Bisa dibilang, salah satu peristiwa menakutkan dan membuat jantung berasa ingin copot adalah ketika pertama kali berjumpa dengan calon mertua. Gimana nggak, karena pertemuan perdana inilah yang menentukan seseorang menuju tahap kehidupan selanjutnya.

Wah, jadi berasa serem juga ya ketemu dengan calon mertua! Berarti, kalau momen ini begitu penting untuk dijalani dengan baik, apa yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkannya ya? Kira-kira ada nggak ya tips untuk menghadapi calon mertua?

Sebenarnya sih nggak ada tips-tips khusus, hanya saja hal-hal berikut ini perlu kamu pertimbangkan saat kamu hendak bertemu dengan calon mertua. Penasaran? Langsung kita lihat yuk!

1Be Your Self

mikemarlow.com

Hal pertama dan yang paling penting kamu lakukan ketika bertemu dengan calon mertua adalah menjadi diri kamu sendiri. Jauhi keinginan untuk menjadi seperti orang lain. Walaupun tujuannya memikat hati mertua.

Kenapa perlu menjadi diri sendiri? Ketika kamu menjadi diri sendiri, maka ini mengindikasikan bahwa kamu menerima diri kamu apa adanya. Bukankah untuk diterima oleh orang lain kamu harus menerima dirimu sendiri? Jadi be your self ya!

2Berpakaian Rapi dan Sopan

blog.shopious.com

Walaupun pada poin pertama dikatakan bahwa kamu perlu menjadi diri sendiri, tapi hal ini juga bukan berarti kamu berpenampilan asal-asalan. Saat bertemu calon mertua, tentunya kamu harus tetap berpakaian yang rapi dan sopan.

Jangan juga kamu pakai daster atau baju tidur saat menemui calon mertua ya! Pastinya nggak enak dilihat. Pakailah pakaian yang biasa kamu kenakan kalau kamu keluar rumah, tapi bukan pakaian kerja juga ya!

3Berbicara Apa Adanya

mimbarhadits.wordpress.com

Ketika berbicara atau diajak bicara dengan mertua, bicaralah apa adanya tentang diri kamu. Jelaskan diri kamu apa adanya, jangan ada yang ditutup-tutupi. Misalnya saja kalau kamu nggak bisa masak, ya bilang aja belum bisa.

Bagaimana kalau kamu bicara sebaliknya? Yang ada kamu akan menghadapi permasalahan baru, nanti setelah kamu menikah.

Kalau kamu ngakunya pinter masak tapi ternyata nggak bisa masak, kalau disuruh masak sama mertua gimana coba? Masak iya minta bantuan sama abang gojek untuk beliin makanan?

4Menjaga Sikap

ibunda.id

Jagalah sikap kamu saat bertemu dengan calon mertua. Jangan samakan cara menghadapi calon mertua kamu dengan ketika kamu menghadapi teman-teman.

Calon mertua kamu kan orang yang lebih tua jadi berlakulah seperti kamu menghadapi orang tua pada umumnya. Bahasa tubuh pun perlu kamu jaga, jika ada kata-kata mertua yang kurang sreg dengan kamu, ya timpali saja dengan senyuman.

5Simpan Gadget Saat Bertemu Calon Mertua

hitachipersonalfinance.co.uk

Hal yang paling menyebalkan ketika bertemu atau ngobrol dengan seseorang adalah saat orang yang berinteraksi dengan kamu sibuk dengan gadget-nya. Kalau begitu kan seolah-olah kamu seperti dicuekin.

Calon mertua kamu juga akan merasakan hal yang sama kalau kamu asyik dengan gadget di tangan. Jadi saat bertemu calon mertua, dari awal simpan gadget kamu, kalau perlu dimatiin. Supaya bunyi pesan masuk tidak mengganggu pertemuan kamu dengan calon mertua.

6Berkomunikasi dengan Baik

ayahsafa.blogspot.com

Dengan siapapun kamu berbicara, kamu harus memastikan orang yang kamu ajak bicara mengerti apa yang kamu katakan. Jadi, gunakanlah bahasa yang dimengerti oleh calon mertua kamu.

Jangan mencampur-campur bahasa, misalnya walaupun kamu jago Bahasa Inggris, tapi kamu jangan mencampur antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nanti calon mertua kamu jadi bingung.