Biaya yangĀ  harus dikeluarkan untuk bisa menikmati bangku kuliah tentu tidak sedikit. Banyak biaya yang harus disetorkan kepada pihak kampus mulai dari uang pendaftaran, uang gedung, uang matrikulasi dan biaya lainnya yang mengantri untuk dilunasi.

Inilah yang menjadi alasan tidak banyak lulusan SMA atau sederajatnya melanjutkan ke jenjang universitas. Dan bagi mereka yang telah berhasil masuk ke universitas, tidak sedikit juga yang harus berjuang keras untuk dapat melunasi biaya selama mengikuti perkuliahan sampai lulus sarjana kelak.

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk dapat mandiri dalam membiayai kebutuhan selama kuliah. Baik karena kondisi orang tua yang tidak mampu atau agar tidak merepotkan orang tua lagi. Kamu bisa melakukan beberapa hal ini agar keinginanmu itu bisa segera terwujud.

1Carilah Kampus yang Tidak Jauh dari Rumah Sehingga Kamu Tidak Perlu Ngekos

mgufron.com

Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota, salah satu biaya rutin yang cukup banyak pengeluarannya adalah kos atau kontrakan. Sedangkan prinsip untuk dapat mandiri dalam urusan biaya kuliah adalah memangkas setiap pengeluaran yang ada.

Sehingga untuk kamu yang hendak melanjutkan ke bangku kuliah bisa mencari kampus yang berada di kota tempat tinggalmu untuk menghemat biaya. Uang yang rencana awalnya digunakan untuk kos dapat digunakan untuk melunasi biaya per semesternya.

2Carilah Kampus dengan Ikatan Dinas yang Biasanya Uang Kuliahnya Gratis

paktana.wordpress.com

Ada sebagian universitas atau institut yang menawarkan ikatan dinas dari suatu instansi pemerintahan setelah mahasiswanya lulus. Karena mendapat bantuan dari pemerintah, tentu biaya yang dipatok lebih terjangkau.

Bahkan sebagian kampus menawarkan biaya yang gratis bagi para mahasiswanya hingga lulus sarjana. Keuntungan lainnya, kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus nanti sesuai ikatan dinas yang telah disepakati sebelumnya.

3Menjadi Beasiswa Hunter

www.akfar.theresiana.ac.id

Beasiswa dapat menjadi jalan keluar bagi kamu yang ingin mendapatkan keringanan biaya kuliah, bahkan untuk menyokong biaya hidupmu selama menjadi mahasiswa. Kini banyak beasiswa yang ditawarkan secara bebas dan dapat diakses bagi siapa saja yang layak mendapatkannya.

Mulai dari beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah hingga beasiswa dari perusahaan swasta atau foundation tertentu. Biasanya mereka siap menanggung biaya untuk beberapa semester, bahkan hingga lulus.

Oleh karena itu, sering-seringlah mencari informasi tentang beasiswa yang dapat kamu akses untuk biaya kuliahmu nanti.

4Jadilah Mahasiswa Berprestasi

bismacenter.ning.com

Cara ini terbukti ampuh untuk menyokong biaya kuliah tiap semesternya lho. Menjadi mahasiswa jangan hanya berkutat pada aktifitas perkuliahan saja. Kamu bisa juga aktif dalam setiap kompetisi yang diselenggarakan untuk mahasiswa.

Contohnya seperti lomba kepenulisan, lomba karya ilmiah, lomba desain, dan banyak lomba lainnya. Hadiah yang bisa kamu dapatkan antara ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Bisa kamu manfaatkan untuk biaya kuliah setiap semester bukan?

5Mencari Pekerjaan Freelance dan Berkomitmen Seluruh Gajinya untuk Uang Kuliah

www.brandingmagazine.com

Kini banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan yang bersifat freelance atau sampingan untuk mahasiswa. Pekerjaan ini tidak terlalu banyak menyita waktu, tenaga dan pikiran. Upah yang didapatkan pun dapat dikatakan lumayan.

Pedoman yang perlu kamu pegang saat mencari pekerjaan freelance yaitu, pastikan pekerjaanmu itu tidak sampai membuat kuliahmu terbengkalai. Cari juga pekerjaan yang dapat menambah wawasan dan mengasah keterampilan untuk bekalmu nanti setelah lulus menjadi sarjana.

Contoh pekerjaan yang dapat kamu jalankan antara lain seperti penulis lepas, penerjemah, penjaga perpustakaan, designer grafis, designer website, tour guide dan lain sebagainya.