Ketika kita menikah dengan seseorang, maka kita bukan hanya menerima pasangan kita saja, baik itu sebagai istri atau pun suami. Tapi, kita pun harus menerima kedua orang tuanya juga sebagai bagian dari hidup kita setelah menikah.

Banyak orang bilang, bahwa kebahagiaan seorang menantu adalah apabila ia disayang oleh mertuanya. Kenapa bisa keluar pernyataan seperti ini? Ini dikarenakan menjalin hubungan yang harmonis dengan mertua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Menghadapi mertua dengan karakter yang mungkin berbeda dengan keluarga kita mungkin akan terasa sulit pada awalnya. Bahkan tidak jarang terjadi konflik antara menantu dan mertua.

Dengan melihat permasalahan tersebut, maka cukup penting bagi kita mengetahui strategi yang tepat untuk berinteraksi dengan mertua. Kamu mau kan disayang sama mertua? Kalau iya, kita lihat yuk strategi jitu berikut ini!

1Libatkan Mertua dalam Aktivitas Kita

majalahembun.com

Jika mertua sering senewen dengan kita, bisa jadi itu disebabkan karena ia merasa tidak dibutuhkan atau ia merasa dinomorduakan. Oleh karena itu, libatkan mertua dalam aktivitas tertentu, misalnya belanja di mall.

Pasti mertua kamu seneng deh diajak belanja, diajak makan bareng, olahraga, dan membantunya memasak masakan kesukaannya. Ini merupakan langkah awal bagi kamu untuk bisa mengenal mertuamu lebih dekat.

2Jangan Lupa Memuji Ibu Mertua

majalahembun.com

Biasanya, yang banyak mengeluh bermasalah dengan ibu mertua adalah menantu perempuan. Nah, untuk kamu yang suka bermasalah dengan ibu mertuamu, maka kamu perlu mencoba memuji ibu mertuamu.

Bukankah pada hakikatnya perempuan itu suka dipuji? Jika kamu sering memberi apresiasi kepada ibu mertuamu dengan tulus, maka ia akan senang. Jika ia senang, maka ia akan bersikap baik kepadamu juga kan?

3Jika Ada Masalah, Maka Duduklah Bersama

ummi-online.com

Kunci dari menyelesaikan permasalahan apapun dalam hidup adalah komunikasi. Jika kamu bermasalah dengan mertua, baik itu bapak mertua atau ibu mertua, maka komunikasikanlah baik-baik dengan mereka.

Oiya, jangan lupa mengajak pasangan kita untuk membahas ini bersama dengan orang tuanya. Karena mertua adalah orang tua kita juga, maka kita harus berkata dengan nada yang lembut, walaupun sedang kesal sekalipun.

4Bersikap Netral

ummi-online.com

Dalam sebuah keluarga, pasti ada saja konflik yang terjadi. Nah, jika suatu hari nanti pasanganmu bermasalah dengan orang tuanya, maka kamu harus berada di posisi netral.

Posisi netral itu seperti apa? Posisi netral itu maksudnya posisi di mana kamu berada di tengah-tengah atau tidak memihak ke salah satu dari mereka. Jadi hubungan kamu dengan keduanya akan tetap baik.

5Mengalah Seringkali Jadi Pilihan Terbaik

mamapeduli.info

Walaupun kamu merasa benar ketika sedang berkonflik dengan mertua, namun mertua seringkali tidak bisa memahami hal tersebut. Ego orang tua biasanya akan lebih tinggi dari kita.

Jika kamu berada di posisi seperti itu, sebaiknya kamu mengalah. Kenapa kamu harus mengalah? Karena, tidak selamanya yang mengalah itu kalah bukan? Dengan mengalah kamu justru bisa meredam konflik yang ada.

6Hidup Mandiri Bisa Jadi Solusi

konstruksirumah.com

Konflik dengan mertua seringkali terjadi jika kita masih tinggal bersama dengan mereka, bahasa lainnya kita numpang. Untuk itu kita pun perlu memahami bagaimana perasaan orang yang kita tumpangi, mereka bisa jadi sebel kalau kita kelamaan numpang.

Oleh karena itu, solusi yang paling jitu agar kamu bisa punya hubungan baik dengan mertua adalah dengan pisah rumah. Pisah rumah di sini berarti kamu harus mulai hidup mandiri. Dengan berjauhan justru akan menimbulkan kerinduan mertua kepada menantunya.