“Sungguh telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (Al Ahzab: 21)

Ketika di sekolah dulu, mungkin kamu pernah belajar tentang sejarah hidup Rasulullah pada saat pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sayangnya, kisah hidup beliau hanya sebatas kronologi kisah-kisah penting. Namun spirit perjuangan beliau hampir-hampir tidak kita dapatkan.

Karena itulah, tetap penting untuk kita belajar kembali kisah hidup atau sirah beliau, agar manfaatnya dapat kita peroleh dalam kehidupan kita sebagai umat muslim hingga akhir hayat kelak. Berikut ini beberapa alasan yang bisa membuatmu  termotivasi untuk membaca sirah nabawiyah.

1Memahami Pribadi Rasulullah

ngaji.web.id

Rasulullah adalah sosok manusia yang paling terpuji akhlaknya dibanding manusia manapun. Beliau juga seorang suami yang penyayang, ayah yang baik, panglima perang handal, negarawan yang cerdas dan jujur. Potret seorang muslim yang kaffah tercermin dari segala yang ada pada beliau.

Membaca dan memaknai  sirah nabawiyah dapat membuatmu memiliki motivasi untuk terus memperbaiki akhlak dan kualitas diri kita sebagai muslim yang kaffah.

2Mempermudah Memahami Al Qur’an

inthoen.esy.es

Pedoman hidup muslim yang utama ada dua, yaitu Al Qur’an dan Hadits. Untuk memahaminya, khususnya Al Qur’an, tidak bisa kita hanya membaca ayat dan artinya saja. Kita perlu berusaha mempelajarinya dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Banyak ayat Al Qur’an yang rupanya baru dapat dipahami dengan jelas ketika memahami juga peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Rasulullah. Hal ini disebut juga dengan asbabun nuzul atau sebab-sebab diturunkannya Al Qur’an.

3Mendapat Pengetahuan Islam yang Benar

tarbawiyah.com

Kini banyak aliran yang beredar dan mengatasnamakan Islam, namun menyimpang jauh dari kemurnian agama Islam yang sebenarnya. Beberapa diantaranya seperti Negara Islam Indonesia (NII), Syi’ah, dan yang terbaru adalah Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Karena itu, dengan membaca sirah nabawiyah, kita bisa mendapatkan pengetahuan Islam yang benar. Dengan pemahaman yang benar dan kuat tersebut, tidak mudah bagi kita untuk terseret arus aliran sesat yang bisa datang ke hadapan kita kapan saja.

4Berani Mengatakan, “Saksikanlah Bahwa Aku Seorang Muslim”

fahmi-ibrahim.blogspot.com

Gencarnya pencitraan yang buruk kepada Islam beberapa tahun terakhir ini begitu massif dilancarkan oleh berbagai media mainstream. Muslimah yang berjilbab lebar atau pun muslim yang berjenggot, pada akhirnya tidak luput dari stigma negatif masyarakat.

Membaca buku sirah nabawiyah akan memberimu daya tahan secara psikis untuk tetap semangat berislam secara kaffah atau menyeluruh. Karena itulah, semboyan “Saksikanlah bahwa aku seorang muslim” pantas disandangkan padamu.