Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi siapapun, karena dengan pendidikan akan tercipta kehidupan yang bahagia.

Pendidikan tidak harus sekolah resmi, justru mereka yang sukses di dunianya adalah orang yang tidak punya ijazah, tapi bukan berarti ijazah tidak penting, yang terpenting adalah bagaimana mendapatkan ilmu dan memanfaatkannya untuk kehidupan.

Saking pentingnya pendidikan pemerintah juga  mewajibkan pendidikan wajib kepada seluruh rakyat, bahkan bagi yang tidak mampu akan ada fasilitas, hal ini dimaksudkan agar manusia menjadi cerdas berfikir, maju dan tidak ketinggalan jaman.

Berikut 4 hal alasan kenapa pendidikan itu penting buat kita.

1Pendidikan Memberi Bekal Kehidupan

sunfoundation.or.id

Tidak dapat dipungkiri di jaman sekarang, bahwa pendidikan lah yang membuat orang cerdas hingga mereka mampu bertahan hidup dan membahagiakan keluarga. Hal ini bisa dikatakan pendidikan adalah bekal bagi kehidupan.

Mereka yang berpendidikan tentu akan mendapatkan banyak ilmu dan ilmu itulah yang akan digunakan sebagai bekal untuk menjalani kehidupan yang semakin lama semakin berat.

2Pendidikan Jalan Ilmu dan Kedewasaan

edukasi.kompas.com

Salah satu cara mendapatkan ilmu adalah mengikuti sebuah pendidikan, baik pendidikan secara resmi ataupun tidak.

Karena disanalah para guru ada dan menyebarkan ilmunya. Akan sangat terasa sulit sekali jika mencoba meraih pendidikan tanpa guru atau hanya lewat buku.

Jalan ilmu di sebuah pendidikan juga terbentang luas, tidak ada batas, banyak sekali fasilitas pendidikan yang dapat dipilih sesuai minat dan bakat.

Pendidikan juga akan membuka jalan kedewasaan, bagi orang yang giat mencari ilmu dalam sebuah pendidikan akan mendapatkan banyak pengalaman, sehingga mereka akan lebih bijak dalam menghadapi sesuatu.

Berbeda sekali dengan mereka yang enggan berada dalam sebuah pendidikan resmi  atau tidak, tidak akan berkembang dan terkesan masa bodoh tidak mau belajar, yang pasti nasib orang yang seperti ini akan tidak jelas dan terlantar.

3Pembentukan Karakter Diri

danielmsy.com

Pendidikan juga akan membentuk karakter diri seseorang, kita lihat di pendidikan militer yang sangat keras dan tegas, mereka yang terdidik dalam pendidikan militer akan terasa sekali bagaimana karakter mereka.

Tidak kalah juga dengan mereka yang mengenyam pendidikan di pondok pesantren, mereka juga mempunyai karakter yang kuat dan tegas.

Yang pasti dimanapun pendidikan itu pasti akan membentuk seseorang yang berkarakter dan tentunya karakter yang postif dan bermanfaat bagi kehidupan.

4Memajukan Manusia dan Bangsa

dianmarianaulfa.blogs.uny.ac.id

Dengan adanya pendidikan tentu akan membuat manusia semakin cerdas dan maju dalam berfikir, mereka tidak akan ketinggalan jaman yang semakin berkembang.

Hal ini juga akan berpengaruh pada bangsa, semakin banak orang cerdas, semakin banyak kemudahan yang didapatkan.

Contoh yang jelas adalah bapak Ir Habibie yang mampu membuat pesawat, Dr Warsito yang menemukan alat anti kanker dan masih banyak lagi. Mereka lahir dari sebuah pendidikan dan karya mereka suatu saat akan bermanfaat bagi bangsa.

Sekali lagi pendidikan itu penting, entah di lembaga pendidikan resmi atau tidak resmi, yang pasti jangan sampai kita jauh dari pendidikan agar kehidupan kita menjadi lebih baik.

Semoga menginspirasi