com

Walaupun kamu tidak memelihara kucing, bisa jadi kamu berpapasan dengan hewan ini di jalan atau kucing-kucinglah yang menghampiri rumahmu dengan tujuan hanya ingin menyapa dengan suara mengeongnya.

Tapi, buat kamu yang memang sangat kesulitan berjumpa dengan kucing, apalagi sampai memandangi matanya dengan seksama, maka kamu bisa melihat keindahan dari mata kucing dengan melihat gambar-gambar ini.

Oiya, sebelum kamu memandang gambar mata-mata kucing ini, kamu perlu tahu bahwa mereka mengalami heterochromia, di mana warna iris mata mereka mengandung dua unsur warna yang berbeda.

1Gambar yang Pertama

boredpanda.com

Lihatlah mata kucing di atas. Sekilas mungkin nampak aneh, karena warna mata kiri dan kanannya berbeda. Jika kita perhatikan dengan seksama, mata kucing ini memiliki garis-garis melingkar yang mengelilingi sebuah poros bernama pupil.

Bentuk yang seperti ini mengingatkan kita pada bentuk galaksi. Di mana planet-planet mengelilingi matahari melalui garis-garis orbitnya yang bentuknya pun melingkar, sama seperti mata kucing.

2Gambar yang Kedua

lovemeow.com

Melihat gambar yang kedua, kita seperti melihat mata yang serupa tapi tak sama dengan gambar yang pertama. Namun bedanya, mata kiri dan kanannya tidak menunjukkan perbedaan warna yang berarti.

Namun, ketika kita lihat lebih teliti. Mata kucing ini ternyata tersusun dari dua unsur warna yang berbeda pada iris matanya, yaitu perpaduan antara warna hijau dan biru.

3Gambar yang Ketiga

lovemeow.com

Warna mata dan penyebaran warna yang tidak merata pada kucing ini, mengingatkan kita pada bentuk dan warna dari planet-planet yang ada di luar angkasa sana, jika kita lihat melalui satelit.

Jadi buat kamu yang tidak punya kesempatan melihat planet secara langsung, maka kamu bisa memandang mata kucing ini. Makin lama, maka kamu akan semakin jatuh cinta dengan bentuk ciptaan Allah yang satu ini.

4Gambar yang Keempat

lovemeow.com

Saat pertama kali melihat mata kucing ini, mungkin kamu akan berpendapat bahwa mata kucing ini menyeramkan. Namun, kalau kamu pandangi terus, kamu akan diajak melihat sebuah pemandangan yang serupa dengan planet Mars.

Kamu tahu kan planet Mars? Planet yang jika kita amati melalui satelit, menunjukkan kenampakan berwarna merah, hampir menyerupai warna mata kucing ini.

Warna merah pada Planet Mars ini disebabkan karena kandungan bahan penyusun Planet Mars yang berwarna coklat kemerahan.

5Gambar yang Kelima

lovemeow.com

Sama halnya dengan gambar mata kucing yang sebelumnya. Mata kucing ini pun memiliki perbedaan warna. Perbedaan warna pada mata kucing seolah mengingatkan kita bahwa kehidupan ini pun penuh warna.

Warna-warni kehidupan bisa berwujud perbedaan peristiwa yang terjadi setiap harinya, perbedaan orang-orang yang kita temui dari waktu ke waktu, atau pun perbedaan tempat yang membuat dunia ini terlihat begitu indah.

Bagaimana? Setelah melihat mata kucing-kucing tersebut, apakah kamu sudah bisa melihat salah satu contoh keindahan alam di dunia ini?