Karisma menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam kepemimpinan. Seseorang yang berkarisma mampu menbangkitkan rasa kagum dan pemujaan dari masyarakat kepada dirinya.

Sebagian orang percaya bahwa karisma merupakan pemberian dari Tuhan dan tidak dapat dibentuk sebagaimana karakter manusia lainnya. Mereka percaya bahwa karisma tidak dapat dibentuk pada seseorang yang tidak memilikinya.

Namun, menurut seorang profesor di bidang psikologi dari Inggris bernana Richard Wiseman, karisma itu 50% memang bawaan dari lahir, namun 50%nya didapat dari hasil latihan. Bagi kamu yang percaya bahwa karisma dapat dilatih, mungkin bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1Jabat Tangan Dengan Kuat

hizbut-tahrir.or.id

Cara pertama membangun karisma adalah dengan berjabat tangan. Mulai sekarang, cobalah untuk menjabat tangan dengan kuat dengan kesan tegas. Jangan kebablasan sampai menyakitkan lho. Jangan lupa berikan senyum kecil dan tatap matanya saat berjabat tangan.

2Postur Tubuh Tetap Terbuka

m.sepakbola.com

Cara ini lazim digunakan saat berbicara. Selalu kontrollah dirimu, jangan sampai wajahmu tertutup oleh tangan atau benda lain saat berkomunikasi. Pastikan lawan bicaramu melihat setiap gerakan bibirmu.

3Jangan Bawa Contekan

sakinafinance.wordpress.com

Khususnya bagi kamu yang mendapatkan kesempatan berbicara di depan publik, upayakan tidak membawa contekan. Namun jika terpaksa membawanya, bawalah contekan berupa poin-poin saja untuk kemudian dijelaskan lebih luas.

Hal ini untuk mengantisipasi kebosanan audiens saat melihatmu berbicara di depan mereka, namun kamu mengabaikan mereka karena sibuk sendiri dengan contekan.

4Ingatlah Nama

akhwatindonesia.net

Identitas seseorang berada pada namanya. Maka jika kamu bisa mengingat nama orang-orang yang kamu temui, mereka akan sangat menghargaimu. Caranya dengan menyebut nama lawan bicaramu setiap berbicara dengannya. Selain untuk menghafal nama, juga membuat mereka merasa dihargai.

5Tataplah Matanya

photographyinspired.com

Kata orang, karisma itu dari mata turun ke pancaran diri. Artinya, jika kamu menatap mata lawan bicaramu, maka akan terlihat pancaran karismamu di hadapannya. Cobalah untuk menatap dengan tajam. Hal ini akan menyiratkan karisma yang ada pada dirimu.

6Beri Pujian

bondanwinarno.blogseleb.com

Penting bagi kamu untuk memberi pujian dengan tulus dari hati. Karena pujian yang mengada-ada justru membuat orang lain memandangmu hanya sebagai penjilat.

7Penekanan Bicara

warungasep.net

Karisma dapat disampaikan melalui cara berbicara. Bicaralah dengan memberi jeda dan mainkan intonasi. Kamu memang perlu untuk melatihnya agar caramu berbicara nampak lebih berkarisma.

8Menjaga Penampilan

i100.independent.co.uk

Agar tampak selalu berkarisma, buatlah dirimu selalu tampil rapi dan keren. Tidak harus menggunakan pakaian bermerek. Hanya saja, jika orang lain melihat penampilanmu berantakan, orang akan cenderung ilfeeel kepadamu. Selain itu, tebarkanlah senyuman dalam penampilanmu.