Memimpikan tubuh yang langsing dan menarik menjadi dambaan setiap orang. Tak hanya enak dilihat, tumbuh ramping pun memudahkan seseorang menjalankan aktivitas rutinnya setiap hari. Misalkan saja harus naik-turun tangga atau bekerja di lapangan.

Beberapa orang mengatur pola makan serta melakukan olahraga rutin demi membakar lemak-lemak jahat di dalam tubuh. Dengan niat dan upaya yang kuat, maka hal yang diimpikan pun terealisasi secara maksimal.

Namun, akhir-akhir ini diketahui, bahwa istirahat malam kita pun ternyata bisa membantu dalam pembakaran lemak-lemak tubuh lho. Jadi, meski kamu sedang terlelap, tubuh tidak akan berhenti untuk membakar lemak yang ingin dibuang.

Untuk itu, kamu dapat memaksimalkan pembakaran lemak tersebut dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Sehingga, kamu bisa membantu dalam mempercepat proses terbakarnya lemak tubuh yang mengganggu itu.

1Aturlah Pola Tidur

www.bibliotika.com

Tidur yang baik dan cukup dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kebugaran di saat bangun pagi. Selain itu, pola tidur yang baik pun dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Sehingga, sesibuk apapun kegiatanmu, buatlah jadwal tidur yang harus dipatuhi.

Tubuh kita ini disarankan mendapatkan istirahat yang cukup selama tujuh hingga delapan jam per harinya. Dan jadwal rutin yang kamu buat itu akan berpengaruh dalam pembakaran kalori hingga 20 persen lebih banyak saat kamu sedang beraktivitas.

Sedangkan saat sedang tidur, tubuhmu bisa membakar lebih banyak lemak hingga 5 persen. Tapi, kalau kamu kurang tidur, sel lemak menjadi tidak sensitif terhadap insulin dan akan menjadi pemicu terjadinya obesitas. Kamu tidak mau kan?

2Sebelum Tidur, Konsumsi Susu Tinggi Protein

www.l-men.com

Susu tinggi protein atau whey protein bisa menjadi alternatif dalam membantu membakar lemak. Kamu lebih baik mengonsumsi susu tinggi protein ini sebelum tidur daripada mencomot makanan kecil yang ada di dalam toples.

www.seputarfitness.com
www.seputarfitness.com

Karena, dari hasil penelitian yang ada, pria yang mengonsumsi susu dengan kandungan protein sebanyak 30 gram sebelum tidur, mampu membakar kalori saat tidur daripada pria lain yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, susu tinggi protein ini pun baik untuk memperbaiki otot cedera karena berolahraga dan mampu mengurangi rasa pegal.

3Jadikan Kamarmu Lebih Dingin

blog.tokopedia.com

Menyalakan AC di kamar tidur mencapai suhu 18 derajat celsius ternyata berpengaruh dalam pembakaran kalori. Menurut jurnal diabetes, orang yang tidur dalam ruangan bersuhu dingin, mampu membakar kalori hingga tujuh persen lebih banyak.

Jadi, dibanding kamu tidur dalam ruangan dengan suhu yang hangat lebih baik kamu nyalakan pendingin ruanganmu sekarang. Buat AC di kamarmu berada di suhu rendah apabila ingin membakar lebih banyak lemak.

4Non-aktifkan Gadget-mu

wartakesehatan.com

Sebelum tidur, sebaiknya kamu mematikan semua barang elektronik yang berada di dekatmu. Supaya kamu bisa tidur dengan cepat dan mampu membakar lemak lebih banyak.

Menurut penelitian yang dilakukan Manchester University, cahaya yang terpancar dari smartphone atau tablet yang kamu miliki itu mampu menghambat produksi hormon melatonin yang membuat kita susah tidur.

Selain itu, peneliti Singapura pun mengungkapkan bahwa menonton TV hingga larut malam mampu meningkatkan kadar trigliserida atau lemak darah. Dan itu menghambat produksi adiponectin (pengatur glukosa dalam tubuh) yang meningkatkan resiko diabetes.

5Jangan Ada Cahaya di dalam Kamar

freshome.com

Apabila kamu terbiasa tidur dengan lampu kamar yang menyala, ubahlah kebiasaan itu mulai sekarang. Karena, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon melatonin ketika kamu tidur dalam ruangan yang gelap gulita.

Sehingga, kamu akan lebih mudah untuk terlelap dan tidur dengan nyenyak. Bukan hanya itu, hormon melatonin pun mampu meningkatkan produksi brown fat dalam tubuh untuk membakar kalori.

Jadi, sekarang kamu pilih untuk tetap tidur dalam lampu menyala atau lampu mati guys?