Semua orang tua pasti menginginkan bayi yang aktif dan cerdas, bahkan lebih dari itu sepertinya. Lalu pertanyaannya, apakah untuk tujuan mulia itu, kita hanya berdiam diri saja? Tentu tidak kan?

Agar bayi kita aktif dan cerdas, tentunya kita perlu membantu merangsang anak untuk bisa seperti itu. Nah, untuk itu tentunya kita butuh menyisihkan waktu, baik itu menerapkannya kepada anak kita nanti, maupun belajar ilmunya.

ourkiddyshop.com
ourkiddyshop.com

Iya dong, supaya kita bisa memberikan treatment yang tepat ke bayi, tentu sebelumnya kita perlu mengetahui dulu apa perlakuan terbaik untuk bayi agar dia aktif dan cerdas berdasarkan hasil riset maupun berdasar pengalaman orang lain.

Untuk tujuan itu, kita lihat yuk bagaimana orang tua bisa membantu bayinya untuk bisa tumbuh menjadi bayi yang aktif dan cerdas!

1Pakaikan Baju yang Nyaman untuk Bayi

cosmomom.net

Kunci supaya bayi kita aktif adalah pakaian yang nyaman. Kalau nggak nyaman, maka bayi tidak akan bersemangat untuk melakukan banyak gerakan. Misalnya saja kalau baju si bayi terlalu tebal, tentu dia akan merasa kegerahan.

Kalau bayi kegerahan, bayi cenderung akan rewel dan menangis. Jadi dia tidak akan fokus untuk mengeksplorasi sekitarnya. Selain itu perhatikan juga kualitas bahannya, pilihkan bahan yang lembut untuk pakaian bayi kita.

2Bantu Bayi Olahraga Saat Mengganti Popok

merries.co.id

Jika kamu sedang mengganti popok bayi, maka berilah waktu bayi untuk menggerak-gerakkan kakinya dengan bebas. Biarkan si bayi telanjang dulu untuk beberapa saat.

Tapi untuk melakukan hal ini, kita pun perlu memperhatikan suhu ruangan. Jika terlalu dingin, ya jangan berlama-lama membiarkannya tanpa pakaian. Kita bisa melakukannya saat udara sedang hangat-hangatnya.

Kita pun bisa lho membantu anak untuk berolahraga, salah satu caranya dengan menggerak-gerakkan kakinya ke atas dan ke bawah. Jika bayi sudah terbiasa, maka ia akan melakukan dengan sendirinya.

3Jadilah Tempat Memanjat Bagi Bayi

mytororo.wordpress.com

Pada usia tertentu, terutama ketika bayi sudah mulai bisa duduk dan merangkak, maka bayi akan punya kebiasaan baru, yaitu memanjat-manjat. Memanjat apa? Tentunya apa saja yang sudah bisa dia panjat.

Nah, salah satu objek yang akan menjadi sasaran panjatan anak adalah ibu atau ayahnya sendiri. Jadi kalau kamu mengalami hal seperti ini, kamu sebagai orang tua jangan melarangnya ya! Karena bayi sedang melatih motoriknya bekerja.

Kita justru perlu membantunya. Contohnya kalau kita sedang rebahan, dan anak berusaha naik ke tubuh kita, maka bantulah ia untuk naik dan sekali waktu kamu bisa menaikkan tubuhnya ke udara untuk melatih keseimbangan.

4Pilihlah Tempat yang Tepat untuk Bersantai

gupshupcorner.net

Jika kamu sedang waktu luang bermain dengan bayimu, maka satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu memilih tempat yang aman dan nyaman untuk kamu dan si buah hati bersantai.

Kenapa hal ini perlu kita lakukan? Supaya anak punya ruang gerak yang mampu membantunya mengeksplorasi dunia ini. Jika bayimu belum bisa duduk, maka kamu bisa meletakkannya dipangkuanmu supaya sudut pandangnya lebih luas.

5Mengayun dan Menimang Bayi

paud-anakbermainbelajar.blogspot.co.id

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan supaya anakmu tumbuh menjadi bayi yang aktif dan cerdas, yaitu dengan menimang dan mengayunnya. Dengan cara seperti ini, bayimu akan terlatih untuk seimbang.

Kok bisa begitu ya? Karena otak kecil manusia yang berfungsi sebagai alat keseimbangan, dapat berfungsi dengan optimal jika kita melatih keseimbangan dengan cara mengayun, menimang atau membalikkan posisi bayi dengan kaki berada di atas.