Bulan Ramadhan tinggal sebentar lagi. Tinggal menghitung hari dimana umat Muslim akan bertemu dengan bulan yang penuh keberkahan, pahala, dan ampunan dari Allah SWT.

Allah telah menjanjikan pahala dan berkah berlipat bagi siapa saja yang mau memaksimalkan amal ibadah di bulan tersebut, membelenggu setan agar tak menggoda manusia, dan memberikan limpahan ampunan bagi yang banyak bertaubat.

Namun tak jarang masih banyak juga umat Islam yang lalai, sehingga hanya terfokus pada hingar bingar Ramadhan, ikut-ikutan sekedar berpuasa, tanpa mau memahami makna bulan suci tersebut.

Karena sesungguhnya hakikat berpuasa tak hanya menahan haus dan lapar, namun yang lebih dari itu adalah seorang hamba mampu dengan ikhlas menahan hawa nafsu sebagai bentu ketaatan pada Rabbnya.

Nah, untuk memaksimalkan diri di bulan Ramadhan, agar Allah senantiasa melimpahkan berkah, pahala, dan ampunannya, yuk ikuti tips jitunya di bawah ini!

1Makan Buka dan Sahur pada Waktunya

tedyramdhani.wordpress.com

Banyak yang lebih memilih tidur saja daripada makan sahur dengan alasan masih mengantuk atau kuat berpuasa walau tidak sahur.

Padahal di waktu sahur dan berbuka, Allah telah menyiapkan banyak keberkahan dan ampunan bagi mereka yang memintanya dengan ikhlas dan penuh ketakwaan.

Waktu-waktu tersebut juga merupakan waktu mustajab untuk memohon kepada Allah kebaikan hidup. Dan makan saat sahur serta berbuka juga bisa menjaga tubuh kita tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa sebulan penuh.

Jangan menunda waktunya, makan sahur lebih baik di akhir waktu, dan makan buka disegerakan di awal waktu.

2Memperbanyak Tilawah Qur’an

mefornasabilina.wordpress.com

Salah satu amalan ibadah yang mampu memudahkan kita mendapat keberkahan dan pahala dari Allah adalah tilawah atau membaca Al Qur’an.

Banyak-banyak lah membaca Qur’an, dan jangan lupa untuk mentadaburi makna atau tafsirnya, serta mengamalkannya di kehidupan sehari-hari. Karena itulah hakikat Al Qur’an sebagai pedma hidup umat Muslim.

Siapa tahu, salah satu di antara kita mendapatkan malam Lailatul Qadar, karena malam seribu bulan tersebut tersembunyi di salah satu malam di bulan suci Ramadhan.

3Memperbanyak Sholat Malam

www.shesaidbeauty.com

Jika memang kita tak sedang berhalangan yang membuat kita benar-benar tak mampu, maksimalkan menjalani sholat tarawih berjama’ah di masjid. Walaupun sunnah, namun hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkad.

Artinya adalah, bahwa ibadah tersebut sunnah namun sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Selain itu, ada sholat malam lain yang juga harus dimaksimalkan, yaitu sholat witir sebelum tidur dan sholat tahajud sebelum makan sahur.

Waktu-waktu setelah sholat sunnah tersebut adalah waktu-waktu yang mustajab untuk memohon kebaikan hidup kepada Allah.

4Memperbanyak Bersedekah

artikel.masjidku.id

Tak hanya menjalankan zakat menjelang hari raya ‘idul fitri tiba, namun dengan bersedekah baik memberikan uang atau makan sahur maupun berbuka bagi yang membutuhkan merupakan salah satu pintu pembuka keberkahan dan ampunan dari Allah.

5Memperbanyak Berkumpul dalam Majelis Ilmu

thefutureincteam.wordpress.com

Dan tentunya, daripada kebanyakan tidur dengan alasan ibadah atau menghemat tenaga, lebih baik memaksimalkan diri dengan meraih sebanyak-banyaknya ilmu dari majelis taklim keagamaan yang biasanya banyak ada di bulan Ramadhan.

Terlalu banyak tidur juga malah akan membuat seseorang semakin lemas dan malas, sehingga tidur secukupnya dan bergerak juga jangan terlalu capek-capek.

Sesungguhnya Allah menyukai hamba-hambaNya yang selalu berusaha mendekat ke arahNya dan Allah pun akan semakin dekan kepada mereka.