Dengan meningkatnya pencemaran udara saat ini, sangat dianjurkan bagi masyarakat untuk memakai masker saat keluar rumah demi menjaga kesehatan saluran pernafasan. Namun mengenai cara penggunaan masker saat ini banyak informasi yang beredar bebas.

Ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa pengguanaan masker berbeda beda tergantung dari kondisi lingkungan sekitar. Akan tetapi hal itu adalah informasi yang tidak benar.mengenai hal ini bukan tentang bagaimana cara memakai, akan tetapi jenis masker yang digunakan.

Masker yang banyak diketahui masyarakat luas adalah masker jenis biasa atau yang sering disebut dengan masker wajah ( face mask ) tetapi ada juga yang menyebutnya dengan masker bedah ( surgical mask ).

Masker jenis inilah yang sering menjadi perdebatan masyarakat mengenai cara penggunaannya. Pasalnya ada beberapa artikel dari sumber yang kurang terpercaya menyebutkan mengenai dua sisi bagian masker dengan fungsi yang berbeda.

Kebenarannya adalah pada penggunaan masker jenis ini adalah dengan warna putih pada bagian dalam dan warna hijau pada bagian luar. Masker ini digunakan untuk mencegah penularan penyakit seperti influenza, tubercolosis, dan sebagainya.

Ciri dari masker ini adalah mempunyai dua sisi dengan warna yang berbeda serta adanya dua jenis tali. Jenis tali yang pertama adalah menggunakan karet penggantung pada bagian telinga. Dan jenis lainnya adalah berupa tali penggantung yang diikat di bagian belakang kepala.

Berikut ini langkah-langkah penggunaan masker yang benar dikutip dariĀ San Fransisco Department of Public Health:

Sebelum menyentuh masker, cucilah tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer lalu ambil sebuah masker dan pastikan tidak ada noda kotoran, lubang, maupun sobekan pada setiap sisi masker.

Tentukan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya kawat hidung (nose piece) dan tempatkan pada bagian atas.

Bila masker yang kamu gunakan dengan karet telinga, maka gantung masker dengan melingkarkan karet pada setiap telinga.

namun jika masker dengan tali pengikat maka Letakkan sisi atas masker pada batas atas hidung dan ikatkan tali bagian atas pada belakang atas kepala kamu.

Terakhir tempelkan dan bentuk kawat hidung (nose piece) mengikuti lekuk hidungmu dan tarik bagian bawah masker sampai menutupi seluruh mulut dan dagu.