Tentunya semua orang punya keinginan untuk sukses, baik itu sukses dalam karir atau pun sukses dalam semua hal dalam kehidupannya. Dan tentunya juga,  untuk mencari kesuksesan itu tidak didapat dengan cuma-cuma. Semua butuh usaha dan strategi.

Lantas, apa yang sudah kamu rencanakan dan lakukan untuk mencapai kesuksesan? Jika kamu belum melakukan apa-apa, tentunya jangan bermimpi bahwa kesuksesan itu akan menghampiri kamu.

beritainfo.web.id
beritainfo.web.id

Jika diibaratkan kesuksesan itu ada di halaman rumah kita, tentunya untuk mencapai ke sana kita perlu membuka pintu dengan kunci. Nah, kunci itulah yang perlu kita temukan. Kunci untuk mencapai kesuksesan tentunya bermacam-macam.

Tapi yang pasti, kunci kesuksesan itu berupa strategi dan aksi nyata. Jadi kalau kamu mau sukses, kamu harus temukan strategi dan melaksanakannya. Nah, untuk tujuan itu, yuk kita lihat kunci kesuksesan dari orang-orang yang telah sukses terlebih dahulu!

1S.M.A.R.T Goals Kamu Apa?

woodconsultgroup.com

Untuk mencapai kesuksesan, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencapai tujuan yang jelas dalam hidup. Kita harus tahu apa yang ingin kita capai. Tujuan itu bisa berupa S.M.A.R.T goals.

Apa itu S.M.A.R.T goals? Maksudnya, Specific (spesifik), Measurable (terukur), Attainable (tercapai), Relevant (sesuai), dan Timely (tepat waktu). Nah, kata-kata itulah yang menjadi patokan kita untuk membuat tujuan.

Jadi, saat kita membuat tujuan, maka kita harus spesifik menentukan tujuan kita. Lalu tujuan itu harus terukur ketercapaiannya, serta disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kita. Selain itu disiplinlah dengan waktu yang kita tentukan sendiri.

2Seimbanglah Menjalani Hidup

thearistocracyofhr.com

Kesuksesan hanya akan dicapai oleh orang-orang yang memiliki daya tahan. Untuk memiliki daya tahan itu, kita perlu hidup seimbang. Bagaimana cara hidup seimbang? Bagi porsi waktu kita dalam menjalani hidup ini.

Berikan porsi waktu untuk beribadah, untuk keluarga, rekreasi, dan hal-hal lainnya. Buatlah hidup kita lebih bermanfaat dan lebih menikmati kehidupan ini. Jangan sampai ada kewajiban kita yang terabaikan dan hak tubuh kita yang tidak tertunaikan.

3Belajarlah dari Kesalahan

valeriepecresse.net

Mungkin kamu sering mendengar bahwa pelajaran hidup bisa kita dapatkan dari pengalaman. Baik itu dari pencapaian-pencapaian atau dari kesalahan yang pernah kita perbuat. Jangan sampai kita mengulangi kesalahan yang sama.

Belajar dari kesalahan tidak hanya dari kesalahan yang pernah kita perbuat saja, tapi kita bisa belajar dari kesalahan orang lain. Jadi ketika ada banyak kesalahan yang terjadi di sekitar kita, maka ambil lah hikmahnya.

4Ukur Perkembangan Diri Kita

physicsamir.blogspot.com

Setiap ada perkembangan yang kita rasakan dari diri kita, baik itu keterampilan, jabatan atau penghasilan, maka catatlah. Jika kita rajin mencatatnya, maka kita akan tahu apa saja yang sudah kita capai.

Selain dicatat, renungkan juga bagaimana cara kamu mencapainya. Lalu setelah itu renungkan juga perasaan-perasaan kamu saat kamu melakukan pencapaian tersebut.

Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu tahu bagaimana caranya mencapai hal yang sama suatu saat nanti.

5Keluar dari Zona Nyaman

hipwee.com

Zona nyaman, akan membuat kita bertahan di posisi yang sama. Kenapa begitu? Ini dikarenakan kita merasa nyaman dengan hal tersebut dan tidak merasa enggan untuk mencoba tantangan yang lain.

Padahal tantangan lain di luar sana bisa jadi akan membuat kamu lebih sukses dari apa yang telah kamu capai saat ini. Dan satu hal yang perlu kita ingat, zona nyaman itu melenakan.

6Fleksibel

umamismind.blogspot.com

Hal terakhir yang perlu kita ingat adalah fleksibel. Dalam hidup, kondisi kita bisa berubah, lingkungan kita pun bisa berubah setiap saat. Jadi saat melakukan strategi mencapai tujuan, pada akhirnya kita perlu fleksibel dengan keadaan.