Suka pot tanaman namun rumah terlalu sempit? Jangan bingung, sekarang sedang ngetren pot gantung yang hemat ruangan dan lebih menarik. Tidak perlu beli, kamu bisa membuat sendiri gantungan pot ini, hingga lebih hemat biaya dan bisa membuat dalam jumlah banyak.

Berikut kita telah tuliskan tutorial membuat gantungan pot berwarna keemasan yang mudah dan sederhana.

Bahan-Bahan yang Diperlukan:

  • Sedotan minuman yang bisa ditekuk, contoh barang dan tempat beli online di amazon.com
  • Sedotan panjang, 18 cm keatas, contoh barang dan tempat beli online di amazon.com
  • Kawat tipis, contoh barang dan tempat beli online di amazon.com
  • Cat semprot berwarna, contoh barang dan tempat beli online di amazon.com

Alat:

  • Pemotong kawat (tang), contoh barang dan tempat beli online di amazon.com

Cara Membuat Gantungan Pot Emas:

Ambil 8 buah sedotan minuman yang bisa ditekuk, lalu potong dengan panjang 4 inci. Ambil 4 buah sedotan panjang, lalu potong dengan panjang 9 inci.

buzzfeed.com
buzzfeed.com

Selanjutnya, masukkan kawat tipis ke dalam lubang sedotan minuman yang telah dipotong sepanjang 4 inci. Masukkan kawat tersebut ke 4 sedotan sekaligus.

buzzfeed.com
buzzfeed.com

Kemudian tekuk setiap sendi kawat atau kawat yang ada di tiap ujung sedotan hingga membentuk persegi. Ingat, kawat masih keadaan utuh memanjang, belum dipotong.

buzzfeed.com
buzzfeed.com

Setelah membentuk persegi, ujung paling depan dari kawat akan bertemu pangkal kawat atau ujung sedotan. Kaitkan kawat teresebut agar bentuk persegi bisa tersambung sempurna. Cara mengkaitkannya dengan memutar kawat seperti di gambar.

Hati-hati dalam memutar kawat jangan, memberi tekanan terlalu berlebihan agar sedotan tidak rusak karena ditekan.

Setelah kawat dan sedotan membentuk persegi, masih ada bagian yang terhubung dengan gulungan kawat. Jangan terburu dipotong, karena kita akan membuat sambungan kembali di bawah persegi dan di atas persegi.

Di bawah persegi akan dibentuk dua segitiga sama sisi dengan menggunakan sedotan ukuran yang sama yakni 4 inci.

Sedang untuk bagian atas akan dibuat juga dua segitiga sama kaki dengan bentuk memanjang ke atas, yang digunakan adalah sedotan berukuran 9 inci.

Kali ini kamu boleh memotong kawat dari gulungannya. Potong kawat lebih panjang agar nantinya mencukupi untuk dimasukkan 8 sedotan yang membentuk 4 segitiga.

8 sedotan itu adalah 4 berukuran 4 inci dan 4 lagi berukuran 9 inci. Jika ditotal, kawat yang dibutuhkan sesuai sedotan sepanjang 52 inci.

Sisakan masing-masing 1 inci untuk ruang tekukan untuk tiap sedotan. Untuk mengkaitkan dengan ujung terakhir, sisakan paling tidak 1 inci. Total paling tidak kawat yang kamu potong adalah sepanjang 61 inci.

Langkah pertama untuk membuat segitiga sama kaki yang pertama, masukkan terlebih dahulu dua sedotan berukuran 4 inci ke dalam kawat.

Tekuk sendi kawat antara dua sedotan hingga membantuk segitiga sama sisi, yang terhubung secara diagonal dengan bagian persegi lain.

buzzfeed.com
buzzfeed.com

Kaitkan kawat pada ujung sedotan dengan persegi, caranya seperti gamabr di atas, yakni memutar kawat sekali saja. Selanjutnya dari sisa kawat akan dibentuk segitiga sama kaki yang memanjang ke atas.

Masukkan 2 sedotan yang berukuran 9 inci, dan tekuk pada bagian sendi antara dua sedotan sehingga membentuk segitiga sama kaki. Terhubung secara diagonal dengan bagian persegi lain. Kaitkan pada bagian persegi dengan cara memutar sekali.

Selanjutnya adalah kembali membentuk segitiga sama sisi kedua. Masukkan dua sedotan berukuran 4 inci membentuk segitiga sama sisi. Setelah dikaitkan dengan persegi secara diagonal, bentuk kembali segitiga sama kaki terakhir di atas persegi.

buzzfeed.com
buzzfeed.com

Kerangka pot gantung sudah selesai dibuat. Selanjutnya adalah membuat pengait agar kerangka pot dapat digantung. Buat gulungan kawat, lebih banyak lebih baik, lalu buatlah pengait seperti gambar di atas.

enhanced-19387-1454456035-1
buzzfeed.com

Tahap selanjutnya tinggal mewarnai gantungan pot ini dengan cat semprot, soal warna sesuai selera. Karena sedang ngetren dan warnanya lebih ngejreng, kita pilih warna keemasan.

Jangan lupa siapkan alas agar cat tidak meluber kemana-mana. Pastikan cat tersemprot keseluruh bagian, sampai bagian sendi terkecil. Biarkan gantungan pot ini kering selama sekitar satu jam, sebelum mengikatkan tali ke pengait untuk digantungkan.

buzzfeed.com
buzzfeed.com