Jika kotoran dalam telinga sudah mulai berlebih, tentu membersihkannya membutuhkan waktu yang lama dan terkadang kita juga kesulitan untuk melakukannya. Biasanya cairan jahat ini berkumpul di dalam telinga karena adanya trauma atau penyumbatan dalam saluran telinga.

Sebagaimana dilansir oleh para ahli, jika tubuh kekurangan asam lemak Omega 3, seng dan magnesium, maka akan memicu tubuh menghasilkan kotoran telinga berlebih. Karenanya, salah satu solusi terbaik dengan menggunakan obat rumahan yang mengandung beberapa zat tersebut.

Apalagi jika kita memiliki kebiasaan untuk membiarkan begitu saja kotoran telinga yang menumpuk dari waktu ke waktu. Hal ini justru dapat berakibat pada hilangnya fungsi pendengaran. Mengerikan bukan?

Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui obat rumahan apa saja yang bisa digunakan untuk membersihkan kotoran telinga secara efektif. Sebagaimana dilansir Boldsky pada 19 Januari 2015 silam.

1Minyak Zaitun

Metode ini ternyata merupakan cara paling aman untuk dapat mengeluarkan kotoran telinga. Pertama, celupkan sepotong kapas dalam minyak zaitun yang telah dihangatkan sebelumnya. Kemudian peras kelebihan minyak, lalu masukkan kapas di telingamu.

Setelah 15 menit berselang, keluarkan kapas. Kamu bisa mengulangi metode ini hingga kotoran berkurang secara signifikan.

2Baby Oil

Metode berikutnya yaitu menggunakan baby oil. Dengan baby oli yang lembut, maka tidak akan ada efek samping untuk jenis kulit apapun. Caranya persis sebagaimana mengaplikasikan minyak zaitun untuk membersihkan telinga seperti di atas.

3Cuka dan Alkohol

Untuk menggunakan cuka dan alkohol, kamu perlu mencampurkan keduanya terlebih dahulu. Kemudian semprotkan ke dalam telinga sebanyak kurang lebih dua tetes. Kemudian gunakan kapas yang bersih dan lembut untuk memijat-mijat telinga bagian dalam. Ulangi proses ini hingga kotoran terangkat.

4Air Garam

Menurut sebagian orang, cara ini merupakan yang terbaik untuk menghilangkan kotoran telinga. Pertama buatlah larutan garam dengan air suam-suam kuku. Kemudian miringkan kepalamu ke samping, lalu teteskan air perlahan ke dalam telinga.

Kembalikan posisi kepalamu seperti awal tadi dan gunakan bola kapas untuk membersihkan telingamu bagian dalam.

5Minyak Kelapa

Pertama, tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok makan, kemudian panaskan dengan api lilin. Setelah cukup hangat, celupkan bola kapas dan peras kelebihan minyak yang terserap. Kemudian pasang kapas di telingamu. Panas dari minyak kelapa ini akan merontokkan kotoran dalam telingamu.