Dahulu kala di Indonesia untuk melakukan jual beli diterapkan sistem barter atau tukar menukar menggunakan barang. Misalnya kelapa 2 butir ditukar dengan beras 1 liter. Hal ini dilakukan bangsa Indonesia saat sebelum menemukan uang sebagai penggantinya.

Bila berbicara mengenai uang tentulah kita ketahui bahwa tujuan utama orang bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Karena untuk menunjang kehidupan di zaman yang semakin maju kita membutuhkan uang untuk memenuhi segala macam kebutuhan.

Tapi tidak banyak orang yang tau bagaimana sejarah maupun proses pembuatan uang rupiah. Karena memang banyak orang yang tidak peduli dengan hal itu. Tapi perlu kamu ketahui beberapa fakta menarik mengenai rupiah yang belum pernah kamu tahu sebelumnya.

1Koin Rupiah Pada Final Piala Dunia 1974

www.ramepedia.com

Dalam laga final yang mempertemukan tim tuan rumah Jerman Barat dan Belanda sang wasit yang berkebangsaan Inggris Jack Taylor menggunakan koin mata uang rupiah untuk memulai pertandingan. Koin tersebut digunakan untuk menentukan siapa yang berhak memegang bola.

Koin keluaran Bank Indonesia dengan pecahan Rp. 2.000,- itu adalah koin khusus yang dibuat Bank Indonesia bekerja sama dengan organisasi pecinta alam WWF. Mata koin dengan gambar harimau jawa dan gambar garuda pancasila itu hanya di produksi sebanyak tiga keping saja.

2‘Rupiah’ Riau dan ‘Rupiah’ Irian Barat

uangkunopekanbaru.blogspot.com

Pada tahun 1960an Riau pernah memiliki mata uang khusus. ‘Rupiah’ Riau ternyata memiliki nilai yang lebih tinggi yaitu 1 ‘Rupiah’ Riau = 14.7 Rupiah.

Akan tetapi berdasarkan keputusan presiden efektif per tanggal 1 Juli 1964 mata uang ‘Rupiah’ Riau bukan lagi menjadi alat pembayaran yang sah. Dan digantikan oleh rupiah yang kita kenal sekarang ini.

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Sedangkan ‘Rupiah’ Irian Barat sempat beredar di lapangan antara tahun 1963 sampai tahun 1971 dan ‘valuenya’ pun juga lebih tinggi ketimbang Rupiah. 1 ‘Rupiah’ Irian Barat = 18.9 Rupiah.

3Presiden dan Lembar Rupiah

factinformationtruth.blogspot.com

Apakah kamu tahu bahwa sampai saat ini hanya ada dua mantan Presiden RI yang muncul pada lembar rupiah. Yakni Presiden pertama yaitu Bung Karno dan Presiden Kedua yaitu Pak Harto.

1uang-kuno-indonesia.blogspot.com
1uang-kuno-indonesia.blogspot.com

Hanya kedua mantan presiden tersebut yang pernah menghiasi lembaran kertas rupiah hingga saat ini.

4Lagu Indonesia Raya

ardhastres.blogspot.com

Tahukah kamu bahwa lagu Indonesia Raya ternyata tertulis pada mata uang pecahan 50.000 (lima puluh ribu) Rupiah WR Soepratman? Mungkin kamu tidak pernah menyadari bahwa tertulis lagu kebangsaan kita pada pecahan uang tersebut bukan?

ardhastres.blogspot.com
ardhastres.blogspot.com

Karena memang lagu tersebut tertulis sangat kecil di bagian depan bersebelahan dengan tanda tangan dewan gubernur.

SHARE