Bukan hanya menginginkan kulit sehat, banyak wanita ingin terlihat awet muda meski sudah berumur. Namun, apa jadinya jika kamu tak merawat tubuhmu? Awet muda mungkin susah untuk diraih.

Seperti yang kita tahu, 432 milyar sel tubuh mati dan berganti dengan sel baru atau beregenerasi. Angka ini hanya perkiraan secara ilmiah.

Nah, proses regenerasi sel ini yang menjadi kunci jika kamu ingin tetap awet muda, luar dan dalam.

Kualitas sel baru tergantung pada bahan baku sel tersebut. Bahan bakunya adalah makanan kamu setiap hari. Jika makanan kamu sehat, segar maka sel-sel baru yang terbentuk akan menjadi lebih kuat dan sehat dari sel sebelumnya.

Sebaliknya, jika makanan kamu buruk dan porsinya berlebihan maka sel-sel yang terbentuk akan memiliki kualitas yang rendah sehingga mengakibatkan penuaan dini.

So, simak resep kulit awet muda dari makanan ajaib ini.

1Cokelat Hitam

resepcaramasak.info

Makanan ini biasanya dihindari oleh mereka yang mengalami masalah kegemukan. Padahal, cokelat hitam sangat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara wajar dan tanpa tambahan pemanis.

Penelitian Journal of Nutrition menyebut, cokelat yang tinggi polifenol, dikenal dapat mengurangi risiko kematian sebesar 30 persen.

Cokelat hitam bahkan lebih baik lagi. Selain bermanfaat untuk jantung, cokelat hitam juga sarat kandungan flavonoid, yakni sebuah senyawa yang juga hadir dalam teh hijau dan anggur merah.

2Bluberi

juicing-for-health.com

Mengkonsumsi buah-buahan ini sangat baik untuk kesehatan kamu loh, kenapa? Karena bluberi memiliki kandungan anthocyanin dan karotenoid yang mampu memperbaiki gangguan penglihatan, melancarkan pembuluh darah, dan menurunkan risiko kanker.

Mengonsumsinya pun mudah. Cukup blender 30 gr blueberry, 1 cangkir susu rendah lemak, 1 sdm plain yogurt,  dan 1 sdt madu,  kemudian tuang ke dalam gelas. Blueberry siap meremajakan sel-sel dalam tubuhmu.

3Ikan Salmon

newhealthguide.org

Ikan yang satu ini adalah ikan yang istimewa dibanding jenis ikan-ikanan lain. Salmon mengandung asam lemak omega 3, anti-oksidan dan protein tinggi. Kandungan ini menyebabkan peremajaan kulit dan mengurangi peradangan pada tubuh.

Ilmuwan asal Universitas Massachusetts juga meneliti bahwa salmon mengandung vitamin D yang tinggi.

Vitamin D bagus untuk kulit dan bagi perempuan di usia 18-30 tahun yang sedang menstruasi disarankan mengonsumsi ikan ini. Mengonsumsi ikan ini dipercaya dapat mengurangi amarah dan sakit di bagian payudara.

Konsumsi ikan salmon bisa dengan berbagai cara mulai dari disantap mentah seperti sushi atau sashimi atau disantap melalui proses pengolahan masakan.

4Minyak Kelapa

pondokibu.com

Meskipun tinggi akan lemak, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat melawan infeksi aliran darah yang mematikan yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal American Society for Microbiology Sphere. Minyak kelapa juga dapat meningkatkan metabolisme serta memperkuat sel-sel tubuh kamu loh.

5Selada Air

www.firdaus45.com

Selada air merupakan tumbuhan yang kaya mineral dan vitamin. Selain itu, tumbuhan ini juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk sel-sel tubuhmu.

Berdasarkan penelitian, selada air memiliki senyawa  phytonutrisi yang dapat mencegah kanker, khususnya kanker payudara. Selada air juga berfungsi menurunkan kolesterol jahat yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti arteriosklerosis.

Selada air juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu dalam mengurangi kerusakan jaringan jantung yang disebabkan oleh stres. Selada juga kaya akan asam folat.

6Teh

www.rosediana.net

Teh dipercaya dapat menurunkan kadar lemak di badan kita. Teh dapat menyerap 70 persen lemak di dalam badan karena mengandung epigallocatechin.

Tidak heran mengapa masyarakat Jepang sangat sering mengonsumsi teh tanpa gula karena khasiatnya yang menyehatkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here