Rasulullah adalah sebaik-baik insan di muka bumi ini. Segala sesuatu perilaku dalam kehidupan ini hendaknya kita meniru apa yang dicontohkan oleh baginda Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW pun mencontohkan hampir semua hal dalam segi kehidupan manusia. Beliau SAW hidup di tengah-tengah keluarga dan sahabatnya. Sehingga interaksi sebagai seorang manusia benar-benar dijalankan.

Hikmahnya, kita sebagai umatnya bisa mudah meniru apa saja akhlak mulia Rasulullah SAW dalam berperilaku. Termasuk salah satunya bagaimana cara Rasulullah SAW membahagiakan istrinya.

Kita sebagai suami atau istri tentu ingin keluarga yang dibangun sesuai dengan keluarg Rasulullah SAW dan istrinya. Berikut akan dijabarkan bagaimana cara Rasulullah membahagiakan istrinya yang bisa kita tiru

1Ajak Ibadah Bersama

kamar-bujang2.blogspot.com

Rasulullah SAW kerap mengajak istrinya untuk bangun shalat malam dan mendirikan sahalat tahajud bersama. Cara membangunkan istrinya pun sangat mesra. Yakni lembut membangunkan dan sedikit bermain-main dengan cara mencipratkan sedikit air ke wajahnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga keriangan dan kebersamaan antara suami dan istri. Nabi SAW bersabda, “Semoga rahmat Allah SWT dilimpahkan kepada laki-laki yang bangun pada malam hari dan membangunkan istrinya untuk sholat bersamanya, dan jika dia menolak maka percikkan air ke wajahnya.”

2Ajak Istri Bermain-main

www.kabarmakkah.com

Kehidupan keluarga bukan tentang hal yang selalu serius. Agendakanlah hal-hal yang menyenangkan yang bisa dilakukan bersama. Ajak ia bermain-main agar hatinya riang.

Rasulullah pun adalah sosok yang kerap bermain bersama istrinya. Beliau SAW pernah mengajak Aisyah RA untuk lomba lari. Permainan-permainan kecil itu meski nampak sepele akan bisa menggembirakan hari istri.

Rasullah SAW bersabda,”“Semua hal yang  di dalamnya tidak menyebut nama Allah SWT, adalah suatu kesia-siaan, kecuali dalam empat hal : seorang laki-laki yang sedang bermain dengan istrinya, melatih kuda, membidik di antara dua sasaran, serta mengajarkan berenang.”

3Membantu Pekerjaan Istri

www.cnn.com

Pekerjaan seorang istri adalah mengurusi pekerjaan rumah tangga. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Rasulullah untuk tetap membantu istrinya dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Sebagai sepasang suami istri hendaknya kita saling membantu satu sama lain. Pekerjaan seorang istri tidaklah mudah. Oleh karena itu bantuan dari suami akan meringankan pekerjaan istrinya sehingga tidak mengalami kelelahan.

4Amanahkan Keuangan

teropongbisnis.com

Wahai suami, janganlah pelit. Menjadi kewajiban seorang suami adalah memberi nafkah istri. Berilah hak mereka dengan sangat layak.

Bahkan berilah kepercayaan penuh pada istri untuk mengelola keuangan rumah tangga. Atau sesekali berilah bonus lebih diluar nafkah rutin yang kalian berikan.

Tumbuhkanlah sikap dermawan dalam urusan pengeluaran rumah tangga, tentunya harus sesuai dengan kemampuan keuangan. Dukungan keuangan yang baik akan sangat berguna untuk memelihara kestabilan perkawinan seseorang.

5Nyatakan Cinta dengan Kata

aktivasiotakkanan.net

Apabila seorang suami tidak mengungkapkan perasaannya, maka seorang istri akan menebak-nebak perasaan suami. Hal ini sangatlah tidak menyenangkan bagi perempuan.

Hampir setiap perempuan akan merasa senang jika pasangannya mengungkapkan rasa cinta dengan sebuah ucapan yang jujur.

Menampakkan rasa cinta satu sama lain dapat mendekatkan hubungan pasangan suami istri dalam pernikahan dan menjadi tips cara membahagiakan istri. Dalam sebuah hadis pun juga dijelaskan bahwa laki-laki dianjurkan untuk mengungkapkan perasaannya kepada sang istri.