Anak adalah anugerah luar biasa yang diberikan bagi  keluarga. Di masa kini, sudah tidak lagi terasa berbeda memiliki anak perempuan maupun anak laki-laki.

Tapi, membesarkan anak perempuan tetaplah berbeda dengan membesarkan anak laki-laki. Anak perempuan cenderung lebih cepat dewasa dibanding usianya.

Anak perempuan juga cenderung lebih halus perasaannya. Sehingga pendidikan yang terlalu kasar tentu tidak cocok baginya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membesarkan anak perempuanmu agar jadi pemimpin.

1Kamu Mampu Melakukan Banyak Hal, Nak!

id.theasianparent.com

Anak kecil kadangkala penuh dengan imajinasi. Keinginan dan cita-citanya tidak mudah ditebak dan mudah berubah seiring waktu.

Pada saat putrimu tidak mau menjadi dokter, dosen, atau akuntan dan malah ingin menjadi seorang geolog? Senyumlah, dan katakan “ya” untuk apa yang menjadi cita-citanya.

Meski mungkin cita-cita atau impian yang dikatakannya cenderung ‘ajaib’ dan belum banyak dilakukan wanita, dukunglah cita-cita itu. Bantu ia memperbanyak pengetahuan akan cita-citanya.

Dan yang pasti, yakinkan bahwa ia pasti mampu meraih impiannya tersebut.

Untuk memperluas wawasannya, ajaklah ia melakukan aktivitas yang mengenalkannya akan banyak profesi. Kamu bisa mengajaknya ke pameran, museum, membaca buku atau bermain di tempat yang mengenalkan profesi untuknya.

2Kamu Boleh Bermain dengan Anak Laki-laki

id.theasianparent.com

Jangan pernah kekang putrimu untuk bermain dengan lawan jenisnya. Ini bisa menjadi cara si kecil untuk mengenal bagaimana sifat laki-laki dan mengetahui reaksi mereka saat menghadapi sesuatu.

Dengan pengawasan yang layak, putrimu akan mendapatkan pengetahuan yang nanti berguna di masa depan. Mereka juga akan lebih mudah mengenali karakter orang yang satu dengan yang lainnya.

3Mandiri itu Wajib!

id.theasianparent.com

Sering orang tua merasa gemas melihat putri kecilnya melakukan sesuatu dalam waktu lama dan lambat. Selain itu, ia pun tampak sangat kerepotan.

Apakah orang tua harus langsung membantu? Coba tahan diri sejenak. Biarkan putrimu melakukannya sendiri terlebih dahulu sampai batas aman.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh anak saat ia belajar melakukan berbagai hal dengan mandiri. Kemandirian membuat si kecil lebih cerdas, percaya diri, juga membiasakan ia untuk tangguh saat menghadapi masalah.

4Yuk Olahraga dan Berkompetisi

youtube.com

Anak kecil identik dengan gerak yang banyak. Jadi, tidak ada salahnya selalu mengajak putri kecilmu ukut berolahraga.

Selain sehat, olahraga juga mengajarkannya sikap sportif, kemampuan bekerja sama, keberanian untuk berinisiatif, semangat berkompetisi, dan tentu saja, kepemimpinan.

Kamu bisa membuat kegiatan kompetisi bersama putri kecilmu. Meski hanya dalam lingkup keluarga atau teman-teman di lingkungannya.

5Kenalkan dengan Tokoh Pemimpin Wanita

nahimunkar.com

Apakah semua tokoh pemimpin pasti seorang pria? Ternyata tidak. Karena banyak juga sosok pemimpin wanita yang terkenal tangguh dan berhasil.

Mereka adalah para pemimpin yang untuk sampai di posisinya membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Mereka inilah yang bisa menjadi inspirasi bagi putrimu.

Jadi, cobalah kenalkan putrimu dengan kisah-kisah mereka. Siapa saja, bisa teman pengusaha yang kamu kenal, atau tokoh-tokoh pemimpin wanita dunia lainnya. Ceritakan bagaimana kegigihan perjuangan dan kekuatan kepemimpinan mereka.

Untuk melengkapinya, kamu juga bisa menunjukkan biografi, hasil wawancara bahkan foto-foto para wanita hebat itu.

6Jadilah Contoh untuk Putri Kecilmu

agussiswoyo.com

Dari semua tips membesarkan anak perempuan, tips terpenting adalah menjadi contoh langsung bagi anak. Ini adalah kunci penting untuk mengajarkan dan membangun karakter anak.

agussiswoyo.com
agussiswoyo.com

Kalau kamu seorang ibu, berperanlah menjadi pemimpin yang kuat, penuh percaya diri, mampu membuat penilaian yang baik, dan menginspirasi anak-anak untuk mengikuti daripada minta diikuti semua instruksinya.

Dan kalau kamu seorang ayah, ajarkan cara menghormati wanita. Perlakukan wanita yang ada di sekitarmu dengan baik. Hargai cara pikir mereka dan tunjukkan dengan baik menyampaikan pendapat atau menolak dengan tepat.

Jadi, siap mempraktekkan tips membesarkan anak perempuan agar memiliki jiwa kepemimpinan?