Ketika menikah, tentunya semua orang berharap memiliki keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Selain itu, tentunya ingi dong pernikahannya langgeng, walaupun diterpa banyak ujian dalam bahtera pernikahan.

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Yup, yang namanya pernikahan pasti ada saja ujiannya, mulai dari permasalahan yang muncul dari keluarga besar, dari pihak luar atau pun karena pengaruh ekonomi keluarga.

Mungkin di awal-awal pernikahan, rasa cinta antar pasangan suami istri masih menggebu-gebu, jadi badai yang datang sekencang apapun masih bisa tertangani. Namun ketika lama-lama cinta makin terasa hambar, godaan kecil pun bisa jadi masalah besar.

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Mungkin benarlah kiranya pesan dari orang terdahulu, bahwa menumbuhkan cinta itu mudah, tapi merawat cinta lebih sulit. Dan kunci dari kelanggegan sebuah pernikahan, terletak pada kesiapan dan kesanggupan masing-masing pasangan untuk merawat cintanya.

muslimahcorner.com
muslimahcorner.com

Jadi jangan heran ya, jika ada yang sudah belasan tahun menikah, lalu sang suami selingkuh atau istrinya selingkuh, karena makin lama kekuatan cinta itu akan semakin pudar dan layu apabila tidak dipupuk dan dirawat dengan baik.

Lalu, bagaimana ya caranya merawat cinta supaya tetap tumbuh dan berkembang di hati kita. Supaya lebih jelas, langsung kita lihat tipsnya di bawah ini yuk!

1Tiap Orang Butuh Rasa Nyaman

ummi-online.com

Rasa nyaman lah yang akan membuat seseorang akan setiap pada sesuatu, termasuk ketika ia menikah. Kenyamanan pun menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika memutuskan menikah dengan seseorang.

Jadi ketika kita mengetahui hal ini, maka jadilah orang yang membuat pasanganmu nyaman, nyaman untuk bercerita, nyaman untuk mengeluarkan keluh kesah, bahkan nyaman untuk meluapkan emosi positifnya, tertawa, dan lain sebagainya.

Nah, jika kenyamanan ini satu persatu hilang, jangan heran jika pasanganmu berpaling ke lain hati, baik itu secara fisik atau pun hatinya saja yang berpaling. Sedih kan kalau kejadiannya seperti itu.

Kalau suatu saat kamu merasa tidak nyaman dengan pasanganmu, mungkin kamu perlu melihat ke dalam diri, apakah kamu sudah membuatnya nyaman dengan sikapmu selama ini? Jika belum cobalah untuk memperbaiki sikap terlebih dahulu.

2Percaya

pakarcinta.com

Seseorang, siapapun dia butuh untuk dipercaya, apalagi dengan pasangan yang hidup bersamanya. Bagi sebuah keluarga, kepercayaan adalah modal dasar yang harus dimiliki, karena kecurigaan adalah prasangka yang mampu menghancurkan.

Menghancurkan apa? Menghancurkan sebuah hubungan, apapun itu namanya. Kalau kamu suatu saat merasa ragu akan sesuatu, maka jangan merasa sungkan untuk melakukan klarifikasi. Jangan sekali-kali memupuk rasa curiga.

Percayalah, bahwa kepercayaanmu kepada pasangan akan meningkatkan semangatnya untuk melakukan aktivitas. Salah satu bentuk percaya adalah dengan menghargai privasi pasangan kamu.

Bagaimana, dengan penjelasan di atas, apakah kamu masih menyimpan rasa ragu terhadap pasangan kamu? Jika iya  cobalah membuka komunikasi yang baik dengan pasanganmu.

3Dukungan

kabarmuslimah.com

Walaupun kita tinggal bersama dengan pasangan kita, namun sesungguhnya kita mempunyai dunia yang berbeda. Misal istri dengan kesibukannya mengurus rumah tangga dan suami dengan bisnis atau pekerjaannya di kantor.

Dengan dunia yang berbeda ini, maka tidak ada yang bisa disalahkan kalau salah satu pihak tidak memahami apa yang terjadi dengan pihak lainnya. Saling memahami saja lah, pahami bahwa semua memiliki perannya masing-masing.

Untuk bisa saling memahami, maka langkah pertama yang bisa dilakukan adalah saling memberi dukungan. Dukung suami yang bekerja di luar dengan menyiapkan sarapan dan bekal makannya dan dukung istri dengan memberikannya me time.