Jika kamu merasa bosan karena seringkali didominasi oleh orang lain. Contohnya seperti pendapatmu yang sering tidak didengar atau hasil karyamu tidak diakui dengan baik. Maka kamu  harus mencoba untuk membangun sikap asertif pada diri kamu.

Sikap asertif menunjukkan penghormatan hak-hak keyakinan dan nilai yang ada pada dirimu oleh orang lain dengan tetap menghormati hak orang lain. Kira-kira apa saja yang perlu kamu lakukan untuk membangun sikap asertif?

1Asertif Merupakan Kualitas Penting yang Harus Kamu Miliki

socialjusticesolutions.org

Pahamilah bahwa asertif merupakan kualitas yang harus ada dalam kepribadianmu. Baik dalam hubungan pribadi, pekerjaan, bisnis maupun studi. Ekspresikan dirimu secara positif dihadapan orang lain.

Ekspresikan hak-hak yang perlu kamu dapatkan. Ungkapkan keyakinan, keinginan serta pandanganmu tentang sesuatu dengan tetap menghormati orang lain. Bicaralah untuk dirimu agar orang lain memperlakukanmu secara positif dan menganggapmu memiliki kemampuan.

2Meningkatkan Percaya Diri

apptimize.com

Bangunlah rasa percaya diri yang kuat pada dirimu. Pribadi yang percaya diri akan memberikan kesan dirimu yang sebenarnya di hadapan orang lain. Berbicaralah dengan penuh keyakinan. Jangan bergumam atau bersuara pelan seperti orang yang tidak memiliki kepercayaan diri.

3Katakan Apa Yang Kamu Inginkan

happyviews.com

Mennyampaikan pendapat tidak harus dengan agresif atau kasar. Sampaikan saja keinginan dan pendapat dimamapun kamu memerlukannya. Jangan sekedar diam dan menunggu. Mengekspresikan diri kamu dimanapun kamu berada menjadi cara yang tepat.

4Tingkatkan Kemampuan Bahasa Tubuh

businessinsider.com

Dalam berkomunikasi dengan orang lain, bahasa tubuh memiliki peran penting dalam komunikasi non verbal. Kontak mata saat berbicara kepada orang lain penting untuk kamu lakukan. Latihlah dirimu untuk mengontrol dan menselaraskan antara ekspresi dan suaramu.

5Jangan Terlalu Banyak Minta Maaf

staticflickr.com

Perkataan maaf memang termasuk dalam norma kesopanan dalam budaya kita. hanya saja jika kamu berlebihan dalam mengatakan maaf, justru hal ini akan membuatmu seolah menjadi seseorang yang selalu melakukan kesalahan. Katakan maaf seperlunya saja.

6Berani Berkata Tidak

youtube.com

Hubungan yang kamu bangun dengan orang lain, khususnya dengan teman atau pasangan haruslah dalam posisi yang seimbang. Jangan sampai salah satu mendominasi yang lainnya sehingga yang muncul adalah hubungan menang dan kalah.

Cobalah belajar untuk mengatakan tidak saat kamu memang tidak menginginkan sesuatu. Berikan pengertian kepada orang lain bahwa dirimu merasa terganggu jika melakukan hal yang dimintanya. Cara ini akan membantumu menumbuhkan sikap asertif pada diri kamu.